Jualan Motor Di India kalahkan china, Indonesia gak ada apa-apanya!!

aeroxartadiskinsight-banner-promo-fix

Di Indonesia hampir tiap Tahun ada sekitar 5 jutaan unit motor yang terjual, angkanya memang cenderung terus turun dibandingkan masa jayanya saat tahun 2010! tapi apakah itu sudah banyak?? Eits jika dibandingkan dengan Cina dan India penjualan motor di Indonesia tidak ada apa-apanya lho!! hal yang wajar sih mengingat populasi kedua negara tersebut terbesar nomor satu dan dua dunia!

honda xre 300 india akankah masuk ke indonesia

salah satu produk baru dari Honda yang akan diluncurkan di India mengingat sangat besarnya potensi market disana!

Cina selama ini selalu menjadi market terbesar penjualan motor! tapi akhirnya pada tahun 2016-2017 ini India berhasil menyalib Cina, untuk menjadi yang terbesar!

dari data yang madev dapat dari Drivespark! di Cina saat ini terjual 16,8 juta unit motor, sedangkan di India terjual 17 juta unit! (3 kali lipat dari penjualan di indonesia friends) 17 juta unit tersebut sendiri terbagi sebanyak 5 juta unit motor matic, dan motor cc kecil 100-110 cc terjual sebanyak 6,5 juta uni!

Penjualan motor di China memang berangsur-angsur menurun setelah mencapai puncaknya pada tahun 2010 sebanyak 27 unit (ajigile…..motor itu ya bukan cuma bannya doank heehe) penurunan ini karena mulai diberlakukannya peraturan ketat untuk melarang penggunaan motor di daerah perkotaan! tingginya regulasi akan impor di pasar domestik China juga menjadi alasan penurunan penjualan dan Hampir 200 wilayah di China melarang sepeda motor berjalan di kota-kota besar.

Royal enfield salah satu brand dari India yang masuk ke indonesia

Sedangkan di india justru kebalikannya terus meningkat penjualannya pada Tahun 2011-2012 negeri Bollywood itu mencatat penjualan sebesar 13 juta unit, naik 16 juta unit pada tahun 2014-2015, dan naik lagi menjadi 17 juta unit di 2016-2017 yang akhirnya menyalib cina.

Selain itu program mobil murah di China membuat pengguna sepeda motor beralih ke mobil murah. Sedangkan kenaikan di India karena konsumsi masyarakatnya meningkat tidak dibarengi dengan peraturan yang ketat seperti halnya di China, disana masyarakat masih cukup bebas memiliki motor baru, sama seperti di indonesia ya, masih cukup mudah memiliki motor!

Penjualan motor di Indonesia sendiri dikatakan menempati posisi ketiga setelah India dan China. Tercatat pada tahun 2016 5.931.285 unit motor terjual di Indonesia, yang tentu membuat pabrikan-pabrikan lumayan sumringah di pasar tanah air!

sekian friends sekilas info yang bisa madev share

Jangan lupa add dan follow ya Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan 

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Motor and tagged , , , . Bookmark the permalink.

11 Responses to Jualan Motor Di India kalahkan china, Indonesia gak ada apa-apanya!!

  1. Jarwo says:

    tetep Honda pabrikan jepang tersukse.
    Motor2 hero ,jg bekas teknology honda.
    yamaha ms nya cm sakcrit

    Like

  2. OTODROID says:

    gilaaa 17 juta

    Like

  3. gilaroda2ga says:

    Apapun merk & pabriknya, asal mopang laku keras, ya wong jepang tetep ngguya-ngguyu…

    Like

  4. nasrul says:

    kang saya penasaran di cina katanya motor berbahan bkar bbm sdah di larang kebnyakan pakai tenaga listrik
    ,,Jika pasaran di Indonesia didominasi oleh sepeda motor bahan bakar fossil, maka di cina kebalikannya, sebagian besar sudah memakai tenaga listrik. Sangat minim di kota ini ditemukan motor dengan bahan bakar fossil berkeliaran dijalan apalagi sekelas moge (pernah melihat dan bisa dihitung dengan jari salah satu tangan saja) apakah data di atas valid ?? mengingat cina sdah darurat polusi kyag nya sangat tdk mungkin di cina terjual motor segitu bnyak nya ,apa mungkin motor yg 16 jt itu motor listrik semua ???

    Like

  5. rina says:

    Motor china murah murah um…kalo indo kan udah pindah ke motor mahal…kayak 250ccgitu

    Like

  6. allinone says:

    laku no 3 tapi banyak maunya..teknologi berlimpah tapi harga murah…wakakak

    Like

  7. paijo says:

    Ane kok jarang lihat motor bensin di cina yah? Yg banyak tuh motor listrik.
    Itu beberapa tahun yg lalu. Na sekarang pasti tambah dikit lagi marketnya.
    Polusi di cina terutama tengah kota beijing parah bgt. Di luar kota beijing langitnya biru, begitu masuk tengah kota, matahari ilang kaya bekabut. Polusinya gila.

    Itu data mungkinbtrmasuk pnjualan motor listrik

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s