Pajak Mobil sedan direvisi!inikah tanda-tanda kebangkitan mobil sedan?

Di era tahun 90an hingga kebawah, Mobil sedan saat itu menjadi primadona bagi para kawula muda, kenyamanan dan performa tinggi menjadi kunci dipilihnya mobil ini! tercatat ada sang legenda seperti Corolla, Civic hingga mitsubishi galant yang platformnya sedan, yang harganya cukup terjangkau!

mobil sedan jadul madev hihihihi

paska krisis, pemerintah mendorong agar mobil penumpang yang lebih banyak diproduksi “mungkin” untuk efisiensi juga, sehingga memasukkan mobil sedan ke dalam kategori barang mewah sehingga kena pajak lebih tinggi, bayangkan untuk mobil sedan dikenakan biaya pajak hingga 30%, bandingkan dengan mobil penumpang yang hanya kena pajak sebesar 10%! inilah yang membuat pabrikan tidak lagi memasukkan mobil sedan low end, karena harganya pasti akan jadi tidak kompetitif, sehingga boominglah mobil seperti jenis hatchback atau city car yang berground clearance rendah tapi harganya masih bisa terjangkau seperti Honda Jazz atau Yaris!

nah madev mendapat kabar bahwa pemerintah merevisi pajak sedan, sehingga kini tidak termasuk dalam kategori mobil mewah!!

berikut berita yang madev kutip dari detik.com

Revisi pajak sedan, kata Sri Mulyani, merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mendorong berbagai industri yang ada di dalam negeri dari sisi fiskalnya, salah satunya produksi mobil sedan.

“Pertama pengembangan industri otomotif dan memberikan nilai tambah dalam negeri. Kita akan lihat bagaimana bisa mengembangkan lebih lanjut sesuai template yang diberikan oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin),” kata dia.

Sri Mulyani menambahkan, langkah itu dilakukan bukan hanya untuk mendorong produksi mobil sedan, namun juga hal lainnya seperti mobil listrik. Artinya, langkah ini dilakukan untuk melihat berbagai potensi di masa mendatang.

“Juga dalam pengembangan mobil listrik, akan menjadi tren ke depan tidak hanya alat transportasi tapi juga address isu perubahan iklim. Sistem pajaknya nanti kita lihat, PPnBM salah satu faktornya, tapi faktor lainnya adalah seperti apa developmentnya kita lihat bagaimana dari Kemenperin,” tuturnya

nah ternyata pengembangan mobil listrik yang biasanya basisnya sedan memang juga menjadi tujuan dari revisi undang-undang ini! kita lihat saja nanti bagaimana industri otomotif roda 4 menyikapi ini, akankah lahir kembali Corolla reborn, civic reborn, nissan GTR dengan harga yang lebih terjangkau bagi kaum kere hore seperti madev?? kita tunggu saja ya friends perkembangannya.

Bagi friends yang mau mendapatkan informasi lebih cepat dari madev bisa follow instagram madev dan melihat insta story yang updated langsung saja kesini Instagram : mariodevan 

Kunjungi juga otoplasa.com untuk dapatkan informasi seputar roda empat dan roda dua

Jangan lupa add dan follow ya Social Media official | twitter : @mario_devan FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Roda 4 and tagged , , . Bookmark the permalink.

10 Responses to Pajak Mobil sedan direvisi!inikah tanda-tanda kebangkitan mobil sedan?

  1. topman says:

    widih Crown… itu levelnya diatas camry

    Like

  2. adhe145 says:

    AE86 reborn 😍

    Like

  3. Subaru says:

    Ujung2nya nongol sedan kecebong macem swift dzire, brio amaze atau mirage attrage hahahahha😂😂😂😂

    Daripada sedan sih menurut saiya lebih penting merevisi pajak kendaraan 4×4, AWD dan sejenisnya
    Liat kondisi di nusantara jalannya ga mulus semua

    (Balik dong subaru)

    Like

    • Hr15de says:

      Nah ini setuju. Di Thailand, mobil2 double cabin pickup tidak kena pajak barang mewah karena 4x4nya seperti di sini. Ini mendorong industri agribisnis berkembang,tau sendiri Thailand sekarang maju pesat agribisnisnya.

      Like

  4. Dodit says:

    Di saat trend market dunia, jg Indonesia, bergeser ke SUV dan MPV… susah jg utk jadi momentum kebangkitan sedan…
    Belum lg kondisi jalan dan banjir, yg jadi keseharian…

    Like

  5. Joko Arya says:

    gabung di otoplasa juga om Madev? 😀

    Like

  6. Jaka says:

    Kabar baik, tapi pajak moge perlu revisi juga sepertinya Ibu Mentri. Hehe

    Like

  7. Aku mau pindah ke way of life ah says:

    Percuma harga sedan ga akan turun dari pricelist paling gede diskon kalo yg pinter nawar…karena penentuan harga sudah di kartel terutama dari mafia jepang…..wuling itu gebrakan pemerintah yg mulai membuat kawatir kartel jepang..selama ini pabrikan di luar jepang susah bikin pabrik disini krn tekanan mafia jepang sbg imbal balik pinjaman uang….harus ada gebrakan dari pabrikan non jepang agar harga ga di atur…..colek mindgenesis

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s