Terlalu cinta bisa membunuhmu Yamaha!!!

Judul ini bukanlah masalah kegalauan madev soal cinta ya, jadi jangan salah paham! tapi kita masih berbicara soal artikel kemarin, yang membahas mengenai Yamaha Vixion yang penjualannya cenderung menurun, besar kemungkinan justru termakan saudaranya sendiri yaitu N-max, Xabre ataupun tergenjet kompetitor.

bisa baca artikel-nya disini https://mariodevan.com/2016/04/13/gara-gara-nmax-vixion-keok/

Nah banyak sekali komentar yang masuk, pro dan kontra, menjabarkan mengenai kondisi sang pemimpin pasar, Yamaha Vixion, kalo berbicara vixion tentu berbicara juga Yamaha R15, Xabre maupun MX king, yang memakai mesin yang similiar yang begitu dipuja-puja SOHC 4-klep!!

launching vixion advanced di grand city

launching vixion advanced di grand city

banyak yang berpendapat bahwa lagi-lagi vixion harus mendapatkan rombakan total, bukan hanya desain tapi juga sektor Mesin, kenapa?? ya tentu melihat Xabre, versi rombakan total dari vixion ini (rangka dan mesin memakai basis Vixion) tapi tidak terlalu dapat berbicara banyak, kurang ganteng apa coba xabre??

madev jadi teringat salah satu bacaan/buku bagus berjudul innovators dilema sebuah buku legendaris yang ditulis oleh Prof Clayton Christensen, guru besar ilmu Strategi dari Harvard Business School.

dan kasus inilah yang dialami Yamaha,Yamaha Mio sebagai contoh-nya yang begitu digdaya, sampai honda sempat frustasi untuk menumbangkan-nya, dan detik ini vixion akan menyusul Mio jauh tenggelam didalam kubangan kejayaan masa lalu, jika tidak ada perubahan!!

Innovators dilema adalah sebuah bisnis yang tidak mampu membaca perubahan market yang begitu cepat, terlalu mencintai produk kebanggaannya, takut ber-inovasi, rasa percaya diri yang terlalu tinggi, yang timbul dari fatamorgana fans fanatik-nya, penjualan sudah menang buat apa berubah!!di ajang balap saja bisa pecundangi kompetitor ngapain dirubah??!! inilah kata-kata yang keluar dari petinggi pabrikan dan fanbase-nya, dan secara perlahan namun pasti mereka menyadari bahwa market berubah dan saat akan bergerak! semua sudah sangat terlambat, ketinggalan kereta terakhir, dan jika ingin fight butuh efort dan biaya yang tidak sedikit, bahkan bisa saja gagal.

yamaha mio Z

mio masih berjuang hanya untuk sekedar hidup!!

Contoh paling bagus memang yamaha Mio, bagaimana sang pemimpin pasar, mati perlahan karena terlalu banyak cinta yang diberikan, lambat berubah, dan kini!!, jualan Yamaha Mio M3 tidak sampai 5% dari honda beat, duh kacian! (sambil ngelus2 mio generasi pertama punya madev xixixixi)

bukan hanya di dunia otomotif di bisnis lainpun sama! bagaimana Xerox mati karena gagal melihat peluang di bisnis komputer, padahal para insinyurlah yang banyak menemukan teknologi-teknologi untuk PC, seperti User interface, Mouse dan lain-lain, tapi dengan pongah-nya para pemimpin perusahaan mengatakan bahwa masa depan itu adalah mesin fotokopi… dan apple justru dengan cerdik-nya, “mencuri” semua teknologi xerox… dan kini xerox??

Nokia dan blackbery dulunya melihat android hanyalah semut kecil yang tidak berbahaya, tapi kini nokia dan blacbery hanyalah bingkisan masa lalu yang usang, mati karena gagal melihat perubahan market, dan kini malah muncul samsung, dan apple sebagai pemimpin pasar dunia smartphone, yang justru core bisnis-nya bukan dari industri smartphone, samsung dari elektronik, dan apple dari industri PC.

merek-merek kendaraan amerika! kini bertumbangan karena serbuan merek jepang, dulu mereka melihat mobil jepang ini adalah kendaraan banci, jepang menawarkan mobil yang lebih kecil, efisien dan ber-cc kecil!! beda dengan mobil-mobil amerika yang berpower besar, cc besar, dan boros! kini produk otomotif jepang berhasil menjajah amerika yang harusnya tempat mereka belajar industri produksi masal

Intinya boleh saja anda bangga dengan kreatifitas, dan produk anda, tapi kreatifitas hari ini akan mudah digilas dengan kreatifitas ke depan-nya!

