Blogwalking ke blog kang taufik yang tersohor, mendapatkan ide segar untuk tulisan kali ini.
diartikel ini
http://tmcblog.com/2015/10/08/yamaha-vixion-dohc-bagaimana-kalau-vixion-sohc-vva-dulu/
para blogger kondang, bisa bercakap-cakap langsung dengan petinggi Yamaha, dalam hal ini Bpk. M. Masykur, secara gamblang beliau bercerita mengenai pengembangan mesin Vixion, yang memang sudah perlu pengembangan terbaru, mengingat mesin ini sudah cukup lama, dari tahun 2007, inovasi harus terus diberikan.
dari statement beliau ada sesuatu yang menarik, yaitu statement ini.
Nah Bagaimana jika memang kedepan Banyak permintaan mesin 150 cc DOHC ? Yamaha padasarnya bukan nggak bisa membuat mesin DOHC untuk kelas 150 cc . . namun Pak Masykur beberapa kali menyebutkan bahwa riset dan development dari satu mesin itu Nggak seperti membalik telapak tangan, butuh waktu tahunan sob 3 sapai 5 tahun pak Masykur menambahkan
Tersirat memang Yamaha kesulitan mengembangkan mesin DOHC 150cc-nya seperti yang pernah madev share disini (link)
Nah tapi kabar baik-nya, Yamaha juga memikirkan untuk mengembangkan mesin SOHC-nya dengan VVA, hal ini tentu akan lebih mudah diaplikasikan, karena Yamaha Indonesia sudah memiliki modal yang bagus lewat pengembangan Yamaha N-max.
Kalo untuk Yamaha Vixion sih madev setuju-setuju saja jika Yamaha masih mengaplikasikan mesin SOHC, karena secara penggunaan-nya mesin SOHC, lebih cocok!! tapi kalo soal berbicara mengenai Next R15, atau MT-15, yang diposisikan sebagai motor high performance, dengan tampilan racy dan sangar, Yamaha mesti segera merampungkan riset mesin DOHC-nya.
monggo share komentarnya friends.
- Ada Gift Tambahan Bagi Pemenang Short Gear 125 Video Challenge Jatim dan NTB
- Spesial Mei! Yamaha Siapkan Diskon Gede Bagi Para Pecinta Motor Sport
- CustoMAXI & Yard Built 2023 Resmi Ditutup, Pemenang Bakal Diumumkan Juni
- Busi Motor Kamu Lemah Jika Begini…
- Fazzio Youth Project Kesukaan Pelajar Jawa Timur
- Apa sih? Kata Konten Kreator Muda Terhadap Classy Yamaha Exhibition Bali
- Buat Gear Up Short Video Challenge Berhadiah Motor, Ayo, Buruan Ikut!
- Si Praktis yang Layak Dimiliki, Siapa Lagi Kalo Bukan Grand Filano!
- Customaxi & Yard Built 2023 Digelar Sebulan, Ratusan Peserta Pamer Karya Modifikasi
- 3 Keunggulan Freego 125 Connected Yang Pas Banget Untuk Keluarga Muda
- Beli Yamaha R15 Berhadiah Headset TWS Cuma di Tokopedia! Buruan Sebelum Kehabisan!
- Bengkel Jaga Lebaran Yamaha Spesial Bagi Pemudik!
- Banyak Lomba Menarik di Gelaran ‘Gear Ramadhan Festival’
- Hai Pelajar, Yamaha Tantang Kamu Ikutan Ngabuburit Reels Competition!
- Yamaha STSJ Berikan Edukasi Safety Riding Bagi Lady Biker Jawa Timur
- Konsumen All New R15 Connected Ini Ungkap Kesan Tak Terlupakan, Ngabuburide Bareng Penggemar R Series
- Test Ride Skutik Classy Yamaha di Cafe ini yuk! Ada Kejutan Hadiahnya!
- Siap Sambut Hari Raya, Yamaha Ramadhan Expo Digelar di Tunjungan Plaza
- Manfaatkan Sederet Keuntungan Diskon Berkah Ramadhan Bersama Bengkel Resmi Yamaha!
- Si Paling Curi Perhatian di Ajang CustoMAXI 2023, Siapa Lagi Kalau Bukan Modifikasi XMAX 250 Connected
Bunuh diri.
Cuman itu komen saya.
LikeLike
singkat, padat, menyakitkan hahaaha
LikeLike
Analisis dan penafsiran yang aneh..
