Bagaimana membuat Konsep event serta tips untuk PENSI (pentas seni) part 2

Setelah sebelumnya kita sudah bahas mengenai awal-awal dalam mempersiapkan pensi (link), kali ini lanjutannya ya, bagaimana membuat konsep dan tema dan juga menarik sponsor.

flashmob

Buat Konsep dan Tema korelasi dengan sponsor

Buatlah tema dan konsep yang menarik, Up to date, dan mudah diingat, serta mampu mengundang sponsor, untuk memulai konsep coba baca dulu tulisan saya mengenai konsep diartikel ini Konsep event apa sih itu?.

Konsep adalah bangunan rumah dan tema adalah nama alamat dari bangunan itu/ identitas, contoh gampangnya begini.

Konsep : Acara anak muda, berupa pertunjukan music dipadu dengan fashion show.

Tema : Youth, Music , Fashionable and Fun

Tema yang menarik bisa dilakukan dengan permainan kata, dan juga melihat trend yang lagi merebak di masyarakat, tips gunakan bahasa ingris agar orang lebih tertarik dan memiliki nilai jual yang lebih, atau gunakan bahasa daerah sekalian agar terlihat unik, contoh : Oplosan seni, Smart and Young performance, dll (kalian yang masih muda-muda tentu lebih kreatif lah dalam pemilihan kata-kata, merasa tua nie gue wkwkwk)

Sebelum membuat proposal untuk sponsor kita harus pahami bahwa sponsor bukan orang dermawan yang memberikan uang Cuma-Cuma, mereka memiliki agenda atau kepentingan juga, jika acara kita gak memiliki keuntungan bagi kepentingan mereka tentu mereka tidak akan mau untuk suport

Jadi kita harus membuat proposal  yang berbeda-beda bagi tiap perusahaan besar yang kita incar, saya dulu sangat sering mendapatkan proposal-proposal pensi, dan rata-rata saya tahu apa yang saya (waktu itu sebagai sponsor) inginkan.

Tips :

  • Perusahaan-perusahaan yang memiliki dana besar untuk promosi dan suka memberikan sponsor /support ke acara-acara Pensi adalah perusahaan telekomunikasi/operator (Telkomsel, Indosat, AXIS XL, Three dll), ATPM sepeda motor (Honda, Yamaha, suzuki dll), Rokok (tapi ini hanya bisa ke Universitas, tapi sekarang sepertinya ada pembatasan tidak boleh masuk ke dunia pendidikan), Minuman (Pocari sweet, Mizone, Extra joss) dll, jangan lupakan Wali murid yang bekerja diperusahaan yang cukup besar, bisa dimintakan tolong juga, saran saya bikin proposal berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan sponsor hanya kepada sponsor besar di ATPM sepeda motor, dan juga Operator Telekomunikasi, untuk yang lainnya pake bentuk proposal yang sama saja.
  • Harus siap2 jika pihak sponsor ingin merubah konsep, dan tema, dan hal ini wajar dilakukan.
  • Dan Friends juga harus sadar bahwa kadang nominal yang kita minta untuk sponsor justru jauh dari harapan, seperti perkataan yang saya bold diatas, jadi jangan harap deh satu sponsor rela memberikan duit besar seperti 100 juta, rata-rata menurut pengalaman saya sekitar 2-10 juta, lho kok sedikit?? Ya ini memang kenyataan pahit yang harus friends tau hehehe, tapi saya ada tips untuk memperbesar nilai sponsor, selain mencari lebih dari 1 sponsor tentunya.
  • Tips untuk memperbesar nilai sponsor adalah melihat kebutuhan dari sponsor itu sendiri, kita harus sering-sering browsing internet mengenai sponsor yang menadi target kita, misalkan dia adalah ATPM sepeda motor, yang baru saja melaunching sepeda motornya, tawarkan ke ATPM tersebut, suatu proposal untuk mempromosikan Produk barunya, contoh Yamaha Fino Youth party with SMAN X, atau TElkomsel youth warior SMK XXX, tawarkan juga untuk membranding sekolahmu, seperti lapangan basket, dinding sekolah dan lain-lain, tentu harus minta ijin kepala sekolahmu ya guys, dengan begitu kita akan mendapatkan dana sponsor yang lumayan.

Oke capek sob, ntar disambung ya hehehe

Butuh Konsep Acara? Silahkan konsultasi saja!(jasa membuatkan konsep)

Bagaimana membuat konsep event serta tips untuk Pensi Part 1

Bagaimana membuat Konsep event serta tips untuk PENSI Part 2

 

Recent post

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Suka-suka. Bookmark the permalink.

18 Responses to Bagaimana membuat Konsep event serta tips untuk PENSI (pentas seni) part 2

  1. Pingback: Bagaimana membuat Konsep event serta tips untuk PENSI (pentas seni) part 1 | mario devan Blog's

  2. Pingback: Butuh Konsep Acara? silahkan konsultasi saja Free!! | mario devan Blog's

  3. Mase says:

    wah remaja sekarang hot pant an semuah…segerr…

    Like

  4. dina sakti says:

    mas tolong minta bantuannya konsep acara perpisahan yang menarik ! trimakasih mohon bantuannya

    Like

  5. alya says:

    Konsep pensi musik yang unik dan cocok buat masa sekarang apa ya? Makasih

    Like

  6. rizki putra A says:

    Bro boleh liat proposal yang berbeda beda itu gak bro? Tenang gak bakal copas 99persen..

    Like

  7. sanroyandaa says:

    kaka mau nanya kalo ternyata konsep dan tema diubah sama sponsor bagaiamana langkah kita sebagai panitia, apakah mengikuti kemauan sponsor atau tetep kekeh sama pendirian kita ? terimakasih sebelumnya

    Like

    • mariodevan says:

      Perubahan sma sponsor itu memang akan trjadi dan pasti trjadi hehehehe…. qta harus fleksibel ya, tpi jng trlalu pasrah, pake strategi win-win…. ganti tema tpi uang sponshor yg naik sdikit… tema tetap tpi uang sponsor kurang… atau tema berubah tpi g berubah ekstrim ada point2 yg bisa qta pertahanin…..

      Alternatif lain coba cri sponsor lain, kalo mentok ya biar bagaimanapun event btuh duit kan….

      Like

  8. Raka says:

    Selamat siang saya Mau tanya,, saya ditunjuk untuk menjadi sie dekorasi untuk pensi sekolah saya, nah pertanyaan saya,dekorasi yang baik dan layak seperti apa, karena bintang tamunya artis ibukota .. Terima kasih

    Like

  9. Alfin marhaendra says:

    Mau tanya, konsep acara yang pas untuk acara dies natalis apa ya?

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s