Garis desain eropa, Image Product Global! usaha Yamaha Mempertahankan Market Share!! (part 2-mengenal cara kerja riset dan development)

Halo friends dihari senin ini seperti biasa madev akan menulis topik soal marketing dan stretegic manajemen, artikel kali ini adalah lanjutan dari artikel sebelum-nya, setelah sebelum-nya madev sudah membahas bagaimana usaha Yamaha Indonesia yang membentuk image dan produk dengan basis produk global dan garis desain eropa di link dibawah ini

https://mariodevan.com/2015/11/14/garis-desain-eropa-image-product-global-usaha-yamaha-mempertahankan-market-share-part-1/

Disitu madev membahas bagaimana upaya Yamaha Indonesia saat ini untuk mengangkat image produk-nya sebagai image produk global, dengan garis desain yang Eropa minded, Nmax, aerox, MT series dll.

MT series

Nah kali ini madev akan membahas dari sisi Riset and Development!!yang sangat menarik untuk kita telaah!

salah satu tugas pertama dan juga sangat penting dari team R&D adalah mengumpulkan informasi, kira-kira mau dibawa kemana perkembangan produk kita?apakah market akan menerima desain bergaya eropa seperti ini?apakah mesin DOHC akan segera melibas mesin SOHC di segment sport 150cc?? semua ini diteliti dengan cermat dan penuh pertimbangan, karena salah membaca strategi biasa-nya dimulai dari kesalahan mengumpulkan informasi! oh ya semua jenis usaha apapun itu butuh mengumpulkan informasi, mulai dari trend market, kompetitor, produk, dan sebagainya! 

Tahun 1997 CIA membuka daftar rahasia anggaran mereka setelah 50 tahun dalam sejarah berdiri-nya, dan CIA menghabiskan sekitar 26,6 Miliar Dolar setahun hanya untuk mengumpulkan informasi lewat intelijen mereka, ini setara dengan anggaran belanja militer indonesia salama 4 tahun! begitu penting-nya kan mengumpulkan informas ini??!

Nah Madev tidak tahu persis memang berapa budget dari R&D Yamaha, tapi seperti-nya tidak terlalu banyak, indikasi-nya karena riset mesin DOHC 150cc-nya yang harus-nya untuk MT-15 tapi gagal dan tidak diteruskan, kemungkinan besar karena faktor budgeting yang mepet!! maklum biaya opersional mesti ditekan, karena penjualan yang tidak bagus, sedangkan laba harus naik tiap tahun! untuk nyenengin pemilik saham! Indikasi-nya juga terlihat dari promosi-nya yang tidak banyak dan cenderung efisien!

Selain faktor pengumpulan informasi dan budgeting, ada satu lagi tugas R&D yang madev rasa tidak kalah penting, yaitu analisa trend!!dari data-data yang didapat, Team R&D harus mampu menganalisa dengan baik, tepat, cermat dan jujur! serta memberikan presentasi kesimpulan kepada para pengambil kebijakan, kenapa begitu? kalo kita bicara soal Data, sebuah data yang didapat bisa diinterprestasikan berbeda tergantung sang pengolah data, mau asal bapak senang, atau asal bapak minta saham berpegang teguh dengan keyakinannya (idealis)

Sebagai contoh ada dua team riset perusahan sepatu dikirim ke sebuah desa, setelah mengumpulkan informasi yang cermat, mereka kembali ke BOD perusahaan tersebut, dan mempresentasikan hasil riset mereka, team pertama tidak bersemangat dengan mengatakan bahwa mereka tidak usah berinvestasi dengan mendirikan toko sepatu di desa itu, semua orang tidak memakai sepatu, dan tidak ada yang akan membeli sepatu disana, buang-buang waktu, energi dan uang!

Team kedua sebalik-nya mereka sangat bersemangat, mengatakan di desa tersebut tidak ada toko sepatu, dan semua orang tidak memakai sepatu, ini merupakan kesempatan mereka karena tidak ada kompetitor, dan semua orang didesa itu bisa diajarkan untuk hidup sehat dan aman dengan cara memakai alas kaki!

Lihat?? Data yang sama tapi analisa yang berbeda menentukan tindakan yang berbeda!! hal ini juga berpengaruh dengan pola pikir, orang-orang R&D menurut madev haruslah mereka yang dekat dengan motor, hoby motor, seorang biker sejati, sehingga mampu membaca keinginan dari konsumen motor yang sejati!

Strategi Yamaha yang memilih untuk mengambil garis desain produk-produk eropa, tidak lepas dari orang-orang riset dan development yang tentu sudah meriset dan mengumpulkan informasi yang cukup lama, ini menjadi pertaruhan Yamaha, apakah mereka akan mampu bangkit, dan produk-produk yang dilurkan selanjut-nya mampu selaris manis Nmax, atau malah sebalik-nya?? dan madev sudah mengulas semua-nya untuk pembaca setia Madev.

Monggo share komentarnya friends.

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Marketing, Motor and tagged , , , . Bookmark the permalink.

23 Responses to Garis desain eropa, Image Product Global! usaha Yamaha Mempertahankan Market Share!! (part 2-mengenal cara kerja riset dan development)

  1. rayman95 says:

    artikelnya mernarik om , saya rasa memang benar demikian adanya

    Liked by 1 person

  2. rudy says:

    Udh sembuh yang punya warung he he he,,artikelnya bagus 2 jempol

    Like

  3. ndesoedisi says:

    mungkin gini : gapapa kurang laku disini toh bisa diekspor
    #eh 😆

    Like

  4. ricky says:

    Analisanya top bgt.
    bang madev ngmong2 gmna dgn kabar R15 v.3 ? sdh lama gk ada info dri bbrapa blog papan atas, sdngkan pihak sebelah sdh mnyiapkan facelift CBR150.

    Like

  5. Ir Fifauzzi Penemu ¼ silinder ™ says:

    mau tanya bro…tau dari mana ente DOHC 150 cc-nya Yamaha gagal???

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s