Disruption Market Otomotif diambang pintu! (part 2)

Lanjutan dari artikel pertama nie friends disini

Yang bagaimana sudah madev jelaskan saat ini kondisi market telah mengalami Disruption, perubahan yang drastis dan cepat, Teori ini pertama kali diperkenalkan oleh Cristensen Clayton pada tahun 1996 sudah cukup lama, dan ternyata teori ini menjadi sangat terkenal! karena ketepatan prediksi dan kedalaman analisanya! dan pada 2015 kajiannya ini sudah ditulis di harvard business review!!

friends juga bisa membaca buku berbahasa indonesia berjudul Disruption dari Prof Rhenald khasali yang juga membahas soal teori ini! (recomended book bukan endorse ya friends hehehe)

Oke kembali membahas mengenai dunia otomotif, setelah mengamati pergerakan market dan pasar

Selepas dari 2011 yang mencapai puncaknya penjualan sepeda motor yaitu 8 juta unit pertahun, penjualan motor terus tergerus, dan selama 6 tahun terakhir tidak mampu lagi melampaui 8 juta unit, tahun lalu justru hanya mencapai 5,5 juta unit saja! dan ditahun ini serta tahun-tahun berikutnya diperkirakan akan semakin turun!bagaimana dengan mobil, hampir sama kondisinya, sempat ramai karena adanya LCGC tapi penjualan mobil nasional tidak pernah lagi tembus angka 3 juta unit!

Konsumen dihadapkan pilihan untuk mencari alternative sarana transportasi lain dibandingkan harus membeli motor baru, yang semakin hari semakin mahal, belum lagi sarana-sarana pendukungnya seperti maintenance, harga bbm, gejolak politik dll

Disruptionpun terjadi! dan berkat teknologi behavior konsumen pun berubah! dikota-kota besar seperti jakarta, teman-teman madev sudah sangat jarang lagi memakai kendaraan pribadi! mereka memilih menggunakan aplikasi kendaraan online seperti Grab, Gojek dan Uber! bahkan beberapa teman sudah ada yang memilih menjual mobilnya, dan menunda membeli kendaraan baru seperti mobil dan motor! bahkan data terakhir, penjualan mobil yang semula tertinggi di jakarta kini digeser oleh jabar (via detik.com) pertumbuhan pembelian kendaraan dijakarta semakin melambat!

apalagi dengan pemanfaatan teknologi baru ini tarif taxi online bisa berkurang hingga separuh, dan cost perharinya masih rendah jika dihitung2! ditambah bonus badan yang lebih segar bugar karena tidak perlu capek berkendara!waktu yang lebih efisien dan cepat!

Layanan Gojek pun berubah menjadi marketplace dan on demand, kini disana semua ada, pesan makanan, sampai vitamin juga bisa!langsung diantar saat itu juga!sehingga membeli kendaraan baru tidak lagi jadi prioritas bukan?? konsumen diberikan pilihan yang lebih beragam, tidak harus punya kendaraan untuk bisa jalan beli makan diluar, sama halnya tidak harus punya baju pengantin untuk menikah, cukup sewa saja!!

Sharing economy inilah yang sekarang booming, oh ya astra juga punya anak perusahaan yang namanya Trac, yang madev pikir akan semakin besar kedepannya, mereka menyediakan jasa penyewaan kendaraan, jadi sebuah perusahaan yang membutuhkan kendaraan untuk mobilitas karyawannya tidak perlu lagi harus memiliki aset sebuah mobil, cukup sewa saja, hemat biaya maintenance, gaji supir, dan tidak dipusingkan dengan tetek bengek lainnya, sehingga perusahaan bisa fokus mengurus core bisnisnya!

prediksi madev kedepannya faktor ini akan semakin kuat membuat orang menunda bahkan mengabaikan untuk membeli kendaraan, apalagi melihat blue print rencana perusahaan unicorn seperti Gojek yang sudah digelontorkan triliunan rupiah untuk ekspansi di seluruh kota di indonesia!dimulai dari kota-kota besar!