LikeLike
Biasa om, artikelnya juga seperti penggiringan opini.. hehehehehe biar mindset calon konsumen bahwa yamaha seakan-akan tidak mampu bikin dohc 150cc dan dohc hondalah yang terbaik….hehehehehehe sekali lagi, menurut saya yamaha membaca dimarket kelas 150 cc ini belom urgen untuk dohc, karena masih dibebani dengan harus murah, irit, mudah perawatan bla…bla… hanya segelintir orang yang punya orientasi speed aka balap tp sebagian besar lainnya? hehehehe… performa nya pun 11-11,5 antara dohc dan sohc 150 cc..
LikeLike
ah ente mah g tau apa2 sdikit2 penggiringan opini, gak sesuai dengan keinginan ente bilang pengiringan opini…
skala dealer pinggiran aja da pada tau kok dohc yamaha mleduk waktu riset….
iya kalo blog gede macam tmc yang punya basis pembaca besar, lah blog ini apa coba mau menggiring opini… dibayar saja ndak.. ngohaahahahaaha
buka mata sedikit kebenaran memang kadang menyakitkan….
LikeLike
Hehehehehe…..saya sih gak punya kepentingan apa2 om… just sharing aja… memang honda dulunya saat meriset tidak terjadi trial n error om? bukannya trial n error merupakan hal yang biasa dalam penelitian? kok judulnya seperti mengandung justifikasi prematur ya om? apakah memang yamaha sudah angkat tangan?
LikeLike
Hny skedar info bro,,market indonesia tuh unik,gk gampang loh.
Dikasi brg bgs hrg mahal,ntr dblg operpret. Dks hrg murah,kualitas seadanya,dblg downgrade.
Ada harga ada rupa bro…kl pgn mtr naked lokal kualitas bgs,utk saat ini range harga skitar 30-35 jt,,dbwh itu? Y terima saja kekurangannya.
😆
LikeLike
ngak juga sih,
maksudnya tuh, kalu cuma dohc biasa, dan performanya 11-12 dgn kompetitor yach buat apa,
ingat ymh imagenya adalah motor kenceng
jadi mesti 11-13 minimal,
artinya, dgn 150 cc saja, metalurginya mesti beda, harga mesti mahal,
atau dohc vva, tapi ini mesin mesti di ekspor, biar subsidi silang,
tapi di luar sono perlu ngak tuh mesin gituan?
sedangken konsumen maunya yach murah,
kalu mahal, yach mending 250cc sekalian.
LikeLike
sya yakin honda juga mngkin ada errornya tpi syangnya sya tdk punya akses kesana, kalo bro punya akses dan info dngan senang hati sya akan muat… coba liat di web sya apakah ada iklan pabrikan otongmotip?? sya tdk terafiliasi dng salah stu pabrikan hehehe
justifikasi prematur gak juga, sya nulis ini dari setahun lalu lho, coba saja buka2 artikel yg lama….
masalah Y memang pelik banget, targetnya MT 15 terbaru sudah memakai mesin DOHC, tpi trnyata risetnya kurang berhasil, dohc-nya kalah power dan irit, kalo dipaksakan bisa jadi bulan2nan media, apalagi wktu di test head to head, karena itu riset dohc masih diteruskan dn tidak jdi diaplikasikan ke MT15, semoga sudah jadi untuk R15
LikeLike
lah itu cb rompal, khan itu errornya?
memang pabriken biasanya akan test head to head dgn kompatitor,
kaya test pajero dgn fortuner di kalimanan sana, itu kata temen saya yg supervisor di mitsubishi
LikeLike
maksudnya wktu saat riset… kan info soal honda tertutup, tau2 da brojol dan rompal hehehehe
LikeLike
Udah bro rev, ga usah diladenin SALES mah, kita bikin artikel tentang A di kira jelekin B, begitupun sebaliknya.
Maklum aj, takut LAPAR mereka.
LikeLike
***iya kalo blog gede macam tmc yang punya basis pembaca besar, lah blog ini apa coba mau menggiring opini… dibayar saja ndak.. ngohaahahahaaha
_secara tersirat tmc polri, eh tmc blog melakukan penggiringan opini
LikeLike
TMC blog punya power kalo mau mengiring opini, kalo blog kecil mana bisa???
soal apakah TMC melakukan pngiringan opini?? itu trgntung penilaian pembaca, mnurut sya tidak!!
pengiringan opini produk imajiner, dri ketakutan para fanboi!!
uda jelas kan statement sya?g tersirat lagi hehehehe
LikeLike
Serius….lebih baik blak blakan aja mas. Gitu gua lebih suka gaya loe kalau blak blakan.
