Kesalahan Fatal Yamaha “ini”, bikin market share terjerembab! (Part 2)

promo-hebatartadiskinsight-banner-promo-fix

Artikel ini lanjutan dari artikel madev sebelumnya, bisa baca dulu artikelnya disini https://mariodevan.com/2016/12/15/kesalahan-fatal-yamaha-ini-bikin-market-share-terjerembab/

new Xeon, thailand banget!!

ternyata banyak sekali yang berkomentar dan memberikan komentar-komentar joss-nya yang memberikan madev banyak inspirasi dalam menulis lanjutan artikel lanjutannya! dan memang sebenarnya hal itu yang madev tunggu, adanya komunikasi dua arah, dengan pembaca love u all xixixi.

salah satu komentar yang super adalah komentar dari bro SAS! berikut komentarnya.

SAS says:

Justru artikel tahun 2011 ini lebih jelas lagi menjelaskan kenapa Yamaha jatuh dan tidak mampu bangkit lagi.

https://mygoldmachine.wordpress.com/2011/03/24/yamaha-indonesia-akan-kalah-telak-tahun-ini-2011/

Luar biasa penulisnya, artikel ini ditulis pada bulan maret 2011, saat market share Yamaha sedang peak peaknya diatas. Bahkan pada bulan april 2011 market share Yamaha masih mampu naik dibanding bulan maret tahun yang sama sehingga sebagian komentator ada yang menghujat dan menantang taruhan dengan bookmark artikel ini.

Bulan mei 2011 market share Yamaha mulai jatuh perlahan, juni juli agustus prediksi kejatuhan Yamaha mulai terlihat, september oktober november gemparlah market karena market share Yamaha makin meluncur jatuh. Tahun yang sama bulan Des 2011 Market Share Yamaha jatuh ada di titik 29persen. Persis seperti yang sudah diramalkan oleh penulis artikel ini.

Luar Biasa.

Membaca lagi artikel diatas seakan membaca live journal kasus studi Havard. Tetapi ini lebih sakti karena diprediksi saat object studi sedang dalam kondisi terbaik dan bertolak belakang dengan prediksi.

Apakah semacam tulisan dari masa depan ataukah kutukan….
Sangat mengerikan.

Bro SAS memberikan komentar bahwa artikel dari blog mindgenesis sebenarnya sudah meramalkan, akan kekalahan Yamaha sangat akurat bahkan sejak tahun 2011 awal! yang banyak orang tidak percaya (salah satunya madev sih xixixi) karena di 2010 Yamaha masih mampu menempel market share honda, seperti apa analisanya? berikut madev kutip dari artikel di blog-nya

Analisa Gue Why Yamaha Kalah di tahun ini:

  1. Grand Strategy yang mereka buat di tahun 2008-2009 kalah hebat dibanding pesaing. Disaat ini mereka besar kepala dan telah mabuk kemenangan. Pesaing dianggap hanya bisa meniru semua aktivitas mereka dengan budget lebih besar.
  2. Grand Strategy Yamaha di tahun 2009-2010 mulai tidak jelas. Arah kejelasan dan ketajaman Strategy Yamaha seperti penuh intrik dan politik. Terlihat dari kebijakan produk yang dikeluarkan, semisal Vega ZR Vietnam’s Taurus dan Byson India’s FZ15.
  3. Di tahun 2011, Yamaha tidak memiliki Grand Strategy yang jelas, hanya menunggu untuk melihat apa yang setelah terjadi, baru mencoba untuk bereaksi. Seperti tak tahu harus berbuat apa wait and see and wait and don’t know how to do the right thing.
  4. Taktik dan Strategy Yamaha sering terlalu polos dan tanpa perhitungan matang. Disini terlihat jelas tingkat pengambil keputusan sangat dipengaruhi oleh jajaran orang-orang “TEXT BOOK” masalah Pemasaran.
  5. Yamaha bergerak lamban, apalagi tanpa perhitungan dan persiapan matang. Terlalu berhati-hati tapi juga tanpa perhitungan dan persiapan yang matang. Bisa khan Anda Bayangkan??? Terlihat dari Launch yang lama dan sering teringgal dari kompetitor, selalu didahului lawan. Padahal berita dan desas desus kemunculan new product sering kali kita sudah dengar cukup lama. Misal dari kondisi tercantum pada TPT on line sampai waktu launch product memiliki jarak waktu yang lama, berbeda dari kompetitor yang jauh lebih cepat.
  6. Yamaha akhirnya masuk dalam jebakan terbesar Honda, yaitu PRICE WAR. Perang Discount telah terjadi, sebagai alih-alih untuk mempertahankan market share. Image tidak dibangun dengan baik, tetapi lebih kepada aktivitas hard selling seperti “Milyader Mio” yang justru menghancurkan image product quality itu sendiri.
  7. dst…(dah mulai cape nulis Bro…maaf)

Seperti yang madev tulis di artikel sebelumnya point 1 dan 2 hampir sama, sejak 2008 grand strategy Yamaha jadi gak jelas, hanya berfokus pada profit oriented, profit taking diambil terlalu besar dan tidak tepat sasaran untuk membangun/membantu Yamaha Vietnam (dengan produk mesin 115cc overstroke mereka yang payah!) ada juga membantu India dengan byson! kedua produk yang akhirnya saat ini tamat! kejadian ini membuat pengembangan produk yang sesuai dengan market Indonesia menjadi terhambat dan akhirnya terlambat memasuki pasar!!

Menambahkan dari tulisan mindgenesis 5 tahun silam!

7. Yamaha salah merumuskan strategi pada matic mereka, maunya diferensiasi dengan memakai embel2 motogp (forged piston, diasil cylinder), matik kencang dan sporty serta maskulin! (muncul GT series) tapi hasilnya sudah 6 tahun (sejak xeon di 2010) matic Yamaha gagal total!! harusnya mereka lebih mau mendengarkan keinginan konsumen seperti Honda,menciptakan matic yang nyaman digunakan, dan full fitur! kelemahan-Kelemahan sejak dahulu kala seperti Velg geol, ban terlalu kecil, dan shok keras, secara aneh bin ajaib tetap dipertahankan…..malah ngeles bukannya diperbaiki…

Oke friends ada yang mau menambahkan no. 8… dan seterusnya?? monggo share komentarnya friends!

bila om mindgenesis membaca artikel ini, kami rindu membaca artikel-artikel om mindgenesis yang luar biasa… come back donk!!

Jangan lupa add dan follow ya Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Marketing, Motor and tagged , . Bookmark the permalink.

115 Responses to Kesalahan Fatal Yamaha “ini”, bikin market share terjerembab! (Part 2)

  1. Ga ene enteke says:

    1

    Like

  2. Ga ene enteke says:

    Pertamax kah?

    Like

  3. Ga ene enteke says:

    Kalau menurut saya, kayaknya sdm y harus dirombak besar2n. Istilah kerennya kudeta. Jgn sampai mempertahankan dinasti bobrok terlalu lama. Dahulu kala sejak jaman RX-S, RX-K, RX-KING, F1ZR saya pengguna setia yamaha. Tapi sekarang sya pakai honda. Sory to say saya ga pilih merk. Sy pilih value.

    Like

  4. John_Hendy says:

    Sampe part brp ini nanti, hmmm

    Like

  5. vyzex says:

    Ada satu analisis yg menarik dari mind genesis.
    Yaitu honda bisa dicuri di segmen matic sport.
    Waktu yamaha keluarkan xeon. Mind genesis langsung bilang, bukan yg itu. Itu sama aja dg matic biasa.
    Nah, ternyata waktu yamaha keluarkan matic dg dual disk brake alias nmax.itulah segmen matic sport yg honda nggak py.
    Sayangnya (kalo bener), honda dah siap keluarkan yg sejenis.
    Aduh..duh..apa nggak gemetaran tuh..baru aja bisa tepuk dada, udah mau dikejar lagi

    Like

    • Smart Inovation says:

      Jadi ingat bener mind genesis pernah tulis itu. Ya betul.

      Like

    • mariodevan says:

      ada lagi nanti aerox….
      kejar2an memang g akn terhindari namanya berkompetisi dlm bisnis… kyak ipon dan samsung galaxy, kejar2an sudah smpe ke seri ke 7… klo di seri kedua sudah mnyerah y die…. dan ini klemahan besar yamaha, sukses diseri prtama, seri kedua uda KO

      Like

      • Dewis says:

        Sayangnya juga produk yimm nanggung dev. Itu si aerox knapa gak dikasih dek rata kek kymco plus fitur2nya jg plus rdb sekalian. Lawan honda dg produk nanggung wes siap2 aja bakal dihajar dg aerox versi hondon ahm nantinya. Kalo dah begini nyesel belakangan…
        Soal sport konsumen minta dohc kek klan engine fxr malah gak dituruti ya wis ane stop beli produk yimm & pindah haluan kembali beli suzuki taun depan.

        Like

        • naruhara says:

          Aerox 155 valuenya udah tinggi, lebih drpd nmax atau kelas vario sekalipun. Coba tengok fiturnya, ban umum ukuran matic 14 tapi tapak super lebar kayak motor 250cc. Panel speedometer 5 inch. Abs walaupun one channel. Ada varian keyless. Bagasi gede. Port charging. Headlamp-stoplamp full led, nmax masih ada bohlamnya di stoplamp.
          Fitur segitu aja belom ketauan harga resminya. Kalo varian paling standar udah di harga 18-20jt, misal mau dikasih rdb mending nmax sekalian toh? Bisa selonjoran pula. Itu sih kalo menurut saya

          Like

  6. wasis_Mild says:

    Jd keinget blog2 jaman baheula. awal kemunduran yamaha menurut saya mulai saat launch vega zr, jupiter z 115cc

    Like

  7. Smart Inovation says:

    Ini analisa Mind Genesis 5tahun 9bulan yang lalu masih enak dan renyah untuk dibaca baca. Serasa tulisan dan analisa itu masih hidup.

    Tapi…rasanya kok rada kurang etis kalau di copy lengkap gitu ya. Agak gimanalah. Sebaiknya hargai penulisnya dgn kasih link aja.

    Saran sih.

    Like

    • mariodevan says:

      kan uda ada linknya..link hidup malahan…. diawal skali….

      Like

    • SAS says:

      Setuju sama mr.Smart some how agak gimana rasanya.

      Btw 5tahun 9bulan yg lalu saat dibaca lagi artikelnya Om Genesis masih serasa idup. Merinding bacanya.

      Awalnya saya juga meragukan…. bikin analisa gampang. Bikin statement yang serasa berkebalikan dgn arus dan kondisi itu yang gag mudah. Apalagi saat itu berani bilang lantang angka MS Y akan jatuh ke 2x persen di tahun 2011. Jadi ingat blogger kondang Mas Tri langsung bikin contra statement yang berkebalikan dgn menggelar semua ilmu marketing yang dikuasainya pake embel embel gelar master of marketing kuliah di ……. ehem. Jlubbb hasilnya.

      Perang Analisa Marketing antar blogger saat itu. Mas Tri abis abisan beranalisa Y tidak akan jatuh, gak masuk akal dsb dgn berbagai alesan analisanya.

      Juga ada Mr. Nobita yang janji cium pantatknalpot dan nelan asep knalpot kalau MS Y jatuh ke 2x persen… eh ilang tuh orang. Untung gak janji terjun dari monas. Ha ha ha

      Like

      • robotic_munky says:

        yang saya bingung masih pada percaya aja tuh sama blog nya tri yang pada komen disana, jujur aja saya ke blog itu cuma buat ketawa, analisanya salah teruuus………

        Like

        • Revtex says:

          Walah kalo disana, di blog diktator itu bukan analisa pak, disana sudah ranah penggiringan opini yang parahnya melebihi orang yang suka bc gak jelas di komentar blog hits macam iwb dan tmc.. Sebenernya kalo dipikir saat ini ngapain juga bahas kejelekan produk honda melulu,lha wong produk yamaha juga imbang2an ama honda, kasih finishing bagus aja udah di compare2-in.harusnya kalau memang demen ama yamaha, kasih tuh masukan supaya kagak budeg n ngeles melulu.

          Like

  8. gilaroda2ga says:

    Nah klo gt bikin aja prediksi Honda akan jatuh, mumpung sekarang masih joss2nya….tapi kapan?!😁

    Like

    • mariodevan says:

      hehehe prediksi gila mah kalo itu

      Like

      • SAS says:

        Dulu juga prediksi gila MS Y akan jatuh sampai 2puluhan persen. Saat itu khan MS Y 43-45 persen konstant naik teratur..sempet rebutan saling di posisi 1 beberapa kali khan..ada yang Gila kalau bilang gak sampe setaun akan jatuh ke 20an persen.

        Nah tahun ini mungkin saatnya Bro Madev yang bikin prediksi gila bilang tahun 2017 H akan jatuh bebas dan Y naik lagi…hayo….

        Like

    • Kobayogas says:

      Prediksi yg bahkan mind genesis aja gak tau keknya hehe.. soalnya mereka bener bener tau apa yg salah dari kompetitor dulu jd mereka terus menerus inovatif

      Like

  9. gilaroda2ga says:

    Hmmm….sudah kaudugah…😀

    Like

  10. Brown says:

    artikel MG itu bukan ramalan seperti kata orang2, gw juga baca artikel MG itu dulu, kalo lihat keadaan yamaha dulu siapapun pemerhati roda 2 sudah bisa prediksi gimana keadaan Yamaha kedepan tanpa perlu baca arikel MG

    saat Mio Sporty sudah uzur dan Beat mulai populer, tahun 2011 Yamaha malah ngeluarin Mio J yg lebih jelek dari Mio Sporty

    ramalah MG juga ada yg meleset, tahun 2013 diramal MS sport Yamaha bakal tergusur ternyata akhir 2016 baru kesampaian

    tahun 2010 yamaha bisa menempel? justru tahun 2010 Mio mulai tergusur Beat walau masih unggul MS, saat Mio J muncul Mio Sporty discontinue MS matik Yamaha langsung anjlok, gak perlu bicara MS total deh kombinasi Astra dan Honda kebangetan kalau gak unggul MS total.

    Analisa diatas bisalah di benarkan, namanya juga pihak yg kalah atau si pecundang pasti gampang disalahkan haha, tapi menurut gw marketing Honda dan Yamaha itu imbang tinggal produknya saja.

    Kesalahan Yamaha yg sebenarnya adalah terlalu bergantung sama Thailand… “loh Honda kan juga bergantung sama Thailand”… itulah masalahnya kreatifitas RnD Yamaha Thailand kalah jauh sama Honda Thailand, Yamaha Thailand itu seperti pecundang kalau dibandingkan Honda Thailand, imbasnya ke Yamaha Indonesia yg ikut jadi pecundang terutama produk yg dari Thailand, bisa dibilang AHM beruntung dalam kasus ini.

    tapi kalau diperhatikan belakangan ini Yamaha Indonesia mulai berusaha mandiri atau ikut terlibat riset dengan negara lain dan lepas dari bayang2 Thailand, walau masih jatuh bangun, walau masih terpuruk tapi berusaha belajar dari kesalahan lebih baik daripada diem bergantung sama negara lain.

    Like

    • mariodevan says:

      ralat mio J awal 2012 bukan 2011, saat market share sudah anjlok… itupun langsung dibalas dengan beat pgmfi pda oktober 2012…. hanya selang beberapa bulan!! pembalasan cepat honda ini yg bikin yamaha g mampu berkembang

      Like

      • Brown says:

        Mio J rilis akhir 2011, Spysoot Mio J yg banyak dihujat itu sudah muncul dari awal tahun 2011, dari Spyshoot aja sudah banyak yg hujat, rilis awal di Thailand juga banyak yg hujat, nasib matik yamaha waktu itu sidah bisa diprediksi.

        Like

        • mariodevan says:

          seingatku sih januari 2012, apalagi dilaunching wktunya berdekatan dng mio fino juga… dua snjata yamaha ini cukup memberikan optimisme baru, 2012 will fight back dikalangan internal Y

          y mio j memang desainny memang agak ajaib…. stelah mio sporty g ada lgi desain matic yang memikat dikelas low end dari yamaha smpe skg!!!

          Like

      • Brown says:

        Sebelum Beat FI muncul, Mio J sudah megap-megap lawan Beat Karbu yg makin populer karena Mio Sporty discontinue.

        Like

        • robotic_munky says:

          “Beat Karbu yg makin populer karena Mio Sporty discontinue”
          beat karbu sudah populer dari mio karbu masih dijual.

          seinget saya sih waktu mio-j mw muncul kondisi MS honda beat vs mio masih imbang dan salip2an, tapi kenyataan di dealernya mio susah kejual. saya inget banget koz di daerah tangerang ada dealer yamaha yang pemiliknya juga punya dealer honda skalian AHASSnya, nitipin mio nya di belakang AHASS.
          walhasil begitu mio-j rilis (biarpun udah dibully jelek) mio karbu discontinyu, stok mio karbu banyak banget numpuk di dealer.

          Like

          • Brown says:

            “Makin Populer Bro” berarti sebelumnya sudah populer

            diatas juga gw bilang Mio Sporty sudah uzur
            walau populer tapi kalau uzur pamornya pudar

            diatas juga gw bilang tahun 2010 Mio mulai tergusur Beat

            Like

    • SAS says:

      Swerrr pemerhati motor kelas wahid juga gak berani prediksi Yamaha kalah telak tahun 2011.

      Justru awal taun MS Y naik terus, history MS taun sebelumnya juga naik teruuus.

      Like

      • mariodevan says:

        yup 2011, vixion inden, byson inden, pnjualan mio sporty msh bgus ada desas-desus mio baru injeksi dan fino akan hadir, jdi sya rasa siapapun tdk akn brani prediksi thun itu juga akan turun telak, kalo prediksi akan trun saja mngkin msh wajar, ini prediksinya turun telak ke angka kepala 2 persen… dari 40 lebih lho!!

        Like

        • robotic_munky says:

          WRONG!!!
          bukan penjualan, tapi distribusi bro, yakin deh saya. mio karbu numpuk digudang, bahkan pengamatan mata saya secara langsung, mio karbu numpuk di belakang AHASS (yang punya AHASS punya dealer H & Y)

          Like

        • Brown says:

          waktu ada kabar Honda bangun plant baru khusus skutik, disitu sudah bisa diprediksi MS yamaha bakal turun jauh

          walau penjualan yamaha stabil, kalau distribusi honda nambah, di MS yamaha pasti turun ya toh

          Like

          • mariodevan says:

            lho justru yamaha juga mau bngun plant baru http://health.kompas.com/read/2011/02/18/0916422/yamaha.bangun.pabrik.baru.untuk.mengejar.honda.
            coba bayangin confidencenya mreka tahun itu…

            Like

            • Brown says:

              baru dengar, sepertinya gak jadi ya itu plat, dialihkan jadi RnD kah?

              lagian yg gw bahas tadi juga Plant baru honda yg tahun 2014 waktu matik Honda sudah unggul dan MS yamaha masih 30 kalo gak salah dan terus turun, eh MS 2x itu sejak kapan ya?

              Like

              • mariodevan says:

                2011 akhir dlm wktu beberapa bulaan sja..

                Like

                • SAS says:

                  Tepatnya masuk 20an sejak Des 2011

                  Jan-Mei 2011di 40an persen

                  Juni-agustus 2011 di 30an kuat (di39 38 36an)

                  Sep – nov 2011 bergerak ke arah 30an lemah (35 34 an)

                  Des 2011langsung ke 20an

                  Like

                • Brown says:

                  berarti analisa gw lebih pas daripada analisa MG yg terlalu kemana-mana gak to the point, masalahnya disini analisanya kemana-mana

                  profit taking juga bukan cuma yamaha, semua juga begitu termasuk ahm
                  ada yg bilang karena kelakuan fanboy, lah fanboy honda juga gitu
                  ada yg bilang gak sayang bloger? hey sebelum 2010 justru honda yg tertutup sama bloger yamaha dari dulu terbuka, dan honda baru beberapa tahun ini saja merangkul luas bloger pas lagi sukses-suksesnya dan banyak dana, jangan dibandingkan dengan yamaha sekarang

                  namanya juga pihak yg kalah atau si pecundang pasti kesalahan sekecil apapun bakal diungkit-ungkit, kalau sukses kesalahan yg jelas pun bakal buram

                  grand strategy 2009 – 2010 gak jelas ? ingat gak 2011 YMKI berubah jadi YIMM, Yamaha Indonesia lebih dikontrol Jepang, bisa dibilang 2009, 2010, 2011 masih masa transisi, 2012 buka lembaran baru

                  Like

                  • mariodevan says:

                    profit taking dlm bisnis hal yg wajar baca yg lbh tliti kan da dtulis profit taking yg diambil yamaha slah sasaran, hrusnya point yg jng diambil profit tinggi mlah diambil…

                    y sudah anda paling hebat dlm analisany, silahkan analisa tahun 2017 besok nanti sya bookmark dan kita lihat hasilnya di 2018… monggo…. akan sya bikin artikel khusus buat anda…..

                    Like

          • Kobayogas says:

            pernah baca komentator di iwb kalau ga salah bilang.. iyalah Yamaha kalah dari sisi plant yang kurang, 5 vs 3 (apa berapa ya lupa).. coba kalau Yamaha punya plant yang jumlahnya sama.. pasti kegerus tuh Honda..

            Imo, bener tapi keblinger.. hehehe..
            Honda bikin pabrik baru bukan karena pengen bikin doang, iseng amat wkwkwk..bikin lagi itu karena wajib nambah! Demand banyak ya pabrik kudu digedein toh?? Yamaha mau nambah plant? Bisa aja tapi buat apa? Demand sedikit, yang ada malah buang buang duit, mending disiapin buat sektor lain wkwkwkw..

            Like

    • SAS says:

      Produk jelek juga di tangan manajemen yang lihai bisa dijual mahal dengan margin gede aja masih bisa MS mutlak loh.

      Like

    • Paijo says:

      “tapi kalau diperhatikan belakangan ini Yamaha Indonesia mulai berusaha mandiri atau ikut terlibat riset dengan negara lain dan lepas dari bayang2 Thailand, walau masih jatuh bangun, walau masih terpuruk tapi berusaha belajar dari kesalahan lebih baik daripada diem bergantung sama negara lain.”

      Ketawa gw baca ini.
      Mana hasil riset yimm? Aerox 125?
      R25?
      Baguskah designnya?

      Cuma nmax aja yg jitu. Walaupun secara design ya ga gitu mewah, kalo kompetitor honda keluar. Mungkin bakalan lewat lagi.

      Yg bagus cuma design dari yamaha vietnam aja

      Like

      • Brown says:

        mungkin kata2 di perjelas biar lebih pas

        “walau masih terpuruk tapi berusaha belajar dari kesalahan SENDIRI lebih baik daripada diem bergantung NASIB sama negara lain dan jatuh karena kesalahan pihak lain”

        jadi anggap saja Mio M3 dan R25 itu tahap belajar, atau kesalahan sendiri yg perlu dipelajari, kalo Mio GT, Aerox 125 itu seperti proyek iseng sekalian belajar mungkin

        Mio GT itu usaha yimm sendiri merombak tampilan Mio J yg melempem, ini patut diapresiasi karena ada usaha, gak diem aja. hasilnya penjualan Mio GT lebih baik dari Mio J

        Like

  11. indut says:

    setuju, kangen artikelnya mindgenesis

    Like

  12. Abi Hariri says:

    Dulu saya ga terlalu ngikutin otomotif. Tapi sejak 2015 mulai tertarik. Kalo sy lihat dari produk2 yamaha lumayan bagus, hanya selalu nanggung. Nanggungnya adalah selalu bikin orang mikir “kayaknya ini perlu dimofif, kayaknya itu perlu dimodif”, jadi orang mikir berkali kali mau beli produk yamaha. Jujur saya sempat tertarik mau beli CB150R, Yg kurang hanya karena rangkanya teralis. Akhirnya pilih NVA karena emang incaran dari dulu. Sayangnya, fitur masih kalah dari kompetitior. Saya masih harus mikir pengen modif ini pengen modif itu, terutama speedometer dan rear fender yg dibikin pendek tapi malah nyiprat2 jadinya ga fungsi. So, bisa ga ya bikin motor yg bikin orang cukup bilang “oke, motor yamaha ini nyaman dan ga perlu modif sana modif sini udah keren?” Hampir nyesel tapi oke lah, saya coba bertahan dg statement “oke, ini motor terbaik saya”. Jadi kangen Vega R 2005 saya, 🙂

    Like

  13. supra 2002 ku awet rajet says:

    Sebenernya sayang kl yamaha ampe out of arena. Yamaha gmanapun bikin lonjakan product di Indonesia. Well mungkin mst kayak suzuki dulu, nunggu 5% baru rombak manajemen.

    Like

    • mariodevan says:

      janganlah klo udah 5% uda g ada kmampuan dan sumber daya buat fight

      Like

      • Tukang cilox says:

        Berarti ditahun bagus2nya yamaha yamaha secara tidak langsung bisa mengalahkan paham masarakat yg katanya da mrngakar dari nenek moyang kalau motor itu honda dan motor irit itu jg honda…cek cek cek sayang gak bisa ngelanjutin padahal di fase itu seperti remeh tapi akan susah dicari lagi kesempatanya.

        Like

        • supra 2002 ku awet rajet says:

          Bkn cm irit, yamaha jg kasih contoh namanya product mst bergerak alias inovatif (mx, vixion), jgn cuma ganti2 stripping. Eh sekarang giliran dia juga gitu.

          Like

  14. SaveAleppo says:

    Nomor 8. Yamaha budeg dan kurang memberikan apa yang sebenernya konsumen mau.
    Nomor 9. Yamaha dan fans boy garis kerasnya over confident bahwa produknya lebih bagus dari produk honda.
    Nomor 10. Yamaha lupa gimana pentingnya hubungan ke masyarakat di Indonesia.

    Cuma mau kayak gimana juga yimm tetep bakal budeg. Saya komen gini juga bukan benci yamaha,masih pengen ngrasain produk berkualitas dan murah dari yamaha macam jupiter z burhan dan new vega r yang nasibnya malah diganti produk sampah. Vixion juga gak ada update spesifikasi dan kualitas mesin malah menurun,padahal kompetitor juga gak bagus,harusnya itu bisa jadi senjata yamaha,tapi kayaknya mereka memang pengen kolaps.

    Like

    • nvl rider says:

      yak betul. dulu juli 2013 nyari old vixion keliling dealer jawabarat ga dapet karna ngebet mesin 3c1 dan ga yakin dengan mesin 1pa (u know why lah 😵)). akhirnya ga dpt dan jadinya beli 1pa dengan kompensasi pake pertamax plus (turbo) atau shell vpower krn dikasi bbm dibawah itu torsinya kurang brasa dan argument lainnya. sempet nyoba old cb150 kurang sreg krn mesinnya topsppeed oriented dan feeling kurang cocok buat macet (buat ngebut enak krn steering mantep kalo top speed, vixi steering ringan cocok nya buat d kemacetan) . yap sharing pengalaman dan opini. thks yg punya warung 😎😎

      Like

  15. Tera says:

    Pengalaman pribadi dr service seh, sya Di ibukota provinsi sumatra selatan udh nyoba 4 kali k dealer resmi yg berbeda tp kq kesannya asal”annya ya..jujur sya prnh service motor yamaha ke dealer sebelah karna mekanik langganan udh di tarik ke dealer sebelah, mekanik yg baru” di yamaha taunya cm doit tp kerjaan ga beres..akhirnya sya jual 2 motor yamaha yg sya punya, beralih ke motor sebelah..PR bt yamaha selain desain, price, quality tolong after sales juga diperhatikan

    Like

  16. budi says:

    skrg silahkan prediksi 5 tahun mendatang! kelak siapa engkau terlihat..

    Like

  17. Pemerhati Otomotif Jatim says:

    Lucunya…. di Jatim keruntuhan Yamaha terjadi mulai bulan April 2012…. seperti tiba tiba terseret runtuh oleh induk semangnya.

    Tapi semenjak 2013…yang terjadi malah sebaliknya…. Yamaha Jatim yang malah ndelungsep seperti menyeret induk semangnya ke jurang yg lebih dalam.

    Like

    • Bond says:

      Kondisi market sekarang bergerak ke arah matic premium. Menurut data aisi penjualan vario dan beat sekarang sudah hampir sama.

      Yamaha kalau mau bangkit harus rajin meciptakan matic premium dengan fitur fitur yang komplit. Karena konsumen kalau ingin ganti motor cenderung ke arah yang lebih bagus dari motor lamanya.. Ibarat seperti ganti handphone. Selalu ingin naik kelas.

      Like

  18. surya says:

    Semenjak mesin vega zr n mio karbu produksi kualitas motor yamaha amburadul …mlhan lbih awet motor china ..apakah karena yimm jd sponsor di motor yfr jd kualitas mesin yamaha jd downgrade?!!!

    Like

  19. Jomblo Ati says:

    Terus perediksinya om Madev gimana nih…?

    Tahun 2017 apakah Yamaha bisa fight dgn banyaknya model baru atau justru Honda makin jaya?

    MS siapa yang naik dan MS siapa yang turun?

    Like

  20. kurher says:

    pertanyaannya kenapa yamaha tidak antisipasi padahal sudah diprediksi bakal jatuh. sekarang kan sudah sangat terlambat.

    Like

  21. menik says:

    kalau manajemen yamaha kayak gni terus tanpa perubhan, yah kemungkinan bangkrut terbuka lebar, produk2 ternama dlu dibuat jelek sekrg, gak usah malu lah belajar dgn yg sukser honda

    Like

  22. Aryanee says:

    Satu hal yang paling ane rindukan dari produk Yamaha (jika sudi dilahirkan kembali) adalah Jupiter Z 110cc berkode 5TN/5TP, sampai saat ini motor saya (5TP 2005) telah menempuh total jarak 130.000 Km lebih, dan Alhamdulillah masih enak aja dipake (always use olie sesat tentunya XD) dan belom turun mesin. Berharap (tapi kayaknya mustahil) yamaha mau mereborn 5TN/5TP dg upgrade kapasitas jadi 125cc (bore x stroke = 54,3mm x 54mm). Kesalahan terbesar Yamaha adalah mendiscontinue mesin berstroke 54mm-nya itu lalu mengganti dg mesin stroke panjang 57,9mm serta mengganti chassisnya. Padahal Yamaha 5TN/5TP adalah motor bebek dengan chassis yg boleh dibilang chassis terbaik hingga detik ini. Yaaahh…. Intinya banyaklah kesalahan2 Yamaha kalo dijelasin bukan cuman soal Jupiter saja.

    Like

  23. Aryanee says:

    Dan juga semoga riset engine 150cc DOHCnya Yamaha tetap berjalan karena sebagai jaga-jaga seandainya nanti next new Vixion yg katanya pake engine 155cc VVA itu masih tetep ngga sanggup mengkatrol penjualan sportnya.

    Like

    • Aryanee says:

      Coba ada sesi undangan blogger oleh petinggi pabrikan kayak Suzuki beberapa waktu lalu, dan ane sebagai komentator juga diundang, bakal ane kuliti abis2an tuh apa aja kekurangan Yamaha sama petinggi jepangnya, ngoahahaha…… ,ngayal 😄

      Like

  24. apaini says:

    kasus yamaha memang ajib. fans garis keras + produk oke + podium race dimana2 + icon sekelas rossi tapi nggak bisa ngangkat MS.

    alesannya pasti karena mindset sudah honda, tapi sebenarnya market kita dinamis. mau produk YHS asal bagus pasti dibeli.

    kesalahan menurut saya terletak pada y terlalu fokus pada tag kencang pada tiap motornya, tag motogp, memang sukses bagi penggemar balap dan motogp, tapi ya itu sebagian kecil saja. mau dipasang slipperclutch sampe ssg ditiap produknya pasti tidak akan masif naiknya.

    kedua, die hard fans y terlalu ngotot motor mereka paling bagus, malah jadi bumerang.
    motor honda di BC in sampe mampus, bahan ember, tangki njendul, bletek dwooor, desain aki2, sport dengak. eh sebagian bc itu sekarang sudah tidak relevan lagi.

    dituding katanya minset udah honda, dituding banyak bloger ternakan. dikira 70% ms honda itu hasil bohongin orang bego apa. banyak dosen siswa terpelajar pake honda, n maaf ya realita di tempat istri saya yang mayoritas buruh justru yamaha yang dominan.

    skarang malah bloger dibanned informasinya oleh pabrikan y. yo wis lah..

    saya penasaran sama produk y di 2017 apakah bisa ngasih harapan. tapi menurut ane udah bagus yamaha main di 25-30 % memang kodratnya disitu, dan supaya yang make nggak makin jumawa.. ha ha ha

    Like

  25. Brown says:

    masalah yamaha indonesia terlalu bergantung sama negara lain, kenapa gw gak nyinggung Vietnam, padahal kesalahanya ada di Vega? karena kesalahannya cuma itu doang dan Impact juga kecil dibanding segmen matik yg besar dan makin tumbuh.
    Ymh Vietnam juga lebih baik dari Ymh Thai, Ymh Viet tiap tahun makin Inovatif sementara Ymh Thai gitu-gitu aja, hasil RnD Viet di Indo juga sukses seperti MX

    malah menurut gw Yhm India kedepan bisa jauh lebih baik dari Ymh Thai

    Like

    • mariodevan says:

      2008 -2012 bebek masih dominan 😌
      rasany prcuma kita berdebat yg udah trjadii, skg silahkan analisa aja thun 2017 mndtang brapa persen ms y dan H… rasany lbh berguna skalian menunjukkan khebatan analisa andA…. sya msh hrus byank blajar dri suhu2 semua…

      Like

      • Jomblo Ati says:

        Iyo jadi penasaran sama analisa si Brown…bisa kah sejago Mind Genesis?

        Kalau dah lewat 5 tahun gampang aja nyonyot mulutnya. Coba prediksi tahun 2017 gimana? Y naik atau turun? Kalau naik jadi berapa persen kalau turun juga jadi berapa persen?

        Like

      • SaveAleppo says:

        Percuma pak ngarep analisa dari Brown, ntar ujung2nya kayak analisa si tri yang ya semau gue gitu,gak lihat realita kayak gimana. Kalau analisa tahun depan nih masih bakal sama dan nmax sama aerox gak akan berkutik lagi kalau AHM beneran maxi scoot lokal, tahu sendiri kan minim lakunya kayak apa asal merknya Honda.

        Like

      • Brown says:

        selama belum ada pergerakan yamaha utk buat produk yg sepadan dengan beat, prediksi sekarang ya gitu-gitu aja, paling naik sedikit dari sekarang

        gak bisa juga diprediksi kalo belum kelihatan penampakan amunisi baru yamaha buat tahun depan selain Aerox 155

        yg jadi pertanyaan itu sudah kah yamaha indo belajar dari kesalahan? ini juga bisa dilihat dari amunisi baru yamaha tahun depan apakah sesuai ekspektasi, kalau bagus ya berarti masa depan yamaha pasti cerah, gak perlu perang MS dulu yg penting itu produknya kuat dan stabil dipasaran

        Like

  26. hati says:

    kayaknya lebih baik ngomongin gimana kira2 yang harus dilakukan y untuk menggerus ms h. kalo cuman ikut saran2 diatas, akan dengan mudah h mem follow, harus ada terobosan selain produk (kayaknya) untuk fight back. mau buat produk sefenomenal vixion pada saat lahirnya jelas nggak mungkin, h pasti ngikut (dia sudah bangun oe).

    Like

  27. antah says:

    Kalo tahun depan suzuki bener” all out dari semua sisinya yamaha gimana ya om ? Kan ktnya kmren” pihak suzuki bakal berbenah mulai tahun depan buat serius di roda dua

    Like

    • hati says:

      persis kayak jaman orb*, yang fight cuman nomer 1 dan 3, nomor 2 sih santai saja…maka dalam persaingan ini analisa cukup selain h.

      Like

    • Brown says:

      bukan cuma Suzuki om KTM juga

      Like

      • Iseng komen says:

        KTM mah ga masuk itungan, secara brand emg eropa tapi apa masyarakat awam ngerti brand ini?

        Masi ada lho yg nganggep KTM itu mochin, butuh waktu buat KTM buat masuk ke top 3 AISI. Secara brand positioning jg KTM menengah keatas yang disini ditempatin produk jepang yaitu kawasaki, untuk ngelewatin kawasaki aja uda bagus karena kalo buat ane rival terdekatnya ya iya secara yg di jual barang2 premium…

        Like

        • Brown says:

          KTM jangan diremehkan
          KTM pasti sudah belajar dari kesalahan Bajaj
          mereka sudah all out dengan bajaj yg harganya lebih murah dari pabrikan Jepang tapi gagal, mereka mundur buat nyerang balik dengan merk premium eropa yg lebih menjual dengan harga mepet pabrikan jepang

          Like

          • robotic_munky says:

            kalo emang mr brown ini jago analisa, harusnya sih tau kalo KTM harus diremehin. coba itung MS sportbike berapa. terus yakin dia bisa ambil 25%nya aja? terus kalo bisa ambil 25%nya ada dimana posisi KTM di dunia permotoran indonesia?

            Like

  28. allnewsouldd says:

    Yamaha itu udah mulai kaya Suzuki di awal2 marketnya turun. yang sama apanya? suka suka dia ngedesain produk. bikin motor kaya ngga pake tanya apa yg dipengini konsumennya.
    – bikin Mio J dengan desain konservatif. lebih unisex. dimensi agak dibuat tanggung. kecil ngga gedhe ngga. berharap yg mau beli beat / vario ngelirik. hasilnya fail. karena beat terlalu berkarakter, kecil, lincah, asik. yg mau beli vario apalagi, ngga bakalan mau matic bantet. vario jelas lebih gagah adan advance.
    Yamaha mulai nyadar kl salah milih desain, makanya muncul Mio GT. tapi ya udah telat.
    – bikin Mio M3. katanya ahli marketing sebelah ya, produk ini punya potensi mengusik vario 125, hanya karena displasemennya yg 125 cc. hahahaha! saya punya Mio M3, feel dan gengsi naik keduanya tetap beda. Mio M3 itu matic murah!
    – Fino? salahnya Fino itu selain desainnya, dia juga telat masuk. mau dikasih fitur sebanyak apa juga udah kalah mindset, bahwa matic retro itu ya Scoopy. bukan Fino.
    – Soul GT. nah ini lah matic Yamaha yg pakem desainnya bener menurut saya. konsumen asli Yamaha pasti ngelirik matic ini daripada lineup yg lain. konsumen Yamaha ya saya bilang. Yamaha itu jalurnya jualan desain.
    – Xeon. Xeon RC. kesalahan terbesar Yamaha di segmen matic. desain jelas kalah telak dr vario. selain itu jg kalah di utilitas, gengsi, dan efisiensi. jargon matic sport itu salah kaprah. apalagi matic sport bantet. idih banget.
    – Soul GT 125. matic ini bagus. buat siapa? buat konsumen yamaha. konsumen secara umum? belum tentu mau menerima.
    Dan secara umum, Yamaha ini budeg dengerin masukan buat lineup maticnya. Shockbreaker yg keras itu PENYAKIT KRONIS yang bisa menular ke mana mana. Kalau sok keras, apa yg bakalan kejadian:
    1. ngga nyaman dibuat jalan. setang geter. bikin tualng belakang sakit. kita sama sama tau kondisi jalan di Indonesia kan? nah itu
    2. sok keras, bikin kita cenderung menurunkan tekanan ban dibawah normal. buat ngejar nyaman. akibatnya: konsumsi bahan bakar bisa lebih boros.
    3. sok keras, kl kita ngga nurunin tekanan ban, pasti ada yg kalah: as roda, komstir, atau velg.
    see?
    yamaha dulu jaya karena menang di desain dan fitur. kl honda sudah ngasih barang yg desainnya ngga kalah cakep dan fiturnya sama (bahakan lebih) ya kelar sudah.
    yg bilang jass jess joss itu saya yakin die hard yamaha, kl yamaha mencukupkan diri produknya dibeli sama mereka ya sudah, pertahanin aja produknya yg gitu2 aja. mau kurang, kalah pun tetap dipuji puji kok. dan kisahnya nanti ujungnya bakalan sama kaya suzuki

    Like

  29. Iseng komen says:

    Kalo liat yamaha sekarang ini kayak club bola liverpool yang selalu bilang next year is ours, kenyataanya?? Masi aja ketinggalan jauh ngejar2 aja diawal tapi malah abis d belakang.

    Fans nya jg die hard, bawa2 sejarah, sejarah kalo produknya kualitas cat nomor wahid mesin sempurna. Tapii??? Itu duluu…
    Cat boleh tebel tapi cepet kusem kok, uda ane perhatiin du beberapa NVL temen ane, d bandingin sama motor saya eksisting merk H yang taunnya sama lebih kusem dia padahal orangnya rajin nyuci, mesin yamaha bagus?? Ngga cukup liat r25 rompal terus NVL berasep? Meski NCB katanya masi klotok2 toh buktinya sekarang adem2 aja makin banyak yang pake malah…

    Nah itu dia yamaha harus selalu berbenah jangan ngandalin loyalitas usernya aja, create user baru. Langkah buka market baru sudah ok tapi mau sampe kapan? Nanti honda masuk di replace posisinya kabur lagi. Ga akan solusi lama2 produk nyusut kaya suzuki. Dengerin keinginan kosumen, buat survey, sering bikin event biar brandingnya ok, undang blogger2 kenamaan jangan malah d blacklist, dst….

    Ciaoo

    Like

  30. Arlong says:

    intinya beberapa yg komen disini menaruh harapan besar agar supaya pabrikan yamahmud ngga budeg lagi supaya salesnya gak semakin terjun bebas lagi, kecuali mungkin buat para sales para bayaran honhon mereka justru bisa saja berharap supaya yamahmud bangkrut sekalian dan honhon meraih market 100%, kalo ane ndiri harapannya gak cuma yamahmud, suzuki (dan jg lainnya) juga ikut bangkit supaya market motor indonesia bisa balance ada merek A, B, C, etc bukan didominasi satu merek saja. karena kalo yg dominan satu merek saja maka pemberitaan dan atau penulisan para blogger otomotif ngga akan berwarna ngga akan menarik, IYKWIM, hehehe…

    Like

    • okesajalah says:

      betul, jgan sampai yamaha mati lah.. saya berharap ms yamaha stabil di 30% dan jgan lebih.
      kalo lebih nggak bisa ngebayangin koar2 die hard fans / sales yamaha. sekarang saja mereka memuji produk yang tidak perfect, dan memuja yimm yang sedang drop. apalagi kalo yamaha berhasil tempel honda.

      Like

  31. okesajalah says:

    kita beli motor untuk menunjang kegiatan sehari2, bukan untuk ngelihat pabrikan kipas2 dolar.

    jargon yang selalu ditimbulkan di juragan sebelah —-> ms loyo yang penting “yamaha kipas kipas dolar”. koq ini yang dijargonkan untuk mencerdaskan konsumen. maksudnya konsumen disuruh hitung2 dolar gitu..? atau makin banyak dolar yang didapat berbanding lurus dengan kesempurnaan motor konsumen produknya. atau berbanding lurus dengan kepuasan konsumen saat memakai produknya, saya rasa tidak.

    kalo jargon itu dipakai untuk menyenangkan hati konsumen yang pake produk y, atau menaikan moral sales pabrikan y oke boleh lah. tapi untuk jadi indikator pride bagi konsumen motor di indonesia ya tidak tepat sekali.

    kalo bagi konsumen di indonesia seharusnya pridenya bukan export. tapi produk yang terserap di pasar domestik, artinya pabrikan bisa menerjemahkan keinginan konsumen disini.

    lain halnya kalo kita lihat aspek bisnis, hitung margin produk lokal vs margin produk import silahkan hitung-hitung sendiri. lagian keuntungan itu berapa dolar yang diterima indonesia sebagai devisa negara, berapa rupiah duit yang berputar ketika produk dijual lokal. berapa duit yang diboyong ke pusat dijepang, itu mah silahkan hitung2 sendiri. lagian ini urusan internal. gak perlu bawa2 konsumen. adanya sakit hati duit kita diboyong ke jepang gan.

    lagian kita niat beli motor untuk menunjang kegiatan sehari2, bukan untuk ngelihat pabrikan kipas2 dolar.

    Like

    • robotic_munky says:

      ga pa2 lah bro, kasih seneng aja, kalo doi berhenti nulis atw berhenti analisa2, saya yakin ga cuma FBY yang sedih, FBH juga ikut sedih soalnya bahan ketawaannya udah ga ada 😀

      Like

  32. Arlong says:

    bro okesajalah terdeteksi sedang menyindir blognya Om Triatmono, gausah pake nyindir2 gitu bro, kalo gak suka, gentle aja ngomong langsung di bloknya atau sekalian ketemu langsung sama orangnya. ane bukan membela blognya dia, bukan pula congornya para FB atau komentator bayaran.

    Like

  33. efbees says:

    kalo mau ngambil 1 saja sample,
    salah satu, ingat lho ya, SALAH SATU, yg bikin MS Y anjlog jeblog, dilihat dari sudut pandang konsumen seperti saya, yaitu konsumen Y KAPOK membeli kembali produk Y karena kualitas yg maaf, ala kadarnya.
    ane sudah 4 kali dikecewakan motor Y (1 YKI dan 3 YIM) dan yg untuk pertama, kedua, dan ketiga masih percaya buat yg keempat karena pada dasarnya suka sama desain dan sasisnya.
    tapi ternyata suka aja nggak cukup karena hasilnya nggak sebanding sama pengorbanan.
    nggak perlu lah saya sebut produk apa saja yg bobrok, toh nyari di internet jg banyak yg mengulas serupa.
    intinya: NGEDEN, NGEMPOS, HAUS OLI, VELG EMPUK, MATERIAL MESIN EMPUK, BOROS.
    itulah yg bikin konsumen seperti saya, dan mungkin juga konsumen2 lain di luar sana, kapok beli produk Y.
    dan yang KEDUA, pimpinan yg BAPERAN yaitu abdin.
    bukan kata blogger bukan kata hater, tapi ane sendiri yg mengalaminya.
    saya yang bahkan bukan siapa2 aja diblock hanya karena mengoreksi ab
    din perihal Sam Lowes dan Alex Lowes saat Alex gantiin Bradley Smith di beberapa seri 2016 kemarin secara SOPAN.
    tapi dasar pemimpin angkuh yg kalo diamati wajahnya memang nyepeti itu, ya gak terima dan main block.
    kalo gak percaya buka aja akun instagram @tridaggerx udah saya capture.
    itulah 2 alasan kenapa ane yg tadinya FBY berubah jadi anti Y.
    sekarang ane udah lebih terbuka ke Honda dan Suzuki dan alhamdulillah puas dengan KUALITAS 2 produk tsb, terutama Suzuki.
    kesimpulan MS Y anjlog dr ane: 1) Kualitas Bobrok; 2) Pemimpin dan Manajemen Arogan
    maaf jadi curhat, tp itu benar2 dari lubuk hati.

    Like

  34. Arlong says:

    bro okesajalah dan semua yg merasa :
    saya juga pernah kena moderasi waktu komen dibblognya Om Tri, tapi juga kadang bisa komen. Tinggal kita mau komen yang seperti apa, kalo saya yang punya blog, lalu isi komennya banyak yg tidak baik ya dimoderasi saja, atau sekalian tutup kolom komentarnya.

    Like

  35. Sambal says:

    Nunggu analisa si Brown kok gag keluar keluar? Tahun 2017 nanti MS Y naik atau turun berapa persen? Ke berapa xx persen? Githu aja kok susah amat doi ya? Katanya lebih jago dan pinter dari Mind Genesis… ayo buktikan.

    Kalau gak keluar angkanya berapa persen…maaf saya pikir si Brown hanya bisa mainin KNTL

    Like

  36. Rencon says:

    Menurut saya si 2017 market share akan tetap aja si honda 70-80% .
    yamaha akan terbantu oleh r15 sama vixion, tapi ingat dimatiknya malah keambil lagi tuh market share nmax sama pcx local .
    mengenani aerox si share nya bakal di bawah nmax, ni matik selonjoran ga bisa , desainnya ga unisex ( desainnya sporty, yamaha banget ), paling ambil 10% market vario 150 dah bagus, . malah saya kira dia bakal makan share nya nmax
    Dengan hadirnya honda di segment ini jumlah share big skutik akan naek jadi 50k lebih vario 150 turun dari 50k ke 30k an karena keambil pcx lokal sama aerox
    vario 125 si ga kan keambil banyak .
    jadi gini kali ya
    vario 150 25-30k
    pcx lokal 25k
    nmax 15-20k
    aerox 10-15k
    r15 dari 2kan jadi 7k >
    cbr dari 9k jadi 6k-7k

    jadi ya, gakan berubah banyak si selama mbit, skupi, vario125 gada lawan mah
    Cuma prediksi , meleset banyak si gpp ya .

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s