Kendaraan listrik dan pabrikan otomotif cina

faktor lain adalah munculnya kendaraan alternative seperti kendaraan listrik dan ada juga pabrikan mobil alternative asal cina wuling dengan harga yang lebih terjangkau! motor listrik memang saat ini belum sempurna betul, Viar Q1 yang baru saja diluncurkan hanya mampu berlari tidak lebih dari 60km/jam, dan menempuh jarak 70km! tapi beberapa tahun kedepan penyempurnaan tentu akan semakin baik!

sama seperti di industri mobil citra Harganya yang mahal, bergerak lamban, dan tak bisa dibawa untuk perjalanan jauh berbagai citra yang melekat bagi mobil listrik saat kali pertama muncul. tapi kini? produsen mobil listrik mulai membalikkan citra tersebut.

batrai mulai diproduksi masal dan disempurnakan kembali! tesla produsen listrik paling hits saat ini bahkan mampu merebut market mobil mewah, dan elon musk sang CEO mempercepat untuk masuk ke market dengan harga yang lebih terjangkau! (tirto.id)

Kendaraan asal cina sperti wuling juga sudah siap untuk memukul para pemimpin pasar! Wuling bukanlah kendaraan cina yang jelek dan berkualitas rendah karena mereka bekerja sama dengan pabrikan eropa VW yang berinvestasi di Cina dengan skema Joint Venture pada 1985! pabrikan cina ini mampu secara cepat mengejar ketertinggalan dengan negara-negara barat! sama seperti handphone cina yang menjelma menjadi raksasa seperti xiaomi, huawei, oppo yang secara teknologi tidak kalah dengan brand yang sudah mapan seperti samsung, sony maupun apple!

masuknya di indonesia juga tidak main-main, tidak seperti pabrikan korea yang sudah satu dekade hadir di indo tapi hanya Import kendaraan, Wuling hadir dengan nilai investasi sebesar $700 juta untuk fasilitas produksi/pabrik mobil yang telah rampung. dan mulai produksi pada tahun ini! MEREKA TIDAK MAIN-MAIN!

dengan investasi besar di jaringan dan pabrik, serta kendaraan yang harganya sangat mencengangkan! seperti wuling confero yang dijual seharga LCGC tapi dengan mesin sekelas avanza dan body padat seperti innova, membuat kendaraan ini mampu menjadi best buy! tugas-nya hanya satu! merubah mindset konsumen…. tapi tentu saja pabrikan besar yang ada jangan pernah remehkan mobil cina! tidak mau kan kejadian di bidang industri elektronik dan IT terjadi lagi di otomotif??

faktor terakhir adalah semakin baiknya Transportasi masal di kota-kota besar! contohnya di jakarta yang ditargetkan rampung MRT pada 2019, yang tentu akan segera merubah habit penduduk! di surabaya juga program transportasi masal seperti AMC juga sudah digagas dan bersiap untuk pengerjaan dan lagi-lagi diproyeksikan pada 2019 selesai (sumber)  

Dengan harga tiket yang diproyeksi hanya 1000/km atau bahkan ada wacana GRATIS (sumber) bukan tidak mungkin semakin tidak relevan lagi membeli kendaraan banyak2!

Updated 15/6/2017

Program kereta cepat Jakarta-Bandung, Jakarta-surabaya, jalur kereta Sulawesi, kalimantan, sumatra akan merubah peta otomotif secara drastis!! dimana-mana kereta akan langsung berpengaruh dengan industri otomotif, yang dikuasai jepang! jepang tahu akan hal ini! itulah sebabnya mereka seperti “berlambat-lambat” dengan proyek kereta cepat!padahal mereka sudah lebih dulu melakukan study kelayakan disana! saat cina datang dengan penuh keseriusan dan pemerintah yang barupun tidak suka bekerja lelet dan cina berhasil merebut proyek kereta cepat jakarta-bandung! dikerahkanlah berbagai upaya untuk mempengaruhi persepsi publik anti asing-aseng, anti cina!

Padahal pembangunan masif dan cepat yang terjadi saat ini bertujuan untuk membangun daya saing kita sebagai suatu bangsa dengan bangsa lain! masak mau sih dikatain negara berkembang terus dan kalah dengan tetangga seperti malay dan singapore?

Sebelum menutup tulisan yang madev pikir sudah terlalu panjang ini! ijinkan madev menceritakan mengenai Kodak dan Fujifilm, bagaimana fujifilm mampu bertahan karena berhasil merespon kehadiran industri foto digital sedangkan kodak harus mati dan tidak terdengar lagi!

pada tahun 1975 sebenarnya kodak sudah mampu menciptakan kamera digital untuk pertama kali, tapi pertentangan internal sangat besar! buat apa mencitptakan produk kamera digital? bentuknya cukup besar dan berat seberat 3kg saat pertama kali diciptakan adakah yang mau membeli? divisi marketing dan salespun bereaksi negative! kita sudah sangat untung dengan industri Rol film, kita tidak butuh kamera digital! setelah menghitung Kodak memperkirakan bahwa kamera digital kemungkinan baru akan populer 60 tahun lagi! dan ternyata tidak sampai 60 tahun, cukup 20 tahun kemudian Kodak sudah sekarat!