LikeLike
hahahahahaha
LikeLike
Setuju. Saya nangkapnya ya gitu TMC melakukanbpenggiringan opini karena kepentingan iklan dari penguasa otomotif yang ngiklan.
LikeLike
Wkwkwk uwes2,ojo diurusi kang. Org kyk gt cm latah doank,susah kl ngasi tau org yg gk pnh bersentuhan dgn dunia otongmotip…hahaha
LikeLike
dibagian mana yang aneh??bisa diperjelas
LikeLike
Mgkin kesulitan nentuin material nya 🙂
Terlalu bagus jadi mahal, terlalu jelek jadi ambrol
LikeLike
Sebagai perbandingan H riset mesin DOHC 150 cc cuma butuh waktu 1 tahunan.
Ini akibat mesin dohc yamaha ada yg meleduk saat di test di lintas sumatra tempo hari itu bung. Gagal pengembangan mesin mereka nyerah dan jalan keluar terbaik yq sementara tetap sohc. Biar ada nilai jual ya dompleng nmax yang laku karena vva. Dianggap vva ini aspek nilai jual ke konsumen indon.
Lihat aja nanti saat mereka siap dgn mesin dohc akan telan ludah dan bilang ini mesin keluaran muktahir. Trus kemana aja selama ini tong?
LikeLike
kalau ay liatnya modal mesin 150 DOHC Honda memang sudah ada, tinggal riset kelanjutan aja dari mesin CBR lawas/ terdahulu…
Kalau Yamaha? Seingat ay mesin dibawah 250 ccnya gada yang DOHC, CMIIW ya.. jadi risetnya kudu panjang… secara logika ya begitu
http://kobayogas.com/2015/10/08/kekurangan-dan-kelebihan-honda-sonic-150-di-mata-pemakai-satria-fu-dan-yamaha-mx-king/
LikeLiked by 1 person
Iya masuk akal juga. Cbr baru tinggal kembangin dari mesin cbr lama.
Tapi yamaha gag kurang lama kembangin mesinnya.
LikeLike
bisa jadi…
hanya ditengah persaingan sengit, pabrikan dituntutt berinovasi dengan cepat
LikeLike
Bener kt kang kobay, mesin cb, cbr, ma sonic sekarang kan pengembangan dari mesin cbr150 yg udh lama beredar dari tahun 2000an, jd udah punya modal. Walo udah punya modal pun tetep problem mah tetep ada.
LikeLike
anda jujur skali…. hehehe
LikeLike
Kasihan….
https://singindo.wordpress.com/2015/10/08/katanya-abdi-negara-katanya-abdi-masyarakat-kok-gitu/?preview=true
LikeLike
Itu sih bukan tersirat lagi kang, tapi blak-blakan hehehe…
DOHC Honda udah sejak CBR150 karbu, jadi pengakuan pak Masykur tersebut bisa dipahami
LikeLiked by 1 person
ah itu c dari car pandang negatif nt aja om, klo dari cara pandang positif ya yamaha gak mau asal-asal bikin produk karena terburu-buru, karena seperti om kobay bilang mungkin belum ada modal mesin 150 cc DOHC, masa bikin DOHC 250 bisa,150 gak bisa, ya gak.
LikeLiked by 1 person
Ah gak bisa aja kok banyak alasan. The real fact mesinnya abis meleduk. Gagal pengembangan. Rencana dohc 150cc yamaha sudah dari tahun lalu diungkap blog ini. Dimana mesin meleduk gagal test jalan. Artinya 3 atau 4 tahun sebelumnya sudah mulai dalam tahap perancangan. Setelah 5 tahun gagal maning. Ya mulai dari awal lagi. Githu kira kiranya. Jadi terpaksa puter otak memperpanjang umur mesin sohcnya.
LikeLike
pengembangan cc kecil belum tentu segampang cc besar, justru sulitnya 2x lipat karena bergelut dengan harga jual, dan pemakaian harian dan faktor teknis lainnya…
LikeLike
kalo saya dari statment itu dari pada bikin mesin dohc yang masih setara sohc ngapain juga kalo performanya ga beda jauh maklum ini kelas 150cc. saya pikir yamaha pengen bikin mesin dohc yang performanya terasa perbedaan yang signifikan dibanding dohc tanpa mengurangi sisi ekonomisnya.
