Strategi dibalik kehadiran Honda GENIO, akankah sesukses scoopy?

halo friends apa kabarnya hari ini? kali ini madev mau membahas mengenai strategi marketing yang menarik dari Honda (udah lama madev gak membahas soal strategi-strategi begini hehehe) Honda baru saja meluncurkan motor baru yaitu Genio, strategi Honda menjadi menarik, karena sangat minim informasi mengenai matic ini hingga saat launchingnya, Honda memang cukup pandai menyimpan informasi produk-produk baru-nya!

Inilah yang membuat honda besar, strateginya hanya bisa diraba tidak bisa dipegang, hanya bisa dilihat tidak bisa dimiliki, duh malah ngomongin mantan wkwkwk

Target Market

target market honda genio ini memang sangat jelas, mereka menyasar generasi Z, generasi yang lebih muda dari milenial dan merupakan market kuat dan besar dimasa depan!

terlihat dari gaya campaignya, hastag yang dipilih #gen_eksis #gayahits dan style dari media advertisingnya, memang sangat jelas genio ini diposisikan dibawah honda scoopy tapi diatas dari beat, semakin klop analisa madev karena ternyata harganya memang beda sejutaan dengan Scoopy!

bagi yang masih bingung apa itu generasi Z, dari berbagai sumber Generasi Z adalah orang-orang yang lahir di generasi internet, jadi waktu dia brojol sudah mengetahui apa itu google, social media dan juga alat bertukar pesan ala Whatsapp! mereka tidak sempat merasakan era sebelum internet, nelpon gebetan pakai telpon koin, dan berkirim surat cinta memakai kertas seperti generasi milenial!

Untuk itulah karakter mereka cukup berbeda dengan generasi milenial, ataupun generas X yang lebih tua!

Kenapa membagi generasi ini penting? didunia marketing, sales dan promosi, mengetahui karakter dari calon pembeli sangatlah penting, ini mampu membangun hubungan spesial antara brand dan konsumen, kayak seperti friends punya gebetan, dengan memiliki hobi yang sama, kesukaan yang sama, kita bisa merasa dekat dengan gebetan kita, karena kita seperti bercermin dengan diri sendiri hehehe

Nah dengan mengetahui karakter dari tiap generasi, pabrikan bisa membuat strategi yang tepat sasaran, mulai dari yang simple, seperti memilih bahasa tagline untuk anak muda dengan yang tua tentu berbeda kan? kalau bapak2 umur 50an dipanggil guys tentu agak nyeleneh hehehe, ini juga nantinya bakalan relate ke bagian yang lain, seperti pemilihan tone warna dalam iklan, sampai ke aktifitas apa saja yang akan diadakan, misal beat pakai acara2 dangdutan, tentu motor sekelas PCX pakai musik jazz, ini tentu untuk kebutuhan penguatan brand itu sendiri, walaupun yang beli PCX bisa saja sangat suka dengan musik dangdut hehehe!

Nah honda menaruh genio ini memang untuk target yang lebih muda dari scoopy, dimana bagi anak2 muda ini, scoopy masih terlalu klasik, jadi mereka butuh motor yang ada aura lebih modern, sehingga hadirlah Genio ini!

INi juga untuk market masa depan, nantinya anak2 muda ini akan tumbuh dewasa, bekerja dan punya daya beli yang lebih kuat, atau mungkin bisa jadi pengusaha sukses, dan karena sudah tertanam motor keren itu Honda, maka tentu jika ada kebutuhan membeli motor lagi akan tertanam harus Honda!

nah sialnya bagi pabrikan lain, genio ini seolah-olah bergerak sendiri, tanpa disadari hadir launching dan mengikat market yang prospektif, nyaris tanpa kompetitor yang bermain di market berdasarkan generasi, good job buat honda..

Oke friends ada komentar lain? kalau rame madev bikin versi kedua dari artikel ini hehehee

Bagi friends yang mau mendapatkan informasi lebih cepat dari madev bisa follow instagram madev dan melihat insta story yang updated langsung saja kesini Instagram : mariodevan  Kunjungi juga otoplasa.com untuk dapatkan informasi seputar roda empat dan roda dua Jangan lupa add dan follow ya Social Media official | twitter : @mario_devan FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog

digital agency

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Marketing, Motor, motor baru and tagged , . Bookmark the permalink.