berbeda dengan cara yang diambil oleh pabrikan jepang Fujifilm yang langsung merespon mengembangkan Lab digital, dan akhirnya sampai sekarang masih mampu eksis di era digital ini!

so untuk perusahaan otomotif, akankah anda menjadi kodak atau fuji??

monggo share komentarnya friends…

Jangan lupa add dan follow ya Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan 

indonesian talent

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Marketing, Motor, Roda 4 and tagged . Bookmark the permalink.

22 Responses to Disruption Market Otomotif diambang pintu! (part 2)

  1. viki says:

    saya cuma beli barang yg ada pabriknya di indonesia, terima kasih sudah menyerap tenaga kerja

    Like

  2. mboh says:

    Wuling confero sungguh menggoda bro…

    Like

  3. mboh says:

    intinya pabrikan besar jangan terlena dan meremehkan kompetitor, jaman yang serba cepat ini kalo telat ambil keputusan dalam berinovasi ya bakal bablas

    Like

  4. Laskar MV Agusta says:

    Siapa kuat, dia dapat … Siapa lemah, dia kalah …
    Camkeun itu !!!

    Like

    • Paijo says:

      Ga mesti bro.
      Jaman sekarang itu yg penting inovasi dan kecepatan.
      Yg kuat lho banyak yg kalah, contohnya diatas itu ada kodak, nokia, blackberry.

      Like

  5. DNFmagz says:

    Eh tp itu apa akan menjalar dengan cepat seperti itu? Bagamana efeknya dengan misal 250cc ke atas? Klo kelas komuter dan produk yg ke”ekonomis”annya di hitung tentu akan cepat perubahannya, tp untuk yg segmen lebih ke “ego” atau “gengsi” gmn ?

    Like

    • mariodevan says:

      iya betul, kedepannya motor akan dipandang sebagai lifestyle, fashion, hoby, bukan lagi alat komuter semata! motor-motor akan semakin spesifik dan mengincar ceruk pasar yang sangat khusus, seperti adventure, racing, clasik, dll

      Like

      • Paijo says:

        Mungkin yamaha dah ngelihat ini yah?
        Jadi sekarang mereka bener2 fokus dikelas premium. Kaya aerox ke atas.
        Seolah2 mio di biarkan stuck tanpa perubahan radikal

        Like

        • mariodevan says:

          sebenarnya bahaya juga, karena kompetitor bisa tiba-tiba masuk dan menggelontor market dengan produk yang lebih murah, contoh Suzuki yang datang dan gelontor produk dengan harga murah, lalu mungkin nanti produsen dari cina, india…

          Like

  6. nganu ngini says:

    wah artikel yang bagus madev!

    Like

  7. fby says:

    bang Dev,
    kalo maslah disruption produk otomotif (terutama motor oleh pabrikan jepang) apabila tidak hati2 bisa di KO produk “sampah”, tetep kayaknya masih sangat lama…..kecuali disruption tersebut di hubungkan dengan semakin beralihnya masyarakat menggunakan transportasi masal. Meskipun semakin tahun tren penjualan khususnya motor semakin mengalami penurunan bukan berarti masyarakat tidak membutuhkan motor (produksi pabrikan jepang). Bisa dianggap semakin tahun porsi maksimal market sepeda motor memang mentok di jumlah yang semakin menurun. Jadi….bila kata bang Dev nanti ke depan arah kebutuhan motor bukan lagi sebagai kebutuhan utama transportasi tetapi lebih khusus lagi, maka bukankah tetap menguntungkan pabrikan jepang? wes ngono ae bang Dev….njajal komen rodok pinter sitik la kok malah bingung…….halah….

    Like

    • topman says:

      untuk lifestyle jepang kalah sama eropa.. apalagi produk eropa skrg semakin mengecil cc nya, dan itu bukan produk sampah!

      Like

  8. Kapita girang says:

    Saya suka bagian anti-aseng… anda berwawasan luas dan berpikiran dalam…

    Like

  9. Pingback: ​Yamaha Ultah, Yamaha canangkan Brand Day, untuk lebih memperkenalkan Filosofi Kendo!! | Sasshono's Blog

  10. Pingback: Industri roda 4 siap2 terdisruption!!Tesla model 3 mulai diproduksi jumat depan! | mario devan Blog's

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s