LikeLike
tul makanya itu yang sulit… belum lagi harus bisa dijual murah
LikeLike
Bikin mesin yang setara honda cb150 yang saat ini susah. Mesin dohc yamaha bahkan tidak lebih baik dari mesin old dohc cb150
Makanya mereka banting setir reverse pengembangan ke sohc lagi.
LikeLike
om dulu bilang dohc sebenarnya ngak mahal?
LikeLike
dohc juga kan ada grade2nya setiap mesin…. yang bagus ya mahal…. tergantung teknologi dan material yang dipake
LikeLike
setuju ama komen.nya kang kobay hehe
LikeLike
yimm jago nya sohc 150 http://macantua.com/2015/10/08/cbr500-facelift-concept-with-led-light/
LikeLike
Duh 3 sampe 5 tahun, apakah 2018 keatas baru ada mesin dohc 150 cc nya?
LikeLike
Yang pingin mesin dohc ya lari ke Honda semua aja.
LikeLike
Kata “vva dulu” berarti memang benar akan ada dohc… Wkwkwkwk…
New Sonic 150 VS New Satria FU: http://wp.me/p1eQhG-1ot
LikeLike
Betul tapi kaseplah. Xi xi xi. Pengembangan gak selesai selesai karena meleduk terus mesinnya. Jangan jangan karena metallurgical yg dipakai terlalu jelek. Kaya setang r3 yg retak itu.
LikeLike
Wah….sampeyan tim sewot ya?? hehehehehe kalem aja bro…. setiap pabrikan memiliki cara pandang masing2 terhadap market yang dituju.. itupun berlaku di roda 4… jangan tutup mata, buka lebar2, terima semua informasi, pilah pilih yang benar… SOHC dan DOHC itu punya kelebihan masing2.. perbedaan yang tidak terlalu signifikan.. tapi sisi mana yang lebih kena dengan keinginan konsumen kebanykan itulah yang seharusnya dituju…
LikeLike
Kalo inget kata guru pas mo ujian, kerjakan yang paling mudah duluan.. (yg susah ntar sukur2 dapet contekan..wkwkwk)
LikeLike
wkwkwk
LikeLike
G ada gunanya ngomporin gen vixion dirubah ke dohc…sesuai peruntukannya nva sdh lebih dari cukup…bolehlah ditambah vva……tapiiii mt15 dan next r15 wajiblah nantinya ke dohc…..makanya saya berharap spyshot yg beredar bukan gen MT…di liat dari desainnya sih lebih ke gen FZ…mungkinkah FZ18…? Pengganti byson yg mulai redup maksudnya..hehe
LikeLike
hmm.. yg jadi pertanyaan saya apa pasar saat ini sudah membutuhkan dohc? atau ngikutin mindset?
LikeLike
Benar2 dari nol memang susah ya hahaha
Honda bisa ambil basis old cbr, vixion ambil dari yang dikembangkan minarelli..
LikeLike
Terbukti yamaha gak mampu bikin mesin 150dohc yang kompetitif
LikeLike
pake sohc vva emang mungkin,
tapi masalahnya motor balap itu ada yg pake sohc plus vva ndak?
makanya khan penjualan r15 selain design juga mesin sama ama nvl,
LikeLike
motor balap yang sebagian besar dipake buat harian ya om? emang berapa persennya dari market CBR 150 buat balap? atw karena imagenya sebagai motor fairing? hehehehehehe kekalahan R15 dimarket hanya karena ergonominya yang tidak bersahabat buat rider dan boncenger, belom lagi desain yang memang dibeberapa sisi tidak proporsional.. mesin? menurut saya bukan itu penyebabnya IMHO..hehehehe
LikeLike
ergonomi iya, mesin iya, image iya
LikeLike
kita bicara image yg ada dibenak org awam, bukan spt om,
image motor fairing itu buat balap oke, buat harina juga bisa
gini, rider nvl yg mau pake motor fairing,
pasti mikir dulu, wong rasanya sama, design ngak lebih bagus
kalu cuma buat harian, yach udah nvl aja toh sama saja toh?? beda pake baju doang, bisa beli modipannya,
tapi kalu pake mesin beda, tentunya org awam juga pengin ngerasin,
bedanya dimana sich???
LikeLiked by 1 person
Hmmmm….bukankah itu berarti honda pun blunder dengan CB 150 dan CBR 150 nya? klo soal differensiasi disisi performa pasti adalah om.. walaupun sma2 sohc 150cc..
