Mencoba Honda PCX hybrid! memang istimewa…

halo friends apa kabarnya hari ini? kali ini madev mau membahas mengenai Honda PCX hybrid yang telah mulai diproduksi masal, dan kabarnya sudah mulai didistribusikan bagi mereka yang telah memesan, dari data yang madev terima sudah ada 100unit pesanan yang masuk, cukup mengesankan karena mereka membeli motor yang terbilang ghoib, belum tahu rasanya hanya melihat modelnya tapi sudah suka dan langsung dibeli, apalagi harganya juga lumayan 40,3 juta (otr jakarta) beda nyaris 10jutaan dengan versi standart!

Jumat kemarin madev mendapatkan kesempatan untuk mencoba Honda PCX hybrid ini, di area parkiran JXexpo (PRJ) yang disulap menjadi arena sirkuit mini malam hari, disitu kami bisa merasakan bagaimana sih rasanya naik motor hybrid itu? dan dari pertanyaan yang madev sebarkan diinstagram madev, ternyata banyak yang penasaran, rata-rata ingin tahu apa sih bedanya dengan versi standart!

Melihat pertama kali motor ini memang tidak ada perbedaan berarti dibandingkan dengan versi standart, hanya ada emblem tulisan hybrid di body motor PCX ini, lampu senja yang ada efek led warna biru, itu LED atau hanya sticker ya, madev gak perhatikan. saat menyalakan dashboard baru terlihat perbedaannya yang sangat jelas, dashboard honda Hybrid ini lebih lengkap. ada berbagai indicator yang berbeda dengan milik pcx standart, bisa lihat gambar dibawah ya friends untuk mengetahui lebih lengkapnya.

nyala dashboard honda pcx hybrid

Di dashboard ini terlihat bahwa ada riding mode, ada 3 macam riding mode yang menandakan apakah mesin listrik-nya itu bekerja atau tidak. ada tiga macam riding mode, D, jika kita ingin bawa santai, S jika ingin merasakan jambakan tambahan dari mesin listriknya yang bekerja maksimum, dan idling yang menandakan mesin listriknya tidak bekerja, rasanya jadi seperti PCX standart!

Nah menariknya mesin listrik pada pcx ini jangan bayangkan cara kerjanya seperti mesin hybrid pada mobil, karena ternyata mesin listriknya PCX hybrid ini dijadikan satu pada ACG starternya! so mesin listriknya ini tidak akan bisa bergerak secara otonom, dan mesin bensin harus selalu hidup (tidak bisa switch engine) jadinya hanya sebagai tambahan power di RPM rendah, seperti kita tahu kan, kalau motor listrik sangat spontan diRPM bawah, jadinya akselerasinya bakalan lebih nendang/jengat!

ini juga mungkin alasannya kenapa pajak motor ini tidak mahal, karena tidak dihitung dua mesin seperti mobil hybrid, melainkan masih satu mesin, dan ACG starter digunakan sebagai alat penggerak tambahan! so motor ini tidak perlu dicharge seperti motor listrik maupun mobil listrik, tinggal nyalakan mesin, maka batrai akan tercharge otomatis!lebih free maintenance sih, gak perlu repot, apalagi batrainya diklaim mampu bertahan hingga 8tahun!

cara kerja mesin listriknya juga digambarkan seperti gambar diatas, digambarkan sebagai asssit level indicator, dan bekerja sesuai dengan tarikan throtle, jadi jika throtle semakin besar dibuka tentu mesin listrik akan memberikan power lebih besar, ada 5 level macam asist power.

Oke lalu bagaimana rasanya mengendarai motor tersebut, madev merasakan memang saat tarikan motor ini jadi jauh lebih spontan, mencoba dengan berbagai mode dari yang iddle, D dan S, memang terasa sangat berbeda, seperti ada tambahan tenaga saat kita membuka throtle Gas, sensasi ini memang cukup menyenangkan, dan bisa dibilang doping dari mesin listrik ini “terasa” jauh lebih besar dari doping VVA pada teknologi matic sebelah, tapi gak bisa dibandingkan juga sih, beda harganya nyaris 10 juta!

apakah dengan embel-embel hybrid dan asist ini PCX hybrid bisa dijadikan pilihan bagi para konsumen? menurut madev sih masih lebih worthed PCX standart, dengan beda harga 10 juta, tambahan tenaga seperti itu madev rasa tidaklah terlalu urgent, kalau mau serius ya tingal belikan knalpot dan ecu racing, lagipula ada yang dikorbangkan terutama dibagian bagasi yang jadi tidak terlalu lega karena harus berbagi dengan batrai listriknya!

belum lagi ternyata teknologi hybrid yang digunakan tidak bisa bekerja secara otonom seperti teknologi pada mobil hybrid, menurut madev sih beda harga 6-7 juta harusnya jadi best deal untuk motor ini!

tapi apapun itu tentu ini patut diapresiasi, karena bisa dibilang ini sebuah teknologi baru yang mutakhir, dan butuh kebranian besar bagi sebuah pabrikan untuk invest diteknologi baru, yang belum tentu juga akan laku!dan bagi mereka yang sultan, tentu mudah saja mengelontorkan duit 40juta untuk membeli motor matic hybrid pertama didunia dari honda!

Oke nantkan liputan madev lainnya karena masih banyak artikel yang akan madev gelontorkan untuk memenuhi hasrat netizen sekalian hehehe

monggo share komentarnya ya, kalau mau updated cepat dari madev bisa follow instagram madev juga ya disini mariodevan 

updated :

thanks buat om kobay yang da motoin hehe

Bagi friends yang mau mendapatkan informasi lebih cepat dari madev bisa follow instagram madev dan melihat insta story yang updated langsung saja kesini Instagram : mariodevan 

Kunjungi juga otoplasa.com untuk dapatkan informasi seputar roda empat dan roda dua

Jangan lupa add dan follow ya Social Media official | twitter : @mario_devan FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Marketing, moladin_motor, Motor and tagged , , . Bookmark the permalink.

7 Responses to Mencoba Honda PCX hybrid! memang istimewa…

  1. Prabu says:

    Menurut tmc blog,Thailand juga baru launching yamaha Grand filano hybrid.
    Menurut anda,mungkin ga bahwa di Indonesia,new nmax lah yang akan dijejali teknologi hybrid? Tentunya untuk bersaing dengan pcx hybrid.

    Like

  2. metikwae says:

    jd hybrid di pCX ini fungsinya cuma spt vva di yamaha ya om dev?

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s