Inilah, Motor dan Mobil yang paling ingin dimiliki orang Indonesia!!(beserta ulasannya)

Kemarin malam, madev sempat berbincang-bincang dengan kawan lama sekaligus mahaguru madev, obrolan mengenai dunia bisnis dan dinamika-nya, dan akhirnya mengerucut ke otomotif, karena kami sama-sama menyukai otomotif, dan pernah berkecimpung disana, Kawan Madev yang sebut saja Mr. w, saat ini berkecimpung di dunia Konsultant strategi business.

Ada satu brand yang yang ditangani-nya, ingin memberikan reward/hadiah terhadap konsumen setia-nya yang melakukan pembelian dengan jumlah funtastis, sampai sini sih cerita ini biasa-biasa saja, hal yang biasa suatu perusahaan memberikan hadiah bagi konsumen setia-nya, seperti melakukan pembelian 10 unit mendapatkan hadiah televisi dan lain-lain.

Tapi ternyata Mr. w punya visioner yang lebih, saat memberikan hadiah, dia ingin juga hadiah tersebut mampu mengangkat citra, brand, pamor dari sang pemberi hadiah!!

Sebagai contoh seperti ini, ada suatu event yang lagi ngetrend Fun Run, sebuah event dengan hadiah utama sebuah mobil, tentu “gengsi-nya” lebih wah daripada Fun Run yang memberi hadiah utama sepeda motor!

img-20160104-wa0008.jpg

Jadilah pemilihan hadiah bagi program ini sangat krusial, dan diputuskanlah untuk melakukan survei yang profesional mengenai hadiah-hadiah apa yang akan diberikan, hadiah utama-nya adalah satu unit mobil dan beberapa sepeda motor, nah Mr. W tidak hanya mau menyebut satu unit mobil atau 3 unit motor, mobil ini walau hanya satu tapi harus mampu diangkat semaksimal mungkin untuk mengangkat cittra brand.

Bahasa orang awam-nya menaikkan popularitas dengan brand yang sudah kuat.

misal merek pasta gigi, odolku, kurang dikenal merek ini, tapi dengan membeli odol ini nanti ada hadiah kejutan iphone 6s.

image iphone 6s yang canggih, keren, gaul, bisa membungkus ulang image merek odolku tadi, padahal boro-boro canggih, produksinya aja masih sekelas UKM hehehe, kira-kira begitu.

Lah kok artikel-ny jadi panjang nie, malah bahas ilmu marketing wkwkwkw, oke skip, akhir-nya dilakukan survei (survei meliputi jatim, jateng, bali, dan kalimantan) mobil apa yang paling ingin dimiliki, dan motor apa yang paling dimiliki, dan hasil-nya memang tidak terlalu mengejutkan.

Untuk Mobil, Honda HRV yang sedang naik daun menjadi jawaban terbanyak, mobil yang paling ingin dimiliki, selain model yang oke, dan harga yang cukup terjangkau menjadi alasan banyak audiance yang memilih Honda HR-V sebagai mobil yang paling ingin dimiliki.

CBR150r Repsol

Di kelas sepeda motor juga tidak terlalu mengejutkan, Kawasaki Ninja langsung tersebut nomer pertama, image motor keren itu ya ninja, masih sangat kuat, Yamaha R25 bahkan terlempar dari 10 besar motor yang paling diinginkan untuk dimiliki, yang kedua juga cukup mengejutkan, Yamaha Vixion sang raja motorsport saat ini, memang masih menjadi top of mind atau motor yang paling diingat audiance, tapi saat ditanya motor apa yang paling diinginkan, Vixion langsung terlempar, dan posisi kedua justru diisi CBR 150R, hal ini masuk akal juga, karena penjualan CBR juga sangat baik di kelas 150 fairing, lalu selanjut-nya saat audiance ditanya jika harga-nya dibawah lagi dari yang disebutkan, maka motor yang paling ingin dimiliki adalah Vario 150, masuk akal juga karena secara penjualan Vario 150 ini sangat laris, yang beli beat, mio atau low matic lain, sebenarnya dalam hati ingin Vario 150, hanya saja berat dicicilan hehehe.

