TIps lengkap Hemat bahan bakar / BBM!

Halo Friends, kenaikan harga BBM akhir-akhir ini tentu sedikit-banyak menguras keuangan, memang akhir-akhir ini bermunculan kendaraan, motor atau mobil yang diklaim hemat bahan bakar, tapi tetap saja tips yang akan madev berikan kali ini berguna, untuk semua teman-teman dalam memaksimalkan penggunaan bahan bakar, tips ini bisa buat mobil maupun motor.

Turing Merdeka Yamaha R25 Bali - Solo (5)

Membeli Bahan Bakar!

  1. Masih ingat pelajaran Ipa di sekolah dasar? seperti kita ketahui BBM itu berupa cairan, yang tentu memiliki massa jenis, nah Massa jenis ini sangat berpengaruh saat dingin maupun panas, jadi belilah BBM usahakan pada saat kondisi dingin, seperti pagi hari atau sore sampai malam, karena pengukuran BBM itu dilakukan secara Volume, tidak mengukur massa jenisnya juga, jadi dengan membeli saat kondisi dingin, Friends bisa mendapatkan BBM sedikit lebih banyak.
  2. Hindari penambahan adiktif, karena banyak studi yang dilakukan diluar negeri, Aditif itu hanya menambah pengeluaran.
  3. Hindari membeli BBM secara full tank, sering kejadian membuang banyak bbm jika mengisi full tank, pelajari seberapa banyak yang harus diisi, dan isilah secukupnya.
  4. Jika Friends masih bisa menerima jika sering-sering mampir POM bensin, isilah BBM setengah tangki, ingat BBM juga memiliki berat, dan hukum energi, lebih berat massa maka dibutuhkan lebih banyak energi, kata gampangnya semakin berat kendaraan semakin banyak bbm yang digunakan.

Kebiasaan berkendara

  1. Berangkatlah lebih cepat, dan jangan terburu-buru, study selalu menunjukkan, mengendarai kendaraan dengan kecepatan yang rendah dan konstan, lebih irit bahan bakar.
  2. Gunakan lah AC saat berkendara dengan kecepatan tinggi, membuka jendela saat kecepatan tinggi justru membuat hambatan udara lebih tinggi, ujung-ujungnya lebih boros friends, menggunakan AC di kecepatan minimum juga membuat lebih hemat bahan bakar.
  3. Berkendaralah dengan tidak emosi, semakin cepat friends menarik tuas gas, semakin boros kendaraan, tambahlah kecepatan secara konstan dan tidak terburu-buru
  4. Jangan terlalu dalam menekan Rem, pergunakan sebaik-baiknya enggine brake, dan jaga jarak yang cukup, karena semakin cepat berhenti untuk menggerakkan kembali kendaraan dibutuhkan BBM yang lebih.
  5. Jangan mengisi bagasi dengan barang-barang yang tidak berguna, bagasi bukan gudang friends, ingat prinsip semakin berat maka semakin banyak BBM yang digunakan.
  6. rencanakan perjalanan friends, ketahui dimana titik-titik macet, dan jika memungkinan hindari jam-jam sibuk, pelajari juga rute sehingga tidak perlu kita salah jalan dan membuat penggunaan BBM lebih banyak.
  7. Hindari modifikasi yang tidak perlu sehingga membuat aerodinamika terganggu, seperti BOX motor, Ban yang ukuran jauh lebih besar, dan untuk mobil, Bagasi atap, dll.

Perawatan kendaraan

  1. Service lah secara rutin, lagi-lagi studi menyebutkan kendaraan yang dirawat rutin mampu menjaga performa terutama hemat bahan bakar.
  2. Jaga baik-baik Ban anda, jangan sampai kurang angin, retak, dll, ingat study dari bridgestone, faktor ban sampai 40% dalam penggunaan bahan bakar!

Oke friends semoga berguna infonya Madev ini ya, monggo kalo ada yang mau nambahin dll, silahkan share diruang komentar.

sumber : http://www.dmv.org/how-to-guides/gas-saving-tips.php

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Motor, Roda 4 and tagged , . Bookmark the permalink.

4 Responses to TIps lengkap Hemat bahan bakar / BBM!

  1. Rudy SouL says:

    mantab nih tipsnya…

    nitip : Tanpa aki,mesin Mio M3 125 Blue Core masih bisa hidup dan di pakai. – http://wp.me/p208su-2Hx

    Like

    • mariodevan says:

      kalo kita bawa boilnya kenceng, misal di tol, kalo gak nyalain AC, kan biasanya kaca dibuka, nah hambatan angin yang masuk itu bikin gak aerodinamis, jadi lebih boros, kecuali kita sedang berjalan santai di dalam perkotaan….

      Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s