Mengenal Strategi Flagship Product!

Halo friends apa kabarnya weekend ini? kali ni madev mau membahas bahasan yang sedikit berat, buat menambah insight bagi teman-teman semua!

yup sesuai judulnya madev mau membahas mengenai strategi product FLAGSHIP yang biasa digunakan brand untuk memberikan kesan “TER” (tercanggih, terbaik, terkencang, termewah dll) bagi produknya.

seperti yang sudah kita ketahui, memutuskan untuk membeli produk barang/jasa selalu dibayangi oleh beberpa pemikiran yang sebenarnya irasional, yang timbul dari persepsi orang terhadap sebuah brand!

sebagai contoh saat membeli sebuah produk misalkan air mineral dalam kemasan, ketika ada pilihan antara brand aqua dan satunya brand aquqamu, dengan harga yang sama, tentu kita akan cenderung memilih brand Aqua, yang sudah tertanam dalam pikiran kita bahwa brand Aqua ini adalah pelopor minuman dalam kemasan, dan sudah terpercaya cukup lama!

nah persepsi orang terhadap brand macam-macam, ada yang mengangap brand ini irit, murah dan bandel contoh Honda beat! ada yang melihat sebuah brand ini kencang, gaul, sporty brand motor ninja, dll

Nah untuk menanamkan persepsi positive ini cukup banyak cara yang dilakukan pabrikan, contohnya salah satunya strategi Flagship yang sangat umum digunakan saat ini!

kita lihat contoh diluar otomotif yaitu pasar smartphone, kita ambil contoh Samsung, mereka punya produk-produk flagship di jajaran tipe S, dan samsung galaxy note! dan setiap produk dari tipe S dan note ini selalu dilengkapi inovasi dengan teknologi termutakhir, terbaru, dan ter……. mahal dikelasnya hehehe

ini saja untuk menunjukkan kesan bahwa serie galaxy yang dibawahnya seperti jajaran galax A, J, C, M ataupun serie samsung yang lain, dibuat tidak kalah jauh dengan versi flagshipnya, jadi market yang tidak mampu menjangkau series S, punya kesempatan untuk membeli hp yang tidak kalah bagus, itulah alasannya secara desain dan beberapa fitur dibuat mirip dengan tipe tertinggi (flagship) dan bahasa marketingnya selalu ada embel2 misalnya “dilengkapi layar amoled seperti galaxy S10 dll.

bagaimana dengan didunia otomotif? hampir mirip, biasanya yang dibawa sebagai produk flagship adalah moge.

seperti Yamaha R series, ada turunannya hingga cc paling kecil di 125, dan 155cc yang dibuat menjadi mass product, karena tentu secara market lebih besar, karena yang cc besar yang beli tentu hanya segelintir orang saja.

yang terbaru tentu adalah market matic adventure, dimana flagship produknya adalah X-adv 750, dan tentu saja yang menjadi mass produknya adalah X adv 150, dan bahkan nanti kedepannya bisa dikembangkan ver 250cc-nya!

X-adv 750 dengan berbagai teknologi yang diadopsinya tentu membuat publik bisa melihat versi X-adv 150 sama kerennya dengan harga yang lebih terjangkau, apalagi secara bentuk fisik memang dibuat sangat-sangat mirip!

so itu saja yang madev share kali ini semoga berguna ya, mongg kalau ada komentar bisa share di ruang komentar!

Bagi friends yang mau mendapatkan informasi lebih cepat dari madev bisa follow instagram madev dan melihat insta story yang updated langsung saja kesini Instagram : mariodevan  Jangan lupa add dan follow ya Social Media official | twitter : @mario_devan FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Marketing, Motor and tagged , . Bookmark the permalink.

6 Responses to Mengenal Strategi Flagship Product!

  1. wk says:

    Pertamax…
    pada kemana ini komentator setia????

    Like

    • mariodevan says:

      mungkin lagi pada liburan hari minggu soalnya hehehe

      Like

    • Kedapkedip says:

      Bocoran udah lengkap….. Komen sepi….
      Artikel cm rilis media doang…… Ga da yg baca
      ✌️✌️

      Like

      • mariodevan says:

        masak artikel ini rilis media?? artikel berat memang gak smua orang mampu mencerna, karena pada malas mikir hehehe

        Like

        • Kedapkedip says:

          Bukan om…. Beberapa hr ini kebanyakan tayang press rilis doang…. Liat judul doang males bacanya hehehe….
          Soale blog ini auranya spesialis bocor2

          Nah usul biar bocoran gak ngebosanin itu2 aja, klo di masa jeda bocoran dibuat artikel prespektif lain dari bocoran tsb…
          Entah itu filosofinya, desainernya, perdebatan desain knapa dibuat spt itu … Nah bahan2 itu bisa digali dari pembocor ghoib yg sering penampakan disini
          Atau sisi lain pandangan dari dan ke kompetitor

          …….
          *madev join chat
          Madev said: Usul doang, buat blog sendiri noh…..

          *komentator left

          Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s