Data dan analisa Penjualan sepeda motor mulai 2006/2007!!Honda mulai berubah! (Part 3)

promo-hebatartadiskinsight-banner-promo-fix

Halo friends artikel ini sudah masuk ke part 3, dan masih panjang hehehe…

bisa baca dulu artikel sebelumnya disini.

Part 1

https://mariodevan.com/2016/12/20/data-dan-analisa-penjualan-sepeda-motor-mulai-2005-sampai-2016-part-1/

Part 2

https://mariodevan.com/2016/12/22/data-dan-analisa-penjualan-sepeda-motor-20052006-awal-kematian-suzuki-part-2/

data-grafik-penjualan-sepeda-motor-2005-sampai-2016 tabel-data-aisi-penjualan-sepeda-motor-2005-2016

2006 kondisi market roda dua Indonesia berubah total!!pabrikan suzuki terjerembab dan akhirnya perlahan mati!Honda pun Penjualan-nya terus turun, tergerus oleh persaingan dengan Suzuki dan Kini dengan Yamaha!

Yamaha mulai berhasil mengedukasi market dengan produk matic-nya (Yamaha Mio)!ditahun ini pertama kalinya Market Matic mulai mengalahkan penjualan motor sport dan terus naik, Penjualan bebek masih stabil, Yamaha mulai berjaya lewat duo Jupiter dan Vega-nya! belum lagi Jupiter MX yang lahir pada 2005 mendapatkan sambutan yang baik juga! bisa dibilang secara produk saat ini membeli motor Yamaha itu yang paling valuable dibandingkan kompetitor!

Di tahun 2006 ini Honda memutuskan masuk ke market matic lewat Vario! ketinggalan 3 tahun memang dari Yamaha, sayangnya Vario saat itu kurang diminati karena dimensinya yang cukup besar dibandingkan dengan Yamaha Mio, Suzuki juga masukkan Spin! tapi market masih lebih suka Yamaha Mio, yang punya harga murah, desain keren, dan mungil! ledakan pengemudi perempuan yang ingin juga mandiri membuat Yamaha Mio semakin laris manis!! baru pada 2008 Honda selesai meramu Honda beat untuk head to head dengan Yamaha Mio!

2006-2007-2008-honda-vario

2007 Yamaha semakin beringas, sasaran-nya jelas kali ini adalah market sport! yang lagi-lagi diincar adalah Honda megapro, maka Yamaha vixion muncul, hadir dengan teknologi baru, desain baru yang fresh, membuat Vixion ini sangat value, harganya juga dibandrol lebih murah dari megapro!! langsung saja megapro yang masih karbu dan berpendingin angin sepoi-sepoi tewas perlahan! kehadiran vixion juga membunuh Honda tiger…

Harga yang murah kemungkinan menurut madev dari hasil subsidi silang dengan Yamaha Mio yang meledak dan laris luar biasa!

 

market-motor-by-tipe

 

Pada 2007 Mr. Johanes Loman ditunjuk sebagai Direktur Marketing di PT Astra Honda Motor. Lalu pada April 2009, Johannes Loman dipromosi menjadi Executive Vice President Director AHM menggantikan Siswanto Prawiroatmodjo.

menurut madev inilah titik balik Honda, Mr. Johanes Loman awalnya merupakan Chief Executive Daihatsu Sales Operation di PT Astra International Tbk sejak dari 2011! tangan dinginnya di industri roda 4 yang melahirkan mobil sejuta umat (avanza-Xenia), sedikit banyak membuat strategi Honda berubah total! percaya gak percaya secara data, tangan dinginnya langsung membawa Honda naik penjualannya! dan perlahan tapi pasti mampu membalikkan keadaan!

Menurut madev dalam sebuah organisasi SDM yang handal mampu membuat perubahan yang besar, selain punya pemimpin yang tangguh, Astra juga punya learning center yang hebat, bahkan kabarnya astra learning center ini sama hebatnya dengan Milik Unilever learning center! inilah senjata rahasia Honda yang jarang ditulis…

Beruntung karena astra ini membawahi berbagai brand top dunia, Toyota, daihatsu, honda total ada 190 anak perusahaan! dimana saling tukar informasi dan pelatihan akan jadi luar biasa!!!

disisi lain Yamaha mulai kehilangan fokus, sejak 2007 (produk terakhir adalah Vixion) nyaris tidak adalagi produk baru dari Yamaha yang mampu mempertahankan market… kecenderungannya justr profit oriented, Jupiter dan Vega didowngrade menjadi jupiter 115 dan Vega ZR, tidak berkaca dari kematian suzuki karena stretegi yang salah dengan Shogun dan Smash-nya!!

Di kelas matic juga hampir sama! tahun 2007 Yamaha meluncurkan Mio soul untuk mengisi market matic medium, di 2010 meluncurkan xeon mengisi market matic premium! stretegi yang sangat lamban dan overconfidence, sedangkan Honda langsung menggebrak dengan berbagai produk baru khas Astra roda 4, varian yang buanyak dan mepet antara satu dengan yang lain!!

Bersambung

Oke friends monggo komentarnya dulu, nanti madev sambung lagi…

Jangan lupa add dan follow ya Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan 

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Marketing, Motor and tagged , , . Bookmark the permalink.

11 Responses to Data dan analisa Penjualan sepeda motor mulai 2006/2007!!Honda mulai berubah! (Part 3)

  1. bdt says:

    Yamaha 2010,:

    ” Menutup Akhir Tahun dengan Menjadi No 1″

    Like

  2. Supra 2002 ku awet rajet says:

    Kehadiran vixion tdk hanya menghantam megapro, tp jg memaksa megaprp trun kelas. Tidak hanya turun cc, brand positioning megapro melorot ke bawah vixion yg justru harganya lebih murah.

    Tiger discontinued sebenarnya bkn krn vixi semata, tp krn aturan emisi. Memang pasar 150cc membuat pasar 200cc terpecah, tp tdk hanya tiger, berlaku jg buat scorpion. Mungkin ini yg bikin honda lebih milih discontinued tiger ketimbang upgrade emisi.

    Like

  3. aqdw says:

    vario 110 hadir membikin image dulu… metic nyaman + banyar fitur..

    Like

  4. noe talweng says:

    apik kang artikele…. maknyosss

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s