Gara-gara Nmax, Vixion keok??!

Suatu berita yang sebenarnya tidak mengherankan, Vixion yang masih sempat begitu perkasanya di awal Januari dan februari tiba-tiba melempem penjualannya, bahkan Honda CB150r bisa unggul tipis dibulan maret, bisa dilihat dari tabel dibawah ini (via aripitstop)

penjualan-vixion-vs-cb150r

Nah dari sini madev sudah sempat curiga bahwa target market motor Sport terutama Vixion, akan berpindah ke Yamaha N-max, walaupun baik Nmax dan Vixion di segment yang berbeda, tapi karakter-nya hampir mirip secara mindset, harga dan lifestyle, bahkan N-max memiliki kelebihan karena Model yang masih baru, kelebihan teknologi VVA-nya dan tentu saja karena N-max lebih nyaman dipakai (karena sebagai motor matic) tapi tetap bisa menunjukkan kesan sporty dan berbeda!

Mesin Nmax bisa menjadi pilihan mesin Xeon bluecore

Nmax semakin populer!

Bagaimana kalo di compare dengan distribusi Yamaha N-max??di beberapa daerah masih ada inden untuk itu Yamaha menambah distribusinya, dan terlihat N-max memang terus naik angka distribusi-nya dari di angkat 11 ribuan kini sudah tembus 20 ribuan!

Di Januari NMAX terkirim sebanyak 11.772 kemudian naik pada Februari menjadi 13.999 dan kembali naik di Maret menjadi 20.998 unit.

So madev menduga ada switching segmentasi para konsumen yang ingin membeli Vixion beberapa mungkin lebih memilih Yamaha N-max sebagai pilihannya, sejalan dengan popularitas Nmax yang juga semakin meningkat!

Vixion produk must have yang masih bertahan semenjak 2007

Vixion semakin terancam!

Gimana menurut friends??kenapa Vixion jatuh drastis dan Nmax naik drastis, apakah setuju dengan pendapat madev? atau punya pendapat lain??monggo share komentarnya friends.

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Marketing, Motor and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

59 Responses to Gara-gara Nmax, Vixion keok??!

  1. ardiantoyugo says:

    Menguasai banget Nmax…

    Pengalaman pertama nyetir Airbus A320: http://wp.me/p1eQhG-1DA

    Like

  2. primordialgrafis says:

    Kalo pengalihan segment itu cuman faktor kecil masbro… Coba deh lu nongkrong di bengkel2, nongkrong di pos2 sekuriti yg org2nya pada pake vixion… Pasti semuanya ngmg itu karena minin inovasi.. Dan fatalnya lagi, per piston vixion yg baru itu pasti ngebul waktu digetak gasnya di rpm 8rb dan motor itu udh nyentuh umur km 8000an. Dulu waktu gua pake cb yg old, org2 pada nunggu, inovasi apa neh yg dikeluarin yamaha buat vixion? Lampu led kah? Mesin DOHC kah? Buntut runcing kah? Ada upside downnya kah? Ternyata apa? Cuman ganti batok lampu depan doank.. Kecewa berat donk pasar.. Jelas itu.. Lalu muncul edisi baru cb150r, yg nyata2 dengerin itu curhatan penggemar dan konsumennya, lampu depan belakang led, spido full digital, tutup tengki model pesawat punya.. Mesin baru lebih gede, ban gambot… Dan akhirnya apa? Satpam2 komplek pada jualin vixionnya buat beli itu cb bro… Org bengkel pada nyaranin cb semua sma pelanggannya yg mau beli motor sport… Kesimpulannya apa? Ga ada inovasi serius untuk vixion… Dan itu Wajar sekali ga laku… Hukum alam itu… Sedangkan n-max? Inovasinya luebiih banyak dari pcx, modelnya keren kyk moge, dimodip dikit udh kyk mode 1000cc… So, jgn salahkan segmentasi satu atap… Salahkan aja marketing dan developmentnya.. Apa memang sudah dirancang vixion bakal disuntik mati setelah tau keluar sabre dan nmax ini? Who knows? Teliti lebih lanjut.. U lebih tau dari aku…

    Like

    • mariodevan says:

      yup itu juga… pasar sudah jenuh dengan vixion, sudah hampir 10 tahun dan tidak ada inovasi…
      kalo beralih ke cb150 lum tentu juga karena bisa dilihat dari data 3 bulanan di gambar pertama, CB stabil naik dan turun…. sedangkan Vixion naik dan turun seperti roller coster…

      sedangkan penjualan bulan maret harusnya naik secara total market… dari bulan sebelumnya

      Like

  3. Kobayogas says:

    up up Nmax semakin laris semakin eklusif… Juossss

    Like

  4. fandi says:

    Setuju dengan pendapat @primordialgrafis di atas. Honda CB150R yang baru diluncurkan jelas unggul banyak dibandingkan dengan Yamaha Vixion. Jadi kemungkinan besar Vixion menurun, karena kompetitornya Honda CB150R semakin berbenah desain dan mesinnya. Yamaha NMax mungkin juga jadi penyebab. Tapi kan beda banget kategori motornya.

    Like

  5. setuju sama om madev, ane sebagai pengguna vixion, juga mulai tertarik sama NMax, skr lagi itung2 buat tukar vixion dgn NMax, alasanya persis yg dijelaskan atikel ini, selain model baru, faktor kenyamanan dan fungsionalitas jauh lebih baik NMax.

    Like

  6. niceguy says:

    Bisa juga pengalihan line produksi vixion ke nmax, jadinya turun.
    Yg jelas saya nunggu nmax 250 aja, mudah2an lebih ganteng dari xmax 250 eropa 😎

    Like

    • mariodevan says:

      gak juga… kapasitas produksi-nya masih gede kok….

      tapi bisa saja, memang line produksi vixion dialihkan ke Nmax, tapi alasannay bisa jadi karena permintaan vixion menurun

      Like

    • Dhimas says:

      Klo permintaan pasar tinggi masak dialihin
      Jelas ga mungkin

      Klo bener dialihin itu pasti karena permintaan vixion yg terus menurun

      Like

  7. Bregas says:

    Numpang opini bro

    Switching mungkin saja terjadi karena secara harga berada di layer yang mirip.
    Soal kompetitor (NCB) yang terlihat 1 atau 2 langkah didepan,kasarnya begini tarolah konsumen X pengen NCB tapi uang ga cukup alternatifnya bukan Vixion tapi NMax karena efek “kebaruannya”
    Pemberitaan NMax yang laris diluar negeri menaikkan gengsi(ya ga sih?),bangga kalo make barang yang diluar negeri laris. Entahlah tapi rasanya sih ada.
    Facelift Vixion terlalu lama dari schedule,efek mundurnya riset mesin dan internal lainnya. Terlalu lama pun malah bahaya seperti kasus Beat,gpp facelift prematur(lbh cepat dari biasanya) untuk mimpin pasar,setelah mimpin kan bisa mendikte flow faceliftnya.
    NCB ga naik signifikan(baca komntar sebelum2nya) karena menanti pricing si NCBR. Kalo ga naik banyak kaya skrng saya,tarolah naik sejuta aja kaya OCB ke NCN maka NCB makin tenggelam karena kemakan saudara sendiri.
    Xabre ga ada pembahasan dimana2??serius saya tertarik pergerakan Xabre di segmen tengah2 NCB dan NCBR.

    Kalo sempet di bales ya bro.thanks

    Like

  8. paul says:

    Sebenarnya peminat sport yamaha masih terlalu tinggi tp banyak yg menunda dan mengaliihkan ke type yg lain krn rata2 menganggap sudah bosan melihat vixion dan menginginkan model baru yg lebih fresh biar pun mesiinnya sama…..apalagi skrg n-max canggih dg vva …..sebenarnya vixion itu masih disukai banyak orang yg mau beli motor sport tp mereka bosan dg modelnya yg blum berubah,desaiinya harusnnya udah di rombak total tp yimm budek …..engine vixion itu bagus,irit,bertenaga tp modelnya udah ngeboseninnnn …

    Like

    • mariodevan says:

      sudah mulai memasuki masa jenuh, seperti mio sporty dulu….

      Like

      • Bregas says:

        Tapi kekuatan finansial grup astra mantap,coba mungkin bisa compare simulasi kredit antara ncb,nva sama nmax,pasti murahan ncb secara total (including asuransu dan bunga)

        Like

        • mariodevan says:

          Bisa iya bisa tidak… Sya tdk punya dta ncb vs nvl, yg sya punya dta mio vs beat dan scara mengejutkan mio jg ada promo dp 0 dan total simulasi jadi lebih murah dari beat….

          Mngkin krn beat da laris jdi potongan /diskon dihilangkan

          Like

          • Bregas says:

            Yang penting kalo dalam posisi tertinggal adalah menjadi no 1 di mindset kemudian pakai strategi no 1 ketika di no 1,fitur yang lebih dibanding kompetitor. Mio mungkin designnya yang skrng kurang kena di kons indo ditambah fiturnya kalah sama beat.

            Like

  9. asd says:

    Coba nanti liat angka penjualan vixion tiga bulan kedepan. Jika dalam tempo tersebut angkanya stabil cenderung turun, berarti memang masyarakat sudah jenuh dengan vixion..

    Like

  10. bdt says:

    oh setuju sekali, artinya sebagian besar fbh belum pindah ke nmax,

    kecuali segelintir fbh nambah kendaraan nmax kaya jendaral FBH yg duitnya lebih

    bisa jadi setelah pck lokal ada, fbh yg nambah nmax, balik beli pck lokal, kaya kasus beat vs mio

    Like

  11. bdt says:

    dah diprediksi dari awal nmax muncul kok, nvl akan ikut kemakan

    Like

  12. Rocketroll says:

    Thn 2020 bisa2 indonesia isi’y motor matic smua nih 😁

    Demam Nmax hmpir sama kaya Demam Vixion masa lampau dulu ya, edan ampe tembus 20rb 😱

    Ky’y YIMM ga terlalu menghiraukan Vixion sudah mulai menurun peminat’y, krna konsumen punya primadona baru yaitu Nmax.
    Dan bisa jd Facelift/Vixion ganti model & inovasi baru masi lama kluar’y ya krna ada primadona baru itu.

    Like

    • aslasja says:

      Kalo ini benar, YIMM dalam bahaya mengandalkan strategy ini, karena bisa saja astra dengan kekuatannya melucurkan Forza, bisa berabe tuh YIMM.

      Like

  13. nduk says:

    Lagi musim anak masuk sekolah , gagal panen + gagal paham : jenuh , kurang apa coba saber

    Like

    • mariodevan says:

      Saber??ya jelas kurangnya… Msh pake mesin vixion hehe

      Like

      • gasspoll says:

        saya pengguna ovi dari 2008 belum beli beli lagi motor nunggu inovasi lagi dari yamaha saya sih sabar aja skrng saya modif vixion udah pake fairing sama buntut r15 ori. udah di niatin motor ga akan dijual biarpun nanti ada yamaha sport baru pasti beli tapi karena ada N max mulai berubah haluan sekarang nabung buat N Max kalaupun ada vixion baru lagi nanti dan saya yakin banyak orang yang sama dengan saya apalagi sudah berkeluarga.

        Like

  14. Emang says:

    Sudahlah akui saja kalau peminat ncb saat ini semakin bnyak dan sdikit demi sdikit smakin bertumbuh dbnding kompetitor.honda sengaja blm kluarin pesaing nmax karena memang targetnya vixi.stelah andalan knmpetitor hanya nmax maka honda dgn mudahnya mengeluarkan skutik bongsornya yg lbih value.

    Like

  15. nano says:

    niat mo beli vixion ke dealer eh lihat nmax,keren,nyaman,SOHC 4v VVA,kenceng irit.harga lebih murah,jadi berpaling ke nmax.untuk yg sudah berkeluarga jelas pilih nmax karena value nya dari vixion.kalo ke dealer yamaha sama istri pasti pilihan jatuh ke nmax dah.warna favorit cewek gun metal

    Like

  16. alex says:

    Bro emang….ga usah bawa2 honda NCB ..itu motor gagal,penjualannya juga ga stabil…..motor penyakitan lebih parah dr nva…

    Like

  17. Joko says:

    Menurutku yang aneh itu penjualan Vixion. Kok bisa naik turun drastis banget seperti itu. Apa iya penjualan naik turun banget seperti itu, atau hanya jaga gengsi biar distribusi kelihatan tinggi?

    Like

  18. wangi says:

    sebenarnya klo mau jujur ncb lebih value dari nva.head to head semua part. dijalanan saja ya sekelas R15 saja mikir klo diajak tarik tarikan lawan ncb.apalagi vixion pasti ngebul. si ncb 100 km/jam itu mudah didapat dengan rpm 6000 sd 7000 rpm.suaranya pun lebih halus.

    Like

  19. felitokia says:

    kemungkinan besar sptnya gara2 Nmax! Pagi hari berangkat kerja, saya lihat di satu dealer Yamaha bejejer Nmax, mungkin lbh dr 10 unit! plg kerja, dah ada 2 mobil box berisi 8 Nmax masing2 4 unit siap antar ke konsumen! dan di dealer tsb sdh tdk nampak ada stock Nmax!

    Like

  20. ockta says:

    switching distribusi sama produksi kang bro, selama ini kan nmax memang indennya mengular, yamaha bermain aman dengan switching distribusi dari vixion ke nmax, selain nambah keran inden nmax, biar gaung vixion series ditahan buat majuin xabre. IMHO lo ya kang, memang too early to predict kang.. tp

    Like

  21. Yamahatiku says:

    saya sih ga terlalu musingin switching begituan.. yg jelas cash cow yamaha ancur : vixion dan mio dua2nya anjlok..

    Like

  22. blade-in says:

    Pabrikan kelamaan mikir ya begini. Ganti ban matic imutnya aja perlu mikir 6 tahun. Konsumen sudah lama minta desain NVL berubah pake baju MT125. Toh motor itu gak dijual di kawasan Asia. Tapi yang nongol malah NVA yang minim perubahan. Kasus hancurnya Mio gak pernah dijadiin pelajaran oleh YIMM. Cobalah dengarkan dan penuhi ekspektasi konsumen! Kalau tidak, wassalam !!!

    Like

  23. Mas Sayur says:

    Karena semua akan efbeha pada waktunya… 😉

    Like

  24. taeyeon says:

    yamaha honda terus ya,bosen , kawasaki suzuki dong 😦

    Like

  25. eko wijaya says:

    Hmmm…saya eks vixion yg pindah ke nmax. Sebelum ambil nmax malah kepikiran new cb. Mungkin customer sekarang berpikiran…”gimana ya rasa 155cc matic selonjor? Praktis kayaknya.sport ribet dan ya kayak gt gt aja”…

    Like

  26. pik says:

    apakah strategi yamaha dalam penjualan tidak seperti honda yg sukses dgn beat dan varionya sehingga tidak makan satu sama lain?

    Like

  27. eiscell says:

    Bentar lagi juga Jenuh…
    saya melihat ada yg kerang elegan di N max tapi apa ya! 😛

    https://m.bukalapak.com/p/handphone/hp-smartphone/sghwj-jual-promo-gilaa-samsung-j1-ace-j110g-ds-new-garansi-resmi

    4G TERMURAH DARI SAMSUNG

    Like

  28. nvl rider says:

    saya skrang pake nvl kang. niat juga ganti k nmax nunggu facelift nya dulu.. pegel pake nvl d daerah macet mah.. :p

    Like

  29. Little Light says:

    Sepertinya emang yamaha fokus di N max deh gan, kemaren lusa ke dealer yamaha mau lihat vixion. Tapi yang di pajang utama di bagian depan berjejer N Max, vixionnya di atur di belakang..paling belakang banget malah, klo dri depan ga keliatan klo dealer ada stock vixion advance.

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s