Ini dia 10 Merek Motor Jawara Eksport!

aeroxartadiskinsight-banner-promo-fix

Selain untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik yang tinggi, pabrikan motor di Indonesia juga ternyata cukup banyak mengeksport motor keluar negeri!

Mau tau siapa pabrikan paling banyak mengeksport motor?

mungkin ini penyebab larisnya Nmax di eropa hehe

mungkin ini penyebab larisnya Nmax di eropa hehe

Ternyata Yamaha masih memegang rekor menjadi pabrikan yang paling banyak mengeksport dengan porsi 58,88 persen dari total ekspor 2016. disusul oleh Honda 20,88 persen, Suzuki 10,03 persen, TVS 7,64 persen, dan terakhir Kawasaki 2,57 persen.

Lalu model apa yang paling laris? jika kita menyimak data AISI yang dipublikasikan awal Januari 2017, ternyata Yamaha NMAX masih menjadi motor yang paling banyak diekspor dengan angka distribusi 41.840 atau naik sebanyak 10.080 unit dari rapor tahun 2015. Motor ini banyak diekspor sekaligus menjadi salah satu motor yang cukup laris di Eropa.

Selain Nmax yang laris manis Yamaha MX king juga cukup laris dieksport, angka yang tercatat adalah 34,900 ini adalah pencapaian yang sangat tinggi dibandingkan tahun sebelumnya 2015 yang hanya mampu terjual sebanyak 6800 unit saja! MX king sukses dipasarkan ke negara-negara tetangga di asia tenggara!

Nasib buruk justru diterima R25! walau masih  mampu dieksport sebanyak 27ribuan unit, tapi angka ini turun cukup drastis dari tahun sebelumnya terjual sekitar 40ribu unit! ya dalam negeri turun eksport juga turun, tidak heran diakhir tahun ini 2017, Yamaha berencana facelift R25 ini secara besar-besaran (infonya bisa baca disini friends R25 MY 2017)

Di angka ketiga ada Suzuki address yang ternyata cukup diminati di market eropa! dan penjualannya masih stabil dari 2015, oh ya kabarnya tahun ini 2017 akan ada model baru dari Suzuki ini!

Lanjut ke nomor 5 ada Soul GT, lagi-lagi dari Yamaha, yang mampu dieksport sebanyak 24,500 unit, sayangnya sama dengan R25 eksportnya juga turun dari tahun sebelumnya 7000 unit!

Next di nomor 6 dan juga ada Honda lewat honda beat dan Sonic, lalu ada beat ESP di nomor 10, pasarnya hanya seputar asia tenggara saja yaitu filipina dan Malaysia! mungkin tahun ini Honda akan mengeksport CBR 250RR kita tunggu saja.

berikut ke 10 motor jagoan eksport  indonesia

  1. Nmax (41.840)
  2. Yamaha Mx King (34.900)
  3. R25 (27.040)
  4. Suzuki Address (24.796)
  5. All New Soul GT (24.500)
  6. Honda Beat (20.050)
  7. Sonic (18.925)
  8. MT 25 (14.280)
  9. Neo 100 cc atau NXR 110 (8.795)
  10. Beat ESP (8.528)

nah demikian friends info yang bisa madev bagikan, Yamaha memang masih menjadi nomor satu dalam penjualan eksport karena strategi mereka yang ingin mengawinkan selera Eropa dengan Asean, dengan menelorkan produk-produk global diharapkan selain mampu dijual di market domestik juga moncer dieksport! pendekatan ini tidak seperti pendekatan Honda yang fokus, misal menggarap pasar Indonesia ya pasar indonesia yang digarap! untuk market Asean ya Asean yang digarap, tidak heran motor-motornya menjadi top dalam hal penjualan dipasar domestik, karena mereka berfokus mengerti selera market sesungguhnya di market yang akan mereka masuki!! dan tentu saja saat ini lebih mengiurkan market domestik, coba bandingkan total eksport dengan jualan beat yang 1,8 juta setahun hehehe

Ada motor friends yang masuk daftar?Mongo share komentarnya!

 

Jangan lupa add dan follow ya Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan 

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Motor and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

20 Responses to Ini dia 10 Merek Motor Jawara Eksport!

  1. novarioadi says:

    Dev, penasaran wae..sebenernya untuk marjin keuntungan per unit antara ekspor dan domestik itu seberapa jauh selisihnya? kalo ngga salah kan semakin jauh jarak negara tujuan ekspor berbanding lurus dengan banderol harga ya? suwun kalo bisa dijawab. hehehe

    Like

  2. motomazine says:

    Motor kuning belakang rumah piye? *eh

    Like

  3. Wawan says:

    Selamat siang on madev…….apa bener X-Ride dan fino all new yg akan datang langsung make mesin 155 cc+vva juga ????

    Like

  4. mariodevan says:

    jiahhh…. kemana aja om…. banyak perubahan yang terjadi dan semua sudah sya tulis….di riset bukan brarti akan benar dipakai

    Like

  5. nasrul says:

    hebat ni blognya kang devan ,syang kurang update ,klo sehari ada lebih dari satu artikel bkalan rame ini blog

    Like

  6. robotic.munky says:

    kipas kipas dollar…….. hehehehe

    Like

  7. Supra 2002 ku awet rajet says:

    Spacy ga top ten ya?

    Like

  8. Metiwae says:

    Baru dua bulanan ngikuti blognya madev, lumayan tepat prediksi2nya sama enak baca komennya ra ono udur2ane..tapi ya kurang banyak tulisane. Sehari palingan 1 tambahi maneh masdab.

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s