LikeLike
Tujuan utama marketnya adalah DOHC engine segment
mesti diinget, image DOHC DI MOTOR fairing didapet .
CB 150 saya rasa hanya pembagian type aja,
namun disisi ini konsumen diuntungken dgn image mesin yang lebih wah dibanding kompetitor
sonic 150 juga dohc
juga untuk effesensi cost, semakin banyak dibuat, harga per unit semakin kecil,
sedangken nmp, verza itu real motor pekerja keras
LikeLike
sip…
LikeLike
hmmm….kayaknya om bdt lebih ke perspektif pabrikan ya… wah mindset dohc lebih superior memang betul adanya.. padahal ada plus minusnya.. sedangkan dari sudut konsumen pengennya motor bagus, murah dan mudah perawatannya, murah harganya, irit, mesin bandel, bla bla bla… kenapa langkah honda seperti tak pernah salah ya…hehehehehehehe
LikeLike
kalu ahm ikut sohc kaya ymh,
dibilang cuma ngekor aja,
kalu pake mesin gen GL nanti dibilang ngak updated mesin om,
serba salahkan ??
plus minus pasti ada, karena ada perbedaan, konsumen juga tau itu
yach akhirnya ahm buat masaken yg menunya sedikit beda, itu intinya.
kalu kita beli serabi model jaman kita SD, plg dicampur santen doang,
nah sekarang ada yg jual serabi plus coklat, plus strawbery dll,
disitulah ahm bermaen,
LikeLike
yup…itulah serba serbi pabrikan…tapi saya mungkin om bdt jg melihat dari sisi konsumen seperti apa sih urgensinya dohc diterapkan di 150cc.. saya yakin seperti om bdt bilang orang awam belom tentu mengerti dengan benar apa keunggulan sohc dan dohc sebenarnya… justru yang mereka lihat mesin bandel, murah dan mudah perawatannya, irit.. orang seperti om madev, om bdt lah yang punya pengetahuan lebih luas mau mengedukasi konsumen awam seperti apa tawaran dari tiap2 pabrikan… tapi yang ada sekarang hampir semua blog justru berada diarus nya honda dan mendukung tren yang diciptakan honda… intinya jika memang dirasa itu memang yang terbaik buat keinginan konsumen why not… jangan sampai konsumen dipaksa ikut arus pada akhirnya konsumen harus membayar lebih buat perawatan motor hanya karena satu sisi yang ditawarkan saja… belom lagi jika konsumen mendapat imbas kerugian kerusakan2 yang gampang terjadi dikarenakan penekanan cost berimbas pengurangan spek part mesin2 demi untuk mewujudkan dohc td…
LikeLike
sya gak ikut arus kok om, kalo soal vixion kan berkali2 sya bilang setuju sja msh sohc….
cuma R15 dan MT15 saja sya harap yamaha mengaplikasikan mesin baru dohc, kalo punya motor sport fairing masak sih gak mikirin performa??? hal ini yang bisa diakomodir dengan baik oleh mesin dohc, body racy, keren, mesin baru dohc berperforma tinggi, harga masuk akal…. bukankah itu mimpi konsumen????
LikeLike
Setuju ni sama numpang lewat, komentnya cerdas. bisa ngajarin tim sewot biar cara pandangnya gak su’udzon terus.
LikeLike
Setuja sma om kobay, cm dgn adanya statemen spt it dikarenakan suksesnya mesin tekno minarelly tempoe doloe & minarelly sndiri blm ad blue print mesin dohc 150cc utk basic develop YIMM utk menggantikan mesin sohc 4v-nya jika dibenturkan dri sisi harga, performa & durabilitas
LikeLike
cuma diindo mindsetnya mentingin gaya… bukan pada keperuntukannya… dieropa aja motor fairing buat pemula aja ttp pede pake sohc.. walaupun masih 125cc tapi performa setara 150 cc diindo… bahkan motor cruiser 1000 cc keatas pake sohc.. so, artinya apa? monggo ditelaah sendiri2…
LikeLike
ya itu kan yang pede yamaha, kompetitor lain da pake dohc boss hehehehehe… soal cruiser msh bisa dipahami karena bukan mtor high performance…
smua kendaraan yang high performance dan dipakai balap pakai dohc, baik relly, dakkar, sirkuit, f1, motogp dll
motor fairing yg dipake di rpm tinggi terus, dan ada kebebesan buat upgrade power, mesin dohc paling cocok….
sya tidak membenci mesin sohc, tpi lebih kepada pemanfaatannya, saya ulangi lagi klo sya setuju saja kalo vixion bisa lah masih menggunakan mesin sohc karena termasuk motor comuter sehari-hari (walau lebih cocok matic untuk comuter), lah kalo R15, masak mau diposisikan motor commuter?? pdhal tampilan racy habis, dan menganut DNA R series, yang lahir dari racing dan sirkuit…. sudah saatnya diupgrade ke dohc engine…
selain itu secara marketing juga lebih cocok dibenamkan mesin dohc….
