Hati-hati jebakan market kelas menengah!

promo-hebatartadiskinsight-banner-promo-fix

Kelas menengah di Indonesia memang tumbuh besar, Tembusnya GDP perkapita Indonesia ke angka $3000 pada tahun 2010, menjadi sebuah momentum yang digadang-gadang oleh negara kita mampu menggerakkan kita menuju ke negara maju! karena begitu angka tersebut terlampaui, maka sebuah negara menikmati pertumbuhan ekonomi yang signifikan. Hal ini dialami oleh beberapa negara kuat dalam ekonomi seperti China,India,Korea Selatan dan Brazil.

aerox-155vva-s-version-matte-blue

pola konsumsipun berubah total!ledakan smartphone, ledakan konsumsi kuota pulsa, generasi starbucks, semuanya berubah! begitu juga kelas otomotif! kalo dulu dalam sebuah varian otomotif varian produk terendah yang diburu, kini justru kebalikannya yang paling banyak diburu justru varian tertinggi-nya, pasar semakin selektif, mereka tidak sayang membuang uang sedikit lebih mahal asal produknya punya fitur dan value terkini!

Pertarunganya pun berubah total seperti di market bebek, kalo dulu motor-motor seperti vega, revo, yang laku, kini mulai digeser ke segment atas, Jupiter MX kini lebih laris dari Jupiter Z1, supra 125 lebih laris dari revo, walaupun banyak faktor yang lain, tapi tidak bisa dipungkiri konsumen otomotif juga mulai berubah pola pembeliannya!mereka lebih mampu membeli produk yang lebih mahal!

di kelas matic juga hal yang serupa hampir sama terjadi, di kubu Honda, penjualan Matic memang masih dominan oleh beat, tapi jika dibongkar lebih jauh, madev yakin varian yang paling laku adalah varian menengah maupun varian paling atas, bukan varian beat pop paling rndah, selain itu pelan tapi pasti penjualan Scoopy dan vario melesat tajam! menyaingi penjualan Honda beat, ini tandanya market bergerak lebih sejahtera!

Di kubu Yamaha juga seperti itu, matic premium-nya melesat tajam, penjualan Nmax hampir menyaingi penjualan Yamaha Mio yang harganya hanya separuh dari Nmax… ini tandanya uang bukan lagi jadi ukuran, asal konsumen merasa value-nya oke dari uang yang dikeluarkan pasti dibeli..

Tidak heran di 2017 Yamaha mulai menyasar kelas menengah ini, lihat saja produk-produk yang akan dikeluarkan menyasar premium matic seperti Aerox, Xmax serta motor-motor sport yang juga menyasar kelas menengah seperti R15 dan Vixion baru!

sayang-nya kondisi kelas menengah juga saat ini tengah terjepit karena kondisi ekonomi yang tidak terlalu bagus, dan kalo dipecah lagi komposisi kelas menengah terbagi 3 lagi yaitu masyarakat kelas menengah bawah (lower middle-class) dengan pengeluaran perkapita per hari $2-4 (penghasilan sekitar 2-4 juta), kelas menengah tengah (middle middle-class) sebesar $4-10 (penghasilan sekitar 5-12 juta) dan kelas menengah atas (upper middle-class) sebesar $10-20 (penghasilan dikisaran 12-20 juta)

nah kebanyakan masyarakat kelas menengah kita sayangnya berada di lower middle class, dan sangat rentan jatuh ke kelas menengah bawah, jika terjadi suatu kejadian yang drastis, misal kenaikan bbm, dipecat dari perusahaan, kecelakaan dll!

Selain itu market kelas menengah yang meledak belum tentu juga mereka saat membeli motor membeli yang mahal, banyak juga bagi mereka yang penting value, dan motor low segment mampu memenuhi harapan mereka, kenapa mesti beli motor yang mahal?? mending ditabung buat naik haji, atau beli mobil…

So menurut madev kelas low end, terlebih matic! juga masih sangat penting setidaknya sampai 3 tahun kedepan, entah sepertinya apakah ini salah satu strategi Honda untuk mampu mendikte Yamaha, sehingga menghindari market low segment?? yang sebenarnya punya pasar yang gak kalah besar dan nikmatnya lagi pasarnya sudah ada tidak perlu susah-susah buka pasar dan edukasi market?? tidak ada lawan Verza? tidak ada lawan Beat yang serius digarap Yamaha??? padhal mereka punya tiga matic keren disegment premium (aerox, nmax, xmax)

So selama Yamaha tidak punya lawan yang serius untuk beat, sesukses apapun aerox dan Nmax tidak akan berpengaruh terhadap total share Yamaha terhadap honda! matic 125cc dengan VVA, wajib dihadirkan Yamaha untuk bertarung disegment low matic…

Monggo share komentarnya friends.