14 Responses to Strategi dibalik kehadiran Honda GENIO, akankah sesukses scoopy?

  1. Prabu says:

    Suzuki pernah meluncurkan lets,yang arah desainnya mirip genio. Sayangnya,lagi2 kebiasaan suzuki. Kurang mantul.

    Like

  2. naruhara says:

    Emang honda doang spesialisnya kalo nyusun2 strategi marketing buat kelas low end kayak gini. Tertata banget tiap jenjangnya, setiap arah tujuan produknya jelas. Jd calon konsumen bisa nentuin secara pasti harus pilih produk yg mana.

    Like

    • mariodevan says:

      yup… positioningnya pas, gak saling makan satu dengan yang lain.. kalaupun ada singgungan honda happy aja, yang penting tetap beli honda bukan kompetitor

      Like

      • naruhara says:

        Dari 3 ini: beat series, vario 110, scoopy — saya pikir yg saling makan justru beat sama vario. Kalo cuma mau nyari motor metik kecil, murah, irit ada beat. Mau tampil beda ala retro ada scoopy. Nah vario ini yg kemungkinan bakal naik kelas ke 125cc kalo rumornya benar. Jd ninggalin kelas beat yg secara penjualan ga akan tersentuh produk apa pun dan scoopy yg segmented tp penjualannya juga bagus. Terus kalo naik jd 125cc malah bentrok sama vario 125 dong? Nah ini yg menurut saya bakal jd kelas produk baru di honda. 125cc air cooled mungkin? Supaya harga ga nyentuh 20jt, plus pake jenis rangka baru kayak genio.
        Ninggalin kelas yg lama berarti head to head langsung sama soulgt 125, address melenggang sendirian ~

        Like

        • mariodevan says:

          vario naik kelas 125cc, rasanya belum….. karena itu tadi, positioning yang ditata rapi justru akan saling makan..

          beat dan vario 110 mungkin terlihat saling makan, tapi kalau dilihat lagi, honda memang pandai merancang vario 110 yang mereka posisikan sebagai motornya wanita karier dan matang, pasarnya memang kecil, dibandingkan beat, tapi kalau dilihat secara angkat, dibandingkan kompetitor, duh jauhhh…. hehehe

          fokus honda saya rasa gak terpengaruh dengan kompetitor seprti soul GT 125 dan address, sebagai pemimpin pasar mereka seolah2 mendikte pasar, justru kompetitor yang dipaksa mengikuti langkah mereka! honda fokus mengisi semua celah market yang ada, dan sangat rapat dari semua segment! direntang harga dibawah 20juta yang justru dengan market paling GEMBROOOT!….

          Like

  3. ion says:

    bagaimana dgn nasib beat pop dan vario 110, yang positioning diantara beat dan scoopy?
    apakah ada info all new spacy?

    Like

    • mariodevan says:

      all new spacy ini menarik!kelebihannya dulu itu bagasi yang sangat over lega…. dan beragam fungsionalitas ala honda, tapi ternyata motor ini tidak terlalu sukses dibandingkan matic honda lainnya, jikapun hadir pertanyaannya jadi, kira-kira spacy mau ditaruh dimana? dan keunggulan apa yang mau ditawarkan, bagasi lagi?

      Like

  4. Topman says:

    Kenapa menyasar gen Z? Karena mudah dipasang ban cacing drpd scoopy wkkk

    Like

  5. Yuri says:

    New mt25 kapan keluarnya ?
    Liat mt15 langsung keren bgt, sempet mau minang tp nunggu new mt25 dulu, takut lebih keren new mt25…
    Apa new mt25 lebih keren dari mt15 ? dan apakah new mt25 layak ditunggu ?

    Like

  6. blade_in says:

    Supaya gak bosen… Buat Variasilah.
    Bagaimanapun akan ada kejenuhan dg model Beat dan Scoopy. Utk tetap pertahankan market kedua segmen, ya buat varian beda dg mesin/kubikasi yg sama. Atau boleh jadi Scoopy akan diupgrade jadi matic retro 150cc. Dan posisinya di entry akan digantikan Genio. Secara history Honda pionir di matic retro, gk mau keduluan Yamaha utk brojolin matic retro 150cc.

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s