3 kebiasaan buruk Biker!yang bikin aki tekor!

halo friends, kali ini madev mau membahas mengenai AKI, banyak pertanyaan yang masuk ke Madev kenapa akinya cepat sekali tekor, padahal baru saja diganti!pada umumnya Aki memiliki masa bakti selama 2 tahun!jadi jika kurang dari itu bisa dikatakan aki tersebut tidak awet, bisa karena Aki-nya sendiri abal-abal! Ada masalah dengan kelistrikan motor itu sendiri! Atau karena beberapa kebiasaan pengendara yang membuat aki tersebut menjadi tidak awet!

Celakanya ternyata faktor human error lah penyebab kebanyakan aki menjadi mudah tekor!yuk kita simak perilaku-perilaku apa saja yang harus dihindari agar aki menjadi awet!disini madev mau share 3 dosa biker paling dominan terhadap AKI!yang membuat aki cepat rusak, drop atau tekor!

Aki Yuasa Pafecta

Pertama, menyangkut aki tipe basah!sering membiarkan air aki turun dibawah level normal!turunnya air dalam aki, adalah aktifitas normal karena aki kelebihan muatan, hal ini terJadi karena kendaraan dipakai dengan jarak yang cukup jauh.
Saat cairan turun dibawah batas normal, maka akan membuat elemen aki terekspose/oksidasi dengan udara, inilah yang membuat aki menjadi rusak!

Kedua, aki mendapatkan beban berlebih, bisa karena pemasangan aksesoris atau karena perilaku, seperti dalam keadaan mesin mati tapi kunci kontak masih menyala on, atau tanpa sengaja menekan rem padahal kendaraan berjaalan dengan pelan di rpm rendah!

Ketiga, aki sering undercharge, ini dikarenakan aki/motor jarang digunakan, hanya digunakan jarak yang dekat muter-muter kompleks!padahal agar aki bisa tercharge maksimal, motor mesti berjalan di rentang RPM 5000, semakin diperparah dengan pengunaan double starter yang merupakan beban terbesar bagi aki!
Pengisian muatan listrik ke aki berkurang dan ini diulang-ulang terus, sehingga membuat muatan aki lambat laun berkurang dan drop!

Nah solusinya friends bisa minta dicharge juga akinya di bengkel langganan, bisa berbarengan saat akan service rutin, atau jika punya kendaraan lebih dari satu, ada baiknya bisa menyisihkan sedikit uang untuk membeli cas aki, yang harganya cukup terjangkau, dari 400ribu sampai jutaan pun ada, tinggal sesuaikan dengan kantong.

Semoga berguna infonya friends!

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Motor, Roda 4 and tagged , , . Bookmark the permalink.

20 Responses to 3 kebiasaan buruk Biker!yang bikin aki tekor!

  1. nano says:

    makasih info nya.
    saya pakai aki yuasa semua di 3 motor saya awet semua,minimal 3 tahun mati.
    gak mau pake GS,karena di matik honda 2 tahun bisa 3x ganti aki

    Like

  2. absen suhu nitip jemur malam – malam ya.. pakai lampu jug aboleh biar cepet kering. hehehe

    wkwkwkwk polisi ini razia premotor sampaai pakai senjata laras panjang gan…. bagaimana menurut agan?

    http://munivmotoblog.com/2016/02/10/ngeri-polisi-ini-razia-motor-sampai-bawa-senjata-laras-panjang/

    Liked by 1 person

  3. supra 2002 ku awet rajet says:

    ada juga kebiasaan baik yg bikin aki cepet tekor, yaitu nyalain lampu siang2 di motor supra 2002.

    Like

  4. wah boleh juga nih tipsnya tentang aki motor…
    btw ditunggu postingan selanjutnya hehe

    Like

  5. udin sedunia says:

    klo aki kering pye bro, tak jarang aki baru ganti kurang dari setaun sudah ganti baru lagi

    Like

  6. Luna says:

    Kebiasaan orang kita yg bikin aki cepat tekor…. suka nyiksa aki. Contohnya kl pake starter elektrik motor gak mau nyala,trus aja dicobain pake starter elektrik sampe akinya soak. Males pake engkol. Padahal starter elektrik membutuhkan daya aki besar, dan harusnya maksimal 3x pake starter elektrik,kl tetep gak bisa ya pake kick starter. dan lagi setiap habis distarter elektrik ada jeda 10 detik sblm pake starter elektrik lagi supaya akinya sempat ‘istirahat’

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s