Garis desain eropa, Image Product Global! usaha Yamaha Mempertahankan Market Share!! (part 1)

Halo Friends, kali ini madev mau membahas mengenai pabrikan Yamaha, walaupun market share terjungkal cukup dalam, beberapa tahun belakangan, tapi madev Yakin Yamaha akan mampu survive dan bangkit kembali melihat siklus 10 tahunan hehehe.

Modal utama Yamaha khususnya Yamaha Indonesia saat ini adalah mulai membangun product global, dan menjadikan Yamaha Indonesia basis produksi produk global mereka menggeser thailand, hal ini tentu berdampak positif! karena meningkatkan Eksport dan devisa negara.

Mesin Nmax bisa menjadi pilihan mesin Xeon bluecore

Mesin Nmax bisa menjadi pilihan mesin Xeon bluecore

Produk-produk barupun dilahirkan, dan terlihat produk global Yamaha Indonesia, secara desain berkiblat ke benua biru, walaupun karakter Motor jepang-nya tidak hilang.

Kita lihat saja mulai dari Yamaha R25 atau untuk produk global R3, bentuk headlamp ngumpet khas desain Eropa, MT-25 dari generasi MT yang gagah dan desain-nya Eropa banget! lalu ada lagi Yamaha Nmax, yang sukses besar di pasar lokal, desain matic premium gambot khas eropa! walaupun Nmax sukses sayang tidak berpengaruh besar pada market share, karena pasar-nya atau target market-nya yang cukup spesifik dan sempit! coba bandingkan Nmax yang dibulan oktober mampu terdistribusi 15 ribu-an unit bandingkan dengan beat yang mampu terdistribusi hampir 200 ribu unit perbulan, atau vario series 134 ribu sebulan, Nah Yamaha harus mengeluarkan produk-produk baru yang sebriliant Nmax di pasar yang besar ini, pasar Beat dan Vario esp series!!

2014-Yamaha-Aerox-R-EU-Matt-Grey-Studio-006

Yamaha Aerox R versi eropa

Dari bocoran-bocoran yang didapat, kita sudah tahu Yamaha akan meluncurkan Yamaha Aerox untuk bertarung dengan Vario series, lagi-lagi Yamaha bertaruh untuk menggunakan Desain khas Eropa, dengan beberapa perubahan menyesuaikan dengan pasar Indonesia! garis desain eropa ini menggantikan desain boelet pendek khas mobil amerika dan terbukti kurang laku milik GT series, desainer-nya pengagum film transformer dan bumblebee mungkin, hehehehe.

Berbeda dengan garis desain Vario series yang tajam, elegant dan hi-tech, desain ala aerox ini tampak lebih sporty, tajam dan hi-speed!

lalu desain mana yang akan lebih banyak diterima pasar?? kalo madev sih meski secara pribadi menyukai Yamaha Aerox, tapi kalo secara pasar, trend market, pasar keseluruhan/mainstream market disinyalir lebih menyukai garis desain Vario series, karena mempunya desain yang unisex, dan juga disukai tua muda!! hal yang mirip-mirip yang terjadi dengan Mio M3 vs Honda Beat.

Monggo share komentarnya friends.

 

BERSAMBUNG

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Marketing, Motor and tagged , , , . Bookmark the permalink.

28 Responses to Garis desain eropa, Image Product Global! usaha Yamaha Mempertahankan Market Share!! (part 1)

  1. semut orange says:

    Pesen siji

    Like

  2. fifauzi says:

    Yg bantet2 itu memang sebaiknya diakhiri..

    Mendesain next skutik yamaha seharusnya bisa ambil “basis” dari M3 yg menurutku paling ideal desainnya.

    Next Xeon/GT125 misalnya, tinggal stretching out bodi M3, ganti dual LED, lamp, ban gambot dst.. Saya rasa bisa lah belasan ribu unit/bulan.

    Like

  3. yudi says:

    matic level rendah nya kdu di prbaiki knyamanan di bagian suspensi dan ban yg lbh bsar 1lv karna ban yg kcil krang stabil wlpun cmn matik

    Like

  4. blade-in says:

    Daripada gambling pake desain Aerox yg diobrak abrik jadi gak karusn, mending ambil basis desain SMax yg mukanya pake model Soul Lawas yg memang elegan dan evergreen itu !!!

    Like

  5. RF says:

    Jadi penasaran sama desain aerox yg akan keluar nanti.
    Numpang sharing aplikasi android untuk merawat motor manual Gan
    http://en.knicket.com/android/servis-motor-manual/w944g

    Like

  6. naruhara says:

    sorry to say om madev, aerox kayaknya belom keliatan kasih value lebih. misal seandainya mesin sama bener bener kayak xeon series skrg ya nasibnya sama, kurang di terima luas. walaupun dari power udah cukup buat harian sama di ajak sruntulan. upgrade ukuran ban mirip new soul gt sama headlamp LED juga kurang

    terus kalo ada aerox yg mesinnya sama persis kayak xeon, kelanjutannya xeon gimana 😦

    Like

  7. prabu says:

    Sepakat dg Bung Madev.
    Jika ingin menambah market share,yamaha mmg harus bertarung habis2an dg vario dan beat.
    Tentunya dengan garis design yg mirip/filosofinya sama. (Modern,sporty,hi tech). Dan yg harus dilakukan adalah penambahan fitur. Karena sangatlah tidak mungkin jika ingin mendobrak lawan tapi fiturnya lebih minim.

    Yamaha tak perlu merasa malu untuk sedikit banyak membuat designnya mirip2 matic honda. Karena terbukti bahwa design demikianlah yg disukai masyarakat Indonesia.
    Lihatlah bagaimana usaha honda dalam melawan vixion! Seharusnya begitu pula langkah yamaha untuk melawan matic2 honda.

    Like

  8. subaru says:

    Kayaknya masih susah… Velg masih kering kerontang.. Kasi velg n max baru wow… Sama kenyamanan dari dulu orang teriak2 masih aja yamaha budeg. Filosofi perusahaan memang handling ajib dimana biasanya handling dipengaruhi suspensi yang sedikit keras. Tapi si skutik entry level siapa yang peduli??? Orang nyarinya kenyamanan.

    Liked by 1 person

  9. redhawk says:

    padahal desain keluarga gt keren loh..
    tp beda orang beda selera memang..

    Like

  10. jajan says:

    Usaha yang bagus dari yamaha, namun sepertinya gak berpengaruh banyak.. Desain dan full feature aja gak cukup, yamaha harus perbaiki cara jualan mereka.. Kalau diliat2, dalam membangun awareness (kegiatan sosial, event dsb) ke masyarakat, yamaha memang tidak lebih agresif dari honda..

    Like

  11. bdt says:

    ahm pernah design style erofa , dan nyupsep

    Like

  12. Pingback: Garis desain eropa, Image Product Global! usaha Yamaha Mempertahankan Market Share!! (part 2-mengenal cara kerja riset dan development) | mario devan Blog's

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s