LikeLiked by 1 person
KTM 450 Rally juara dakar 5 kali berturut-turut pake mesin SOHC 4 klep mirip mesin Vixion loh 😆 ngalahin mesin unicam honda dan dohc yamaha
jaman udah berubah DOHC bukan segala-galanya sekarang apalagi cuma buat mesin 150cc
http://www.motorcyclespecs.co.za/model/ktm/ktm_450_rally%20%2011.htm
LikeLike
yaelah KTM 450 mah biar sohc 4 klep tapi sudah termasuk mesin SE (special enggine) tau gak arti mesin SE??? asal copas aja, diaplikasikan ke vixion mau dijual brp?70juta wkwkwkwk, cara paling murah dan baik untuk menghasilkan performa tingi ya mengganti sohc dengan dohc… titik gak ada yang lain
LikeLike
SE itu bukan hanya masalah metallurgi aja.
Knapa metallurgy nya mesti bagus?
Itu buat nunjang rancang bangun mesin yang dibuat ekstrem mengkail power.
Rpm beda, kecepatan gesek beda, impac antar komponen beda makanya butuh bahan yg kuat.
Yakin mau bikin se sohc bisa tembus 100jt vixion 150cc dijual seunit.
Lebih Realistic kalau rancang bangun dohc untuk kail power yang mirip.
Maaf untuk yang otaknya tidak sampai silahkan ambil kuliah teknik mesin dulu atau teknik otomotif ya. Saya males berdebat jauh jauh kalau yang diajak debat tidak sampai.
LikeLiked by 1 person
tepat sekali…
rancang bangun mesin bisa lebih tahan beban 10x lipat…
RPM bisa disetting tinggi, power bisa disetting tinggi dan ekstrim tanpa harus takut motor ngebul atau rompal!!
jadi bukan karena SOHC-nya wkwkwkwk
LikeLike
Boleh dong bro madev jelasin di blognya soal Special Engine 😀
LikeLike
ktm moto 3 shoc ???
LikeLike
yg membedakan SE (special enggine) sama mesin biasa itu cuma materialnya aja kok, yg SE serba titanium … mesin vixion kalo diganti part titanium juga jadi SE hehe 😆
di moto3 kan pake mesin overbore makanya DOHC, yg Rally dakar pake mesin overstroke cukup SOHC gak dipaksa pake mesin DOHC seperti 150 sebelah Overstroke tapi DOHC noken as nya cuma 2 pula sama seperti mesin SOHC
LikeLike
nah tau gitu kan??? hehehe, tpi tentu jadi mahal….
cara yang paling murah dan mudah ya aplikasi dohc enggine, performa dapet, imagenya juga dapet….
LikeLike
image gampang didapat tinggal buat performa lebih tinggi, jadi deh SOHC SUPERIOR hehe DOHCnya jadi abal-abal
R15 dan CBR150 performanya kan beda dikit tuh katakanlah 11-12 padahal mesin R15 ukuran klepnya lebih kecil dan ukuran Throttle Body juga lebih kecil dari CBR, coba ukuran klep dan dan TB dibikin sama mungkin performa R15 melebihi CBR, apalagi dibuat lebih besar
yg bahaya disini malah image DOHC kalau nanti SOHC bener-bener superior :mrgren:
LikeLike
semoga berhasil…. 😆
LikeLike
ayolah yg fair, di atas kan bdt ribut soal image
setuju gak dengan pendapat ane terakhir diatas ?