Jangan lupa add dan follow ya Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan 

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Marketing, Motor and tagged . Bookmark the permalink.

25 Responses to Hati-hati jebakan market kelas menengah!

  1. gilaroda2ga says:

    Kelas meneng & ngah2… 😁

    Like

  2. aqdw says:

    sepertinya begitu.. yamaha lengah di segmen low end..

    Like

  3. pik says:

    sip setuju banget. memang seharusnya matic 125 vva seharusnya dikeluarin ama yamaha untuk ngelewan beat. klo mengandalkan mio series rasanya memang sulit karena orang udah terlanjur tahu bahwa mio itu boros dan lemot, padahal mah klo yg versi bluecorenya lebih enak ketimbang beat.
    dan untuk namapun sebaiknya yamaha gak ngasih nama mio seandainya matic 125 vva dproduksi.

    Like

    • Aladin says:

      Yap , image mio udah kadung jelek di masyarakat.. CVT berdecit , velg geal geol , shock keras sampe sekarang belom dibenahi oleh yamaha 😰

      Maka dari itu bro madev pernah bahas kalau yamaha kuatin dulu image skutik mereka yang di segmen premium , ntar pasti nular ke adik-adiknya yang di low segmen..
      CMiiW

      Like

  4. Aladin says:

    Masyarakat kita sepertinya alergi sama yang namanya kelas ‘nanggung’…
    Kalau mau murah , murah sekalian..
    Kalau mau mahal , ya beli yang mahal sekalian..
    Apalagi kalau beli kredit , gapapa lah sakit-sakitan dikit , tapi dapat produk yang lumayan keren dan HiTech (misal : Vario 125/150 & Nmax)
    IMHO ya 😀

    Btw Matic 125cc VVA dari yamaha ?? Bocoran atau masukan ini bro?? Hehee

    Like

  5. nano says:

    max series 125cc vva keluar 2017 apa 2018 ya om?harga pasti 18jt-20jt.apa nunggu gebrakan kompetitor dulu?

    Like

  6. Subaru says:

    Kelas menengah indonesia itu tepatnya maunya tinggi tapi harganya jangan tinggi tinggi

    Like

  7. blade_in says:

    Untuk lawan Beat Yamaha mestinya buat motor dengan dimensi seperti Mio Soul generasi pertama atau Soul GT (110), yg bagian depannya terlihat lebih tinggi, gak deprok kayak Mio Series yg ada saat ini. Ingat di kelas ini, desain dan kenyamanan berkendara nomer satu sebelum fitur dan irit

    Like

    • supra 2002 ku awet rajet says:

      Betul. Drpd upgrade mesin, mending yamaha benerin pelk sama shock aja dulu. Biar jok mio yg empuk itu makin terasa.

      Like

  8. hiswell says:

    Mesin 125 vva uda ada (punya nmax eropa), tinggal body neeh. Syukur2 kalo di kasi body kayak force yg di taiwan

    Like

  9. motorideweb says:

    manteb opininya, metik 125ccc tapi akselerasi bisa buat luar kotaan semacam nmax 🙂

    https://motorideweb.wordpress.com/2016/12/28/ramai-lagi-motor-sport-berfairing-150cc/

    Like

  10. wkwkwkwkkw says:

    kayaknya beberapa bulan terakhir penjualan revo malah lebih besar daripada supra 125 om madev.
    matic 125cc vva? ambil langsung mesin nmax 125 tinggal pasangin body aja.

    Like

  11. chibiyabi says:

    yang punya potensi buat ngadepin beat di segmen low end ini sebenarnya, suzuki, produk mereka dah terkenal bandel dan irit, ibaratnya modal udah dipunyai, lebih unggul dari yamaha yg babak belur dari konstruksi motor yg banyak keluhannya, suzuki, tinggal ngebajak johanes loman aja, atau trio mind genesis, Mr. Wijayanto buat startegi marketing sama madev buat jadi corong dunia maya ekekekekekek…

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s