Nah ini tentu Red Alert bagi pabrikan Yamaha, karena ternyata para konsumen jika punya uang, akan cenderung membeli motor-motor yang ternyata bukan Yamaha! hal ini bisa dilihat dari 3 besar motor yang ingin dimiliki ternyata tak satupun produk motor Yamaha!!peperangan dalam penjualan bukanlah hebatnya sales, tapi hebat-nya pabrikan memenangkan pertarungan persepsi!

Kenapa madev angkat isu ini, dan menganggap penting survei ini, karena survei ini yang melakukan adalah sebuah perusahaan eksternal/diluar otomotif, yang tentu tidak ada kepentingan bisnis apapun dengan pabrikan, bukan seperti survei majalah-majalah dan reward-reward yang penuh dengan intrik politis, karena itu madev menganggap survei seperti ini paling mendekati kebenaran!

Monggo share komentarnya, madev juga berharap yang baca blog ini, nantinya bisa punya perusahaan sendiri, dan bisa tau cara-nya menaikkan image dengan pemberian hadiah atau reward terhadap konsumen-nya, amin… hehehe

Contact person

email : mariodevan@gmail.com
Line : @mariodevan (jangan lupa pake @ ya)

Social Media official (dapatkan updated berita terkini)

twitter : @mario_devan
FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog
Path : mario devan
Instagram : mariodevan

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Marketing, Motor and tagged , , , . Bookmark the permalink.

25 Responses to Inilah, Motor dan Mobil yang paling ingin dimiliki orang Indonesia!!(beserta ulasannya)

  1. Beta says:

    “survei ini yang melakukan adalah sebuah perusahaan eksternal/diluar otomotif, yang tentu tidak ada kepentingan bisnis apapun dengan pabrikan”
    Yakin ??? trus hasil surveynya untuk apa kalau bukan untuk di jual ? sebuah survey membutuhkan dana, dan sebuah perusahaan manapun tdk ada yg mau mengeluarkan dana yg lumayan gede tanpa mengharapkan hasil/laba. yayasan aja sekarang banyakan nyari profit apalagi perusahaan swasta yg melakukan survey dgn cakupan wilayah meliputi jatim, jateng, bali, dan kalimantan. bukan dgn dana 10 jt bisa kelar

    Like

  2. kusnanto says:

    survei mobil kq cm 1 bang? Dan setuja kl yg motor, ninja is number one.

    Like

  3. subaru says:

    HRV… Hadehh… Orang indonesia masih demen casing doang hehehe… Yap ini honda dan desainnya bagus..tapi… Ah sudahlah… (Ai pribadi mendingan suv 3 berlian hehehe)

    Like

  4. Yang punya duit pilih Kawasaki atau Honda. 😂😂😂

    Like

  5. kasamago.com says:

    Mantab.. visioner bgt. Sekali berlayar, puluhan dermaga terlawati..
    juke klh sama HRV.. Oh

    http://kasamago.com/

    Like

  6. Supra 2002 ku awet rajet says:

    Baik ninja, cbr dan vario merupakan brand yg berhasil dibangun pabrikan dgn karakter masing2 dan nyambung antara jargon dan real productnya. Kl msh blom bs masuk top 3, brarti jargon dan productnya msh ga nyambung alias brand abal2. Even untuk saat ini statusnya sang raja sport, tp pembenahannya msh banyak biar MS become the real brand. Maka dr itu berhentilah bermain dgn mesin murah dan kosmetik demi revenue tinggi. Ciakakakkaa…

    Like

  7. badrika says:

    Aamiin…punya perusahaan.

    Like

  8. Evindo Jatim says:

    Hasil survey sangat berpengaruh terhadap keputusan yg akan diambil.

    Like

  9. om yono says:

    Terkadang kepekaan dan intuisi yang tinggi juga sangat menentukan berbobot apa tidaknya para analis tersebut.
    Sebuah bakat alami luar biasa yang bisa dimiliki tanpa harus menggeluti bangku kuliah.

    Like

  10. supra 2002 ku awet rajet says:

    Jadi hikmah yg bs dipetik adalah, ternyata penguasa pasar blum tentu pemilik brand besar yaa.. Tp brand besar pasti nguasain pasar. ciakakkaka…

    Like

  11. ONEBRT says:

    naksir 2016 -Lexus Nx 200T keren abis turbo charge engine

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s