LikeLike
saya sih setuju..
cuma skali lagi, saya tidak terlalu yakin Y bisa membuat sohc-nya lebih superior secara performa dengan dohc, kalopun bisa cost-nya jadi mahal, sampai sekarang cara termudah ya riset DOHC, maka-nya yamaha juga masih berusaha riset mesin DOHC 150cc, tapi entah kapan selesai-nya, berharap tahun depan sudah terealisasi
LikeLike
saya ndak ngert imesin,
shoc bisa lebih hebat dari dohc, bisa saja, anda mungkin lebih ngerti, dan tentu special
tdpi kita bicara pabriken yg mau mendikte pasar, dan ada dasar alibinya,
itu saja
LikeLike
Artinya yamaha gagal bikin dohc 150 yang bisa kompetitif lawan mesin honda. Tahun lalu udah meleduk 3mesin. Nah itu yang tersebar luar. Yg ditutup tutupi? Untuk cari amannya mereka tetep keukuh sport sohc dan biar ada Inovasinya ditambahlah vva yang sebenarnya gag terlalu berguna buat mesin sport. Sambil tunggu riset dohc berhasil.
LikeLike
gigi 6 itu mesti,
pass beam mesti di sport
masalah mau dipke ato kagak itu laen cerita,
gitu juga dgn mesin DOHC di fairing,
mau dipake dibalapan ato tdk, itu laen cerita
LikeLike
150cc + vva sepertinya mantap banget th.
Numpang sharing aplikasi android untuk merawat motor matic di Google play Gan.
https://play.google.com/store/apps/details?id=rifel.appliction.servisberkalamotormatic
LikeLike
waw komentatorny asik…nyimak dipojokan.(takut ad yg bw lpg 12kg)
lanjut….
LikeLike
ramein sob… yg penting jangan jangan rusuh hehehe
LikeLike
jika persaingan sengit, pabriken pasti putar otk dlm menjual image,
sebab performamnce itu 11-12 lah
LikeLike
betul skali, keunggulan saat test paling cuma 1detik… campaign image dan marketing lah yang menentukan akhirnya
LikeLike
Betul harus pandang dari netral. Aku makin suka blog ini. Bukan blog yg terima duit dr pabrikan dan beritanya bisa disetir kiri kanan. Ungkap kebenaran terus.
LikeLiked by 1 person
makasih sob, qta uda berusaha netral tpi ada aja yg nyinyir…
cuma itulah dinamika didunia blogsphere hehehehe
LikeLike
Jarang yang bagus seperti blog ini. Lainnya cuma corong pabrikan.
LikeLiked by 1 person
mungkin Yamaha nunggu kelahiran new CBR apa masih pake mesin DOHC overbore lama atau pake mesin DOHC overstroke baru
kalau ternyata new CBR pake mesin DOHC opercurut ya ngapain yamaha repot-repot buat mesin baru toh sama-sama opercurut, kelebihan dan kekurangan sama
-sama2 opercurut
-sama2 pake roller rocker arm
-sama2 2 noken as (DOHC seharusnya 4 noken as)
LikeLike
intelijen yamaha tertinggal 4 langkah brarti dri honda, lha kok nungu brojol hehehe
LikeLike
Like so much ha ha ha
Kalah 4 step
LikeLike
kalo honda yg nunggu pasti dibilang smart 😆
LikeLike
emang sya pernah bilang??? 😆 artikel bahas apa bahasnya kemana…. kliatan banget tipikal fanboi…. baru baca artikel2 sya ya??? mau honda, yamaha sya sikat…… ngoahahahaha
LikeLike
fansboy garis keras..
pekok tiada akhir..
bela sampe mati atau kalah tertindas…
hahahahahahaha
LikeLike
sorry bro ane nyinggung si kendil yg kelihatannya girang banget yamaha ketinggalan 4 step hehe, si bdt pasti girang juga tuh 😆 kalo honda yg nunggu mungkin pendapatnya lain 😆
ane udah lama baca-baca disini kok walau jarang, ane juga tau ente fby 😆 cuma sebagai fanboy ekpektasi ente terlalu tinggi 😆
LikeLike
oh… oke i see…
LikeLike
Ane bukan girang boz. Tapi lucu aja kalau suatu pabrikan sampe ketinggalan 4 step seperti kata mas mario. Pantes aja market sharenya njulek terus terjun ke bawah.
LikeLike
Ane justru kegirangan baca komen cerdasnya mas mario yang maknyuss njleb balas komen ente yang serampangan itu bro.
Sekali lagi kalah 4 step hoah ha ha ha
Bravo buat bro mario
LikeLike
Ciamik blog iki.
LikeLike
kalo saya sih pinginnya malah vixion VVA. walau saya blom pinya vixion. hihihihi.
menurut saya sih DOHC itu masih sebatas keinginan bukan kebutuhan. alias hanya untuk image aja. sama halnya seperti cakram belakang yg gak banyak dampaknya secara fungsi dibanding rem tromol blakang.
LikeLike
DOHC, SOHC lebih cocok dianalogikan motor dng radiator atau pendingun udara, radiator lebih advanced untuk mesin high prrformance, tpi pndingin udara punya keuntungan trsendiri, murah, mudah prawatan
LikeLike
statement asal nyeploss ciri khas petinggi ymh indonesia
https://m.bukalapak.com/users/3282139
LikeLike
justru dimesin kecil makin susah.. part DOHC tuch lebih banyak dr sohc .. kalau kubikasi mengecil otomatis partnya juga mengecil.. klo materislnya jelek ya ambrollll klo mo dikasih material titanium yo kemahalan jualannya :v
LikeLiked by 1 person
yes
LikeLike
pas liat langsung Honda NCB 150 ko gak se gagah dan se heboh di pemberitaan bloger-bloger ya, body’y keliatan kecil mungkin krn designya terlalu lancip-lancip. apalagi liat dari belakang, lampunye ngejeber dan gak rata cahayanya. apakah ada unsur pencitraan ?
LikeLike
design itu relatif. .
menututku new cb 150 proporsional untuk ukuran 150cc malah kelihatan seperti tiger .. depan oke belakang oke. kurang wah bagian terelis aja
LikeLike
Apa enggak begini Mas
DOHC 150cc sama yamaha lom buru buru di pasarkan….
Untuk alasan itu yamaha mau mengoptimalkan SOHC dengan di sempurnakan dengan VVAnya…secara ini tech udah sukses di mesin N Max..
Klo bicara sulit kesulitan di DOHC 150cc…ini malah ga masuk akal…secara DOHCnya R25 yg pistonnya Dua saja sukses….
LikeLike
Nmax matic bukan Sport… perlakuan pasarnya beda…
pernah ambil mata kuliah teknik mesin rancang bangun?? mesin kecil justru bisa lebih rumit, karena berhungan dng cost produksi, part yang jauh lbh kecil, klo bahanny jelek atau perhitunganny keliru jdinya bisa ngebul atau rompal….
sperti handphone semakin tipis, kecil dan ringan, bukankah dihargai jauh lebih mahal??
LikeLike
ane harap untuk new r15 mesinnya udah dohc.
LikeLike
R6 bagi 4 = 150cc
LikeLike
Sbnarnya gagal ato lebih tepatnya tertunda pengaplikasian mesin dohc 150cc y karna memang y kudu ekstra hati2
Liat lawan & liat diri sendiri, mungkin sj skarang ada dan trus di sempurnakan melihat perkmbangan lawan yg semakin powerful & efisien yamaha bisa atm dan bri value lebih tentunya sambil trus bergerak (dilarang stop) bisa ganti model ato tambahan vitur advace dll bru ketika itu semua masih kurang dohc yg lebih matang bisa diaplikasikan, yg pnting kata kuncinya dilarang stop coz tinggal liat kblakang apa jadinya jika stop maka kasus mio bisa trulang lg en klo dah telat merespon susah mengembalikan lg
Honda juga lama ngembangin dohc 150cc dari karbu ke injeksi ke new yg sekarang seakan jungkir balik merubah maiset dohc yg main putaran atas dan lemot putaran bawah namun kini kelemahan tersbut bisa diatasi yg tntunya pnting bgt buat motor comuter
LikeLike
Pingback: Harus diakui, Yamaha MT-15 dengan USD-nya membawa standart baru sport 150cc!!Walau….?? | mario devan Blog's
Saya rider New Jupiter mx king… Awalnya saya pede karna si bbek kaki besar saya itu melintas di jalan… Tapi gak nyangka ada pnantang baru yg taunya nyontek itu… Malah lebih ganas saya baca artikel dan perbedaannya dgn NJMX saya… Hanya karna SOHC dan DOHC knapa mreka gak pkek lima atau 200 thun udah nongoLin DOHC… Klw gini truss bakal saya jual tu tunggangan yg awalnya ksayangan… Krna temen2 pun udah pada beralih ke DOHC… Jengkel lah pkoknya… Tapi apa daya coment ya tinggal coment..
Hanya kalau yamaha bisa berevolusi ikut mendukung tipe mesin DOHC… Saya ganti dan ttap pkek yamaha…
Tpi kyknya impissoble…
LikeLike