Misi Rahasia Yamaha Dengan Mio Z-nya!

Halo friends bagaimana kabar-nya hari ini?kali ini madev mau membahas mengenai Yamaha yang baru saja meluncurkan matic terbaru-nya yaitu Yamaha Mio Z!Matic terbaru upgrade dari Yamaha Mio M3, seperti yang kita ketahui, ukuran tapak ban membuat Mio kurang stabil dan hal ini juga “kemungkinan besar” penyebab penyakit Velg Mio yang suka geol dan goyang dombret!.

yamaha mio Z

Akhir-nya setelah bertahun-tahun bertahan dengan ukuran ban mungil, Yamaha luluh juga dan mengeluarkan updated-an terbaru dengan ukuran ban 100/70 untuk belakang dan 80/80 untuk ban depan, selain itu warna striping dan shok breaker dibuat lebih sporty, warna striping dengan ornamen Doff-nya cukup keren, karena secara desain Yamaha Mio M3 ini brani berjaban! apalagi keunggulan-nya di sektor dapur pacu yang sudah bluecore dengan cc lebih besar dari kompetitor membuat keuntungan sendiri, dalam hal performa dan efisiensi!

Tapi sebenarnya Yamaha menyimpan suatu misi rahasia dengan Mio Z ini, kalo hanya sekedar facelift ringan, penggantian Ban, tentu rasa-nya terlalu berlebihan dengan promosi yang masif dan sampai harus menambah embel-embel nama baru nama Z dibelakang Yamaha Mio!

yamaha mio z putih dan hitam

Apa misi rahasia itu??madev melihat bahwa Yamaha ingin merebranding kembali Yamaha Mio M3 yang penjualan-nya tidak terlalu mengembirakan, kalah total jika dibandingkan kompetitornya yaitu Honda Beat!

Yamaha ingin memaksimalkan kembali penjualan Mio, dengan promo besar-besaran, sama seperti saat Yamaha Mio smile karbu dulu yang mulai terdesak penjualan oleh beat, lalu muncullah campaign Mio Suka-suka untuk menahan laju Honda Beat! walaupun secara produk masih sama aja

Mio Karbu laris manis...

Mio suka-suka campaign terakhir di masa jaya-nya Mio

Upaya Yamaha ini memang patut diapresiasi, walaupun menurut madev uapaya ini kurang greget!! harusnya Yamaha membuat dua varian, ada varian satu lagi dengan fitur yang sama dengan Fino yaitu smart key dan remote!

Upaya campaign/promosi/re-branding kembali ini tentu tidak akan berhasil jika promosi-nya tidak kencang! Yamaha perlu mengadakan promosi yang out of the box seperti dulu, madev masih ingat saat Yamaha pertama kali dipromosikan, ada siaran tv khusus yang berjudul Imposible Mio (kalo madev tidak salah ingat) dimana Yamaha mio saat itu ditantang melakukan kegiatan ekstrim, yang paling madev ingat adalah saat Mio dicemplungkan di air, bermain bunggie jumping, sampai harus menarik beberapa mobil sekaligus… Acara-acara out of the box sperti itu paling mampu menancap kuat dibenak masyarakat, sehingga saat itu masyarakat yang ragu untuk naik matic akhirnya merasa bahwa Matic tidaklah gampang rusak seperti mindset mereka dulunya!

Honda beat masih diunggulkan di segment ini daripada mio

Honda beat masih diunggulkan di segment ini daripada mio

SOLUSI untuk Yamaha

Nah beda jaman tentu beda perlakuan karena perkembangan zaman dan calon konsumen yang memilki habit (kebiasaan) berbeda, Yamaha perlu memperkuat promosi dengan brand experiance (menitikberatkan pengalaman langsung sebagai pengguna) yang masive dipadu dengan kemudahan dan kecepatan online/internet, event datsun risers expedition salah satu event yang manurut madev sangat luar biasa memanfaatkan keajaiban social media dan komunikasi viral dipadu customer experiance yang luar biasa, yang bisa ditiru garis besar-nya dalam berpromosi. bisa baca artikel dibawah ini :

https://mariodevan.com/2016/03/13/datsun-risers-expedition-standart-baru-marketing-otomotif/

karena ini merupakan pertandingan image (mio vs beat) dan bagaimana cara-nya memenangkan benak/image dihati calon customer maka hal-hal positive soal produk harus dikabarkan seterpercaya, seluas dan secepat mungkin bagi calon konsumen, cara paling cepat dan terpercaya tentu menggandeng blogger sebanyak-banyak-nya tanpa pandang bulu, baik blogger papan atas, papan menengah, bawah, sampai papan KW!

dengan melakukan test daily use yang lebih mengena secara brand experiance, bayangkan saja jika ada 50 blogger di berbagai daerah dengan kondisi budaya, jalanan, geografis yang berbeda-beda, dan tiap blogger walau kecil pasti memiliki pembaca setia yang fanatik, hits 5 blogger kecil saja madev rasa bisa menggunguli hits satu blogger papan atas, belum lagi saat melakukan test ada tetangga yang lihat, orang kantor, komunitas, teman main, teman cangkruk, teman arisan,  selingkuhan  dll efek-nya tentu sangat-sangat masive dan mampu menjadi viral dengan luas, dan tentu satu lagi low budget alias murah meriah.

Karena menurut pengalaman madev yang sering nyobain motor, blogger tidak pernah minta bayaran, ngambil kendaraan sendiri, ngisi bensin sendiri, bahkan kadang tidak asuransi, dan plat nomor belum terbit dll, karena pasion kami disitu tentu blogger akan dengan senang hati mencoba! coba bandingkan dengan sekali pasang iklan dimedia misal koran nasional seperempat halaman sudah mencapai 75juta???jauh…. antara efek dan jumlah rupiah yang dikeluarkan!!!

Pabrikan juga tidak perlu khawatir misal takut produk-nya dijelek-jelekan, tentu tidak karena antara blogger dan pembaca sudah tahu/cerdas, bahwa tiap produk tentu ada plus dan minus-nya dan kalo memang yakin dengan produk-nya lebih baik kenapa takut???

kayaknya udah kepanjangan friends sebenarnya masih banyak obat-obat yang bisa madev share tapi terlalu panjang nantinya, maunya cuma bahas mengenai misi rahasia yamaha jadinya panjang karena tangan gatal ingin memberikan sedikit solusi bagi Yamaha yang seperti tertidur, jualan tapi tidak terdengar gaung-nya minim promosi. hehehe

ada yang mo menambahkan monggo diskusi, coret-coret diruang komentar.

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Marketing, Motor and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

37 Responses to Misi Rahasia Yamaha Dengan Mio Z-nya!

  1. ndesoedisi says:

    dimana-mana saya komen sama… shockbreker udah empuk apa belum ? dah itu ada 🙂

    http://ndesoedisi.com/2016/03/30/jangan-underestimate-6-motor-berikut-ini-bukan-motor-150cc-dimodif/

    Like

  2. kobayogas says:

    Strategi Mio Z ini mungkin cukup efektif untuk menahan laju dari kompetitor mengingat mereka sudah membenahi sektor kaki dan Suspen yg lebih besar dan GA stiff lagi dengan kubikasi besar desain lebih elegan pastinya konsumen akan mulai berpikir positif apa yg dilakukan oleh YIMM mungkin hanya saja pihak YIMM tidak menambahkan fitur lampu Led yg sekarang menjadi trend motor di Indonesia andai poin itu dipenuhi maka pasti penjualan Mio Z ini semakin bertambah, Soal irit pun Yamaha juga sudah berbenah dengan mesin bluecorenya yg handal dan efisien

    Like

  3. naruhara says:

    iya sih bener, shock termasuk kendala utama. mio yang kelasnya untuk paling low tapi seakan akan produknya dibuat khusus yg hobi.. padahal segmentasinya luas banget buat kelasnya mio, makanya beat laris banget

    setuju sama om madev, kalo harga mio z yang ini udah ditambahin fitur smart key valuenya udah lumayan. tambahin shock empuk kayak xride…sisanya tinggal perang dibagian promosi

    iya ga sih? hehe

    Like

  4. andhi_125 says:

    zupeer kang madev…baru ngeh, ada mizi rahazia ternyata
    http://aselimalang.com/2016/03/31/macho-yak-yamaha-rx-king-ini/

    Like

  5. aldo26 says:

    selingkuhan nya out of the box Bro..:P

    Like

  6. kenthoet says:

    harusnya yamaha juga memanfaatkan blogger papan KW kayak sayah 😀

    Like

  7. isal says:

    Ini promo mio Z apa blogger?? Hahaha..ha.

    Like

  8. ariifpedrosa says:

    Setubuh Omm.. eeh Setuju…
    dengan gtu Blogger Papan Triplex macam Ane gni bsa mudah dapet Unit Test Ride, Ngoahahaaa :v
    https://ariifpedrosa.wordpress.com/2016/03/31/introducing-new-yamaha-mio-z-125-sobat-pas-libaz-jalanan/

    Like

  9. nano says:

    dulu saya suka bgt acara motor matik yamaha yg di tayangin di antv kang,keunggulan matik nya di keluarin sampe yg extreme2 segala,harus nya bikin kayak gtu lagi.atau bikin film kayak dulu yang tokohnya dedi mizwar,didi petet,tesa,komeng dll di kampung bebek

    Like

  10. lamik gemini says:

    Sedikit terlambat.. harus melawan dengan produk baru, jangan sisain satupun dari turunan spare part, ergonomi, akselerasi bahkan bila perlu nama mio sendiri..

    Like

  11. CBeAT says:

    Imposible matic.. Ntu yg ane inget nama acarae cuman kebanyakan yg dgunakan mio.. CMIW

    Like

  12. Ariyanee says:

    Saya tidak suka dg model Mio-Z ini, modelnya jelek sebab lebih menyerupai Beat yang IMHO sangat membosankan dan “pating tlecek koyo telek” di jalan karena selalu ketemu motornya, jadi kurang ekslusif. kalo soal matic, ane sih (maunya) nunggu calonnya penantang Vario 150 (kalo ada) yaitu mesin N-Max 155 Blue Core VVA “diambil hidup2” lalu dipasang di GT 155 Blue Core dg spek ban depan 80/90-14 an belakang 100/80-14 biar kelihatan lebih gambot dari vario 150.

    Like

  13. eiscell says:

    Z… huruf terakhir dan harapan terakhir klan mio :v

    https://m.bukalapak.com/p/elektronik/lain-lain-208/17uthf-jual-volt-meter-digital-waterproof-motor-mobil

    musim hujan tuh voltmeternya harus tahan air bro :v

    Like

  14. Tomy says:

    Team R&D yamaha sepertinya butuh refresing, perlu liburan untuk menenangkan diri biar bisa punya ide brilian dalam desain maupun fitur dalam mengeluarkan produk!

    Saya hanyalah salah satu pecinta motor yamaha yang mengharapkan yamaha di tahun 2016 mampu memberikan/mengeluarkan motor matic yang lebih wah dari sekedar Aerox, GT dan Mio Z, ternyata yamaha lemot terhadap inspirasi pecinta nya!

    Mau nunggu sampe kapan yah yamaha keluarin motor yang bener bener bisa membuat setidaknya 70% harapan pecintanya terpenuhi???

    LED headlamp, full power engine (not blue core), body macho dan feminim (dua tipe motor), fitur futuristik seperti kompetitor dengan Vario nya………tapak lebar itu sudah keharusan di motor matic yang gunakan roda ring 14 karena ukurannya yang cuma 14 inci jadi jgn disiksa lagi dengan ban cacing.

    Like

  15. xxx says:

    Di Sini di Kepi (Papua), RX King dan F1ZR masih banyak berkeliaran, untuk motor baru kayakx Mio Z unggul dari kompetitior,,

    Like

  16. miko says:

    Klo mnurut w strategi yamaha kurang bagus… Gw hargaain prjuangan yamaha, usahanya dan smangat pntang menyerahnya. Krn hanya yamaha yg pabrikan inovatif , tapi Bagaimana pun juga di lapangan konsumen tu fanatik merk kata BEAT VS MIO D pikiran konsumen tuh tetep kata BEAT Lebih bagus d banding MIO uda image … Perombakan desain tekhnologi apapun klo ga significan prcuma mski mau d kasih nama Mio a, b , c ,d , e ,f , g , h , i , j ampe Z juga pikiran masyarakat tetep mio ya bgitu motor yg sprti itu yg slalu kalah dari beat dri sisi konsumsi bbm hrg jual dan daya tahan mesin( ingat ini d mindset konsumen krn mereka liat dari mio gen 1/ awal )…. KLO yamahaa mau dan brani total rombak… Jgn prnh ada lagi nama MIO, rundingan dgn sluruh staff yamaha untuk cari nama yg pas dan bagus untuk pengganti nama MIO itu…ntah itu mau mnta wangsit dari ki jaaka petir, ki rikudou sanin or dari mbah2 yg sakti yg bsa gndain emas berlian pokony utk nyariin nama yg pas ,hoki utk pngganti nama mio klo prlu mnta saran dri yamaha jepang… Stlah dpt nama bwt ganti nama mio baru kasi desain yg manis g prlu extreem, ksih tekhnologi irit, daya tahan mesin kuatt rem abs, vva, stop start system jadi >>> ibarat kaya model2 vixion generasi awal LAHIR cuma ini dlm bntuk matic. d jamin mongkrek tu pasaran beat …

    DaN menurut w nama mio tu ibarat jdi bayang2 abadi si beat… Makanya perlu d “REVOLUSI TOTAL tanpa Penci****n….”

    Like

  17. rider jadoel says:

    Mau ganti nama apapun sulit bagi Yamaha untuk bangkit.
    Desain Motor2 Yamaha sekarang engga banget…
    MioZ Aerox, Soul Leg shield terlalu mundur.. Ga nyaman dinaiki…
    Padahal dulu desain bagus2 Mio old, MioJ, Xeon..dll
    Matic Yamaha sekarang yg desainnya bagus cuma Xride dan Nmax
    Sebenarnya di India ada desain yg Bagus sayang ga dipasarkan di sini
    .

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s