Dengan Asist dan Slipper clutch Yamaha mencoba kembalikan kejayaan Yamaha Vixion! (analisa)

aeroxartadiskinsight-banner-promo-fix

Yamaha vixion yang terbaru baru saja meluncur! salah satu yang menjadi keunggulan utama selain desain yang baru adalah dibenamkannya fitur Assist dan Slipper clutch (ASC) pada mesin Yamaha Vixion! sebuah fitur baru yang dikembangkan dari ajang balap! yup Yamaha memang suka mengambil teknologi balap lalu diturunkan ke motor produksi masalnya tidak terkecuali untuk Yamaha Vixion ini!

sedikit cerita mengenai teknologi ini!! teknologi ASC ini cukup sukses dikembangkan saat event balapan untuk motor 250cc baik kejurnas maupun AARC, dan menjadi kunci keberhasilan Yamaha mematahkan dominasi Kawasaki saat itu (tidak heran tim balapan Yamaha mencak-mencak karena pada musim ini mereka tidak boleh memakai teknologi ini sehingga dengan mudah ditekuk CBR 250RR)!

Yamaha vixion terbaru 2017

dan surprisenya teknologi ini justru terlebih dahulu dipakai oleh sport 150cc bukan oleh R25, dari awal adalah Yamaha R15 kini dpakai oleh Vixion!

sebenarnya apa sih fungsi utama dari fitur ini?madev kutip dari modifikasi.co.id

slippery clutch adalah salah satu teknologi pada kopling yang memiliki fungsi untnuk mencegah ban terkunci yang diakibatkan dari downshifting atau penurunan gigi yang salah. Maksud dari salah disini adalah ketika putaran mesin masih cukup tinggi ,tetapi mesin motor dipaksa untuk turunkan (gigi persneling) maka hal ini akan menyebabkan mesin tersangkut dan ban terkunci dan hal ini berbaya karena motor akan kehilangan kendali.

Oleh karena itu pabrikan menciptakan teknologi yang namanya slippery clutch atau kopling yang licin. Efek menggunakan slippery clutch ini tentunya akan membuat motor menjadi lebih halus saat melakukan downshift pada keadaan yang kurang tepat misal melakukan engine brake saat sudah menginjak rem laju motor tidak berhenti.

buritan yamaha vixion 2017

buritan yamaha vixion 2017, lampu belakangnya sudah full LED

Nah madev sering merasakan ini ya waktu kejadian semisal touring ke bromo kemarin, menurunkan gigi saat engine brake dan akhirnya terjadi slip, cukup berbahaya memang, apalagi jika skill-nya kurang mumpuni dlam mengendalikan kendaraan!

Fitur ini merupakan fitur yang orang belum terlalu aware! berbeda dengan fitur keyless pada GSX-R150 yang orang sudah paham maksud dan tujuannya, sehingga agar supaya fitur ini mampu memberikan value lebih kepada Vixion, Yamaha butuh efort lebih! campaign lebih kuat lagi! beruntung Yamaha juga bisa campaign hal yang sama dengan R15!

perbedaan harga yang hanya 25 ribu dengan Honda CB150r memang membuat Vixion punya value tersendiri! tapi tidak jauh lebih baik memang! CB masih punya beberapa image apik, mesin DOHC meski bukan overbore! dan kecepatan 6 speed! sedangkan Vixion masih SOHC 150cc, 5 speed dengan slipper clutch!

tampak depan headlamp Yamaha vixion versi R

tampak depan headlamp Yamaha vixion versi R

Madev menduga sih Vixion ini hanya untuk menangkis dan memecah konsentrasi GSX-S150 dan sekaligus membuat CB150 kurang relevan masuk ke persaingan baru ini, dan sekali lagi, Yamaha ingin menaikan level sport 150cc disini! dengan memecah Vixion menjadi dua varian! Varian Vixion R yang belum secara jelas dikeluarkan harganya diharapkan menjadi senjata utama!

Harapan konsumen kepada sepeda motor semakin tinggi, dan tentu saja pabrikan harus siap memberikan semuanya! tentu dengan harga yang masih valuable!! Vixion R sebenarnya bisa jadi senjata yang mematikan.. Jika saja strategi pricingnya tepat! dengan mesin baru 155 vva dan punya fitur ASC, Vixion R memiliki teknologi terbaik dikelasnya, swing arm banana juga menjadi daya tarik tersendiri! tapi itu semua tidak berguna jika salah dalam seting harga! apalagi sekarang ada GSX, versi fairing gsx-r saja hanya dijual diangka 29 juta! jadi sebaiknya vixion versi R memang tidak melebihi angka tersebut!!

memang namanya bisnis baik Yamaha, honda maupun suzuki, punya strategi dan cara-nya masing-masing…. saling tunggu dan melihat strategi kompetitor selalu dilakukan! dan saat ini semua mata dan fokus kompetitor maupun calon konsumen pasti tertuju pada Vixion versi R! mau dijual harga berapa?

terlihat memang Yamaha sangat fokus di segment 20-35 jutaan, produk-produk terbaiknya digelontorkan disini, MX king, Aerox, Nmax, vixion, xabre dan R15! disnilah posisi Yamaha ingin bertarung habis-habisan, karena dientry level under 20 jutaan, sangat susah bertarung dengan Honda

So akankah teknologi terbaru ASC ini mampu mengembalikan lagi kejayaan sport 150cc Yamaha??monggo share komentarnya….

Jangan lupa add dan follow ya Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan 

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Marketing, Motor and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

32 Responses to Dengan Asist dan Slipper clutch Yamaha mencoba kembalikan kejayaan Yamaha Vixion! (analisa)

  1. Bang herman says:

    Tpi sayangnya desig kurang jos

    Like

  2. ardiantoyugo says:

    mencoba trobosan “pertama dikelasnya”… kece…

    Like

  3. OOTOVM29 says:

    Semoga design bikin kek gesex

    Like

  4. DNFmagz says:

    Mau tanya dong, enak mana feel untuk cornering d kecepatan relatif tinggi dan relatif patah, enak mana gsx-r, cbr, r15v3 ? Ane sekarang penunggang cbr led, ane kira cukup nyaman untuk nikung, power bukan segalanya d tikungan, jadi ane tanya gini hehehe

    Like

  5. nidnud says:

    harga 20 juta kebawah resepnya gampang, BAN GEDEIN coy.. naikin dikit kompresinya biar agak kenceng maticnya… premium udah ketinggalan zaman..

    Like

  6. foog_maxim says:

    Vixion is volume maker sehingga pantas ditawarkan dalam dua Varian, n dengan design baru ini makin jelas STP dari produk ini dimana Y ingin menajamkan identitas Vixion yg lebih mature n lebih bertahan lama. Design mungkin subjektif di mana Akan muncul love or hate, tapi sooner or later customer juga akan terbiasa dengan tampang nya saat sudah banyak di jalan. Spt yg dilakukan HPM pada HRV dmn Vixion biasa mungkin akan lebih laku , namun VixionR/ HRV Prestige akan dilirik sebagian customer yg ingin sesuatu yg lebih namun tidak sensitive Pd harga, tinggal waktu saja yg akan berbicara untuk komposisi penjualannya. Saran buat Yamaha: mungkin difensiasi design fascia masih bisa dipertegas utk dua Varian ini agar customer Vixion R bisa lebih memperoleh prestige dari yg regular dengan membedakan design cluster lampu depan – bukan design headlamp – plus design sepakbor/fender depan. Kita pasti bisa bedain dari depan antara HRV biasa/ Prestige, mobilio biasa/ RS, avanza biasa/ veloz kalo mereka lagi lewat di jalan.

    Like

  7. Karis says:

    Ini motor itu ya…

    Like

  8. fby says:

    pertama: model alias tampang, kedua: harga jual kembali, ketiga: brand, kesekian: fitur

    Like

  9. Subaru says:

    Menurut gw sih ini motor perlu waktu untuk disukai…dia kayak honda jadul dimana desainnya terlihat biasa saja tetapi everlasting… Kebalik dengan honda yang sekarang desainnya malah tajam2 futurisik tapi cepet bikin bosan

    Like

  10. otobalancing says:

    Menurutku setiap pabriakan kan memang sejak dulu intip mengintip celah apa yang bisa dijual, fitur ini memang akan populer nantinya di kelas 150cc kedepan, meski di kelas 250cc masih beberapa yang mengaplikasikan, namun disamping teknologi motor saat ini lebih ke arah syle, konsumen yang memiliki pengetahuan lebih akan motor akan menganggap fitur ini berguna, namun konsumen yang hanya sekedar membeli dan menaiki hanya melihat ini sebagai fitur yang biasa saja

    https://otobalancing.net/2017/04/29/menjajal-mobil-suzuki-berhadiah-gsx-r150-dan-satria-fu150-hanya-di-iims-2017/

    Like

  11. Arale says:

    Makin diliat..lekuk bodynya seperti cewek sexy

    Like

  12. naruhara says:

    Desain vixion yg ini emang ga fotogenic. Liat2 di foto dari depan ke samping sampe belakang gak ada yg enak diliat, terutama bagian bodi yg manjang kayak panah. Pas liat di iims gimana bilangnya ya, oke lah, cukup aja ga ada sesuatu yg wow ibaratnya. Tapi ga jelek kalo udah liat langsung. Mungkin nanti lama2 kebiasa kayak model gsx-s.
    Cuman terasa tanggung desain keseluruhannya, detailingnya ga sebagus nva

    Like

  13. mbah dharmo says:

    Yamaha selalu jadi pionir
    beda ma ahampret seLaLu foLower

    Like

  14. coey says:

    teknologi ASC pertama di motor 150 cc lagi2 Yamaha jdi pioner…. dan mgkn mksdnya supaya penguna old vxion nvl dan nva ngk terlalu tercderai bs pasang ASC dgn mudah alias pnp….. untuk ini mohon Om madev cari info

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s