Honda sebagai pemimpin pasar, melakukan inovasi yang sangat cepat, bahkan gak segan-segan melakukan upgrade dalam tempo dua tahun!! ukuran yang sangat cepat dan diluar kewajaran untuk dunia otomotif!membunuh old cb, dan cbr dalam waktu dua tahun! mengupgrade beat dengan cepat, kini ada versi pop, vario techno! dll

bagaimana industri lain? pizza hut selalu ada menu baru yang walaupun hanya berganti toping untuk menghindari kebosanan! sampo sunsilk, melakukan rebranding berkali-kali bahkan berkolaborasi dengan ahli rambut ternama untuk membuat produk khsusus.

facebook social media tertua yang mampu bertahan hingga kini, kenapa bisa bertahan dan tetap populer sampai sekarang? karena berani berinovasi!! ruang chat sekarang dilengkapi dengan sticker, membeli whatsapp dan instagram untuk mengamankan pengguna-nya, muncul facebook ads untuk mengakomodir dunia komersil, sekaligus menambah pundi-pundi penghasilan! dan sekarang tombol like bisa ada emoticon seperti path! tidak heran facebook akan tetap populer!

Google yang awalnya hanya sebuah program alat pencari, kini telah berubah menjadi raksasa teknologi yang mengagumkan, google street view, android, chrome, adalah produk-produk google yang luar biasa, bahkan jika sebuah alat itu mampu tersambung dengan internet, bisa dipastikan 90% pasti berhubungan dengan produk google!!!

bahkan di industri kondom kini ada rasa lemon, durian dan “bergerigi serta berpelumas” gak masuk akal untuk sebuah alat pengaman, masak loe industri otomotif kalah inovatif sama kondom sih!!! JLUBBB……

so intinya, terlalu cinta bisa membunuhmu! cintalah hanya kepada pemberi cinta yaitu tuhan alam semesta….

Monggo komentarnya

 

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Marketing, Motor and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

77 Responses to Terlalu cinta bisa membunuhmu Yamaha!!!

  1. Aku Yes wae Pak ๐Ÿ˜Ž

    Hasil WorldSBK 2016 seri Assen race 1
    http://sh.st/It6Mv

    Like

  2. mbah_anom says:

    jual nmax 125 aja budegnya minta ampun ngahaaa

    Like

  3. yellowduck says:

    kritik membangun untuk yamaha dan pabrikan lain. semoga mampu bertahan dari gempuran honda.

    Like

  4. mifta says:

    Dalemmmm euyyy…..denegrin tuh yamaha

    Like

  5. Rio says:

    Nah itu dia, Rev Your Ego kudu dirubah jadi Follow Your Customer Needs, soalnya Rev Your Ego terkesan ini yang gua mau, elo mau beli syukur ngga ya udah!!

    Electric vehicle fined for emisions??
    https://motorrio.com/2016/04/17/electric-vehicle-fined-for-producing-co2-emissions/

    Like

  6. jildhuz says:

    Jualan yamaha turun kayanya emang yamahanya sendiri yang ndablek, ndengerin kata siapa ane gak tau, konsumen gak di dengerin

    https://jildhuz.com/2016/04/10/khasiat-sesungguhnya-dari-halmavico/

    Like

  7. snoopy says:

    setuju mas bro

    Like

  8. taeyeon says:

    iya sih di page yamaha pada minta dohc tapi cuma di iyain aja wkwk btw samsung nomer 2 sekarang di indo dibawah asus ,apalagi laptopnya asus laku bgt

    Liked by 1 person

  9. paijo says:

    Yg paling tragis bgt ya nokia sama bb.. turunnya cepet bgt..
    Mungkin yamaha terlalu bertopang pada yimm. Di negara lain penjualan yamaha juga jeblok, kaya di india. Jadi utk biaya risetnya jadi berkurang.
    Nurutku kurangi ngeluarin product yg nanggung kaya aerox itu.
    Kalau mau kalahin beat ya contoh beat. keunggulannya dimana. Tarikan awal mio m3 lemot, mungkin itu yg ga disukai konsumen, beda sama mbit, tarikan awal enak, buat dalam kota juga enak. shock juga keras. Itu harus diperbaiki. Jnngan budeg

    Liked by 1 person

  10. Rocketroll says:

    Inovasi’y klo bisa Sport 150 efisiensi BBM setara Beat injeksi tp tenaga layak’y 150cc.
    Hua..hua..

    Ada jagoan baru sih Nmax, fokus kejar storan produksi Nmax, vixion ora peduli nasib’y kaya gmna, itulah YIMM ๐Ÿ˜
    Mungkin baru thn dpn baru All New ๐Ÿ˜

    Like

  11. Xone says:

    Mantap gan.ane setuju.sambil lihat xeonku harganya hancur.pengen ganti merek sebelah aja.cinta berujung kehancuran.cepat berubah

    Like

  12. Ayu think think says:

    Kayak lagu aja bro….cinta ini membunuhku.

    Like

  13. aanam says:

    nulis nya sampe kebawa perasaan sangking greget nya, gemes ya, melihat gelagat yang itu itu saja #baperkataanaksekarang

    Like

  14. aldy says:

    Yap betul dalam era digitalisasi sekarang inovasi lbh cepat dan tepat akan mengamankan market… dilihat dr vendor gadget yg baru rilis sebulan 2 bulan ada rumor penerusnya 4 – 6 bulan kemudian rilislah produk penerusnya pdhl penetrasi pasar produk awal aja blm maximal belum merata tp udh diganti yg baru… itulah knp lifecyle produk skrg sgt cepat. sepertinya industri otomotif jg sudah mengikuti kalo telat mengikuit tren ini ya siap” aja marketnya semakin mengkeret akhirnya sesak nafas megap” bisa lbh cepat mati sebelum berkembang.

    Like

  15. ms panjul says:

    yamaha emang peliiiiiiitttttttt….
    g mau mendengarkan apa kt cintaNya….
    hiii…hiiii…..ngondah wae JuoZ….

    Like

  16. ONEBRT says:

    hahaha. setuju ama ente mazbro…….. kesombongan memandang lawan disitulah kejatuhan sdh terjadi……

    Like

  17. Kobayogas says:

    Apapun pembelaan oleh fby, angka persentase di MS sudah sangat menjelaskan kondisinya…

    https://kobayogas.com/2016/04/17/ketika-honda-verza-memakai-sarung-movistar/

    Like

  18. eiscell says:

    dalem broooo … masak inovasinya kalah sama pabrik kondom :v

    https://m.bukalapak.com/p/handphone/memory-card/18cve9-jual-otg-sandisk-original-32g

    Like

  19. terjadi galat says:

    Nunggu aerox rasa durian apa mendingan vixion rasa lemon ya?

    Like

  20. Bregas says:

    Apakah Y ga memakai filosofi terkenal di Jepang? KAIZEN

    Like

  21. xeon rider says:

    dealer yamaha sepi, salesnya gak banyak omong, sampai2 mau nawarin fino bilangnya scoopy.

    Like

  22. blade-in says:

    Sampe skarang saya masih penasaran, siapa sih RnD YIMM yg sdah bikin Yamaha hancur lbur…. ladahal blog di blog2 otomotif tidak sdikit saran diberikan. Jauh sbelum ms nyungsep tinggal 20%, blog MindGenesis sdh memprediksi kondisi ini, tapi lucunya YIMM malah memi!ih jalan menuju takdir “kematiannya” dengan melahirkan produk2 yg jauh dr kompetitif dr segi desain, futur maupun teknologi !!!

    Liked by 1 person

  23. naruhara says:

    yg saya tangkep dari artikel om madev sih intinya jangan tetep di zona nyaman
    steve jobs bilang hape 3,5 inch udah sempurna ukurannya, akhirnya waktu 5s keluar apple bilang sendiri kalo layar 4 inch masih ada sentuhan steve jobs, setahun kemudian