Data dan analisa Penjualan sepeda motor mulai 2005 sampai 2016!! (Part 1)

promo-hebatartadiskinsight-banner-promo-fix

Artikel ini merupakan request yang diminta beberapa pembaca setia blog ini, banyak yang penasaran mengenai pergerakan penjualan antara pabrikan Honda, Yamaha maupun Suzuki, langsung saja berikut data penjualan sepeda motor per merek yang sudah madev olah dari data AISI, madev buat berdasarkan grafik, agar lebih mudah melihat pergarakan yang terjadi.

data-grafik-penjualan-sepeda-motor-2005-sampai-2016 tabel-data-aisi-penjualan-sepeda-motor-2005-2016

Terlihat di tahun 2016 ini Yamaha mengalami titik terendah-nya semenjak 2006! perkiraan sih sampai akhir tahun Yamaha hanya mampu mendistribusi 1,4 juta unit motor , ini berarti kemunduran selama 10 tahun terakhir! dan suzuki sudah jatuh sangat dalam bahkan saat ini dibawah kawasaki!penjualananya hanya mampu terdistribusi 50ribuan unit!

sejak 2015 penjualan motor memang terganggu daya serap masyarakat tidak bagus.. dan ini berpengaruh terhadap pabrikan sehingga penjualan menjadi stagnan!

Yamaha konsisten mengalami penurunan penjualan setelah pada 2010 mencapai puncaknya, tanpa mampu reborn sama sekali! 2007-2008 titik kebangkitan Honda perlahan tapi pasti mampu bangkit dari tekanan dan akhirnya smakin jauh meninggalkan Yamaha! kejadian apa yang berpengaruh pada tahun itu?? nantikan di artikel selanjutnya aja ya hehehe

selain data diatas ada juga data pendukung yang madev dapatkan dari proud2ride, penjualan motor berdasarkan tipe dari 2005 sampai juni 2012, terlihat pergerakan bagaimana penjualan motor matic secara perlahan mengambil alih posisi puncak dari penjualan motor bebek, pada 2011 resmi matic menjadi jawara penjualan motor saat ini!

market-motor-by-tipe

Oke friends monggo komentarnya dulu, nanti madev sambung lagi…

Jangan lupa add dan follow ya Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan 

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Marketing, Motor and tagged , , . Bookmark the permalink.

19 Responses to Data dan analisa Penjualan sepeda motor mulai 2005 sampai 2016!! (Part 1)

  1. Roy says:

    Artikel yg bagus, sebenarnya sedih jg lihat Yamaha turun drastis, apalagi secara SDM hanya Yamaha yg mampu bikin perlawanan pada Honda, suzuki sdh terlalu jauh, aku berharap Yamaha bangkit tahun depan agar terjadi kompetisi yg pada akhirnya menguntungkan konsumen

    Like

  2. Paijo says:

    Sebenernya penjualan honda ga naik drastis yah dengan ms 75% sekarang ini
    Cuma pasar yg turun dan semuanya berimbas pada penjualan yamaha. Sejak 2011 honda konsisten di 4-5jt.
    Yamaha dari 2011 turun dari 3 jt sekarang di 1jt. Gila mah ini namanya..
    Goblok tuh blogger yg bilang yimm kipas2 dolar. Berapa value exportnya?
    Berapa value yang hilang dari thn 2011 itu?
    Berapa selisih kehilangannya?
    Ilang 2jt unit coooiii…
    Padahal nafas yamaha global ada di penjualan rupiah.

    Like

  3. Paijo says:

    Perlu bookmark ni artikel. Thanks bro

    Like

  4. tak melu gantheng mas, piye carane

    Like

  5. vyzex says:

    Yamaha gak turun kok.
    Kalo dibandingkan dg thn 2005, mereka hanya kembali ke keadaan semula.
    Anggap aja direset.

    Jd tenang aja.
    Silahkan mulai lagi tahun depan.

    Yamaha bisa 3 juta di 2010 dan 2011 itu juga kan pada lembur.
    Mungkin sj kerja 3 shift. Atau mungkin ada bantuan jin.hehehe.

    Like

    • mariodevan says:

      jaringan service, dealer, plant pasti brtmbah lah dibndingkan 2005…

      Like

      • chibiyabi says:

        jangan lupa inflasi udah berapa, gaji karyawan udah naek berapa ratus persen dari 2005..itu jadi beban, katakan lah secara jumlah karyawan stagnan, tetep aja biayanya nambah..

        yg saya bingung, honda jepang ma astar itu cepat sekali membuka diri untuk perbaikan, la ini yamaha udah hampir 7 tahun ga nyadar nyadar..

        Like

  6. Lebih oke lagi pada saat turning point di tahun 2011 data MS di breakdown perbulan…. juga per category….biar pembaca bisa mendapatkan gambaran lebih apa yang terjadi saat itu.

    Like

  7. bejo says:

    kerusakan yamaha sudah mulai di tahun 2009-2010 …apakah nafsu atau tergiring ? disitu penyakit kanker di mulai ….dan bahayanya yamaha itu bagaikan superman (semua untung di ambil & semua beban di tanggung) …sedangkan H itu superteam (semua beban di bagi rata) ….superman akan kalah lawan superteam terutama dalam long battle…how long can u go

    Like

  8. robotic_munky says:

    mulai 2014 penjualan total motor turun drastis (turun sekitar 18% 2015, tahun ini kayanya ga sampe 15% deh), tapi honda cuma turun sekitar 10%an pertahun (kayanya tahun ini ga sampe 10% sih), tapi yamaha hampir 20% penurunan di 2015, bahkan di 2016 kayanya bakalan lebih dari 20% (biarpun penutupan bisa 1,4juta unit).

    kalo mw nyalahin penjualan motor yg turun, ya emang, tapi knapa kompetitor bisa bertahan, kuncinya sih pasti di volume maker kaya beat n vario, alias motor harian.

    Like

  9. Pingback: Data dan analisa Penjualan sepeda motor 2005/2006, Awal kematian Suzuki! (Part 2) | mario devan Blog's

  10. Pingback: Data dan analisa Penjualan sepeda motor mulai 2006/2007!!Honda mulai berubah! (Part 3) | mario devan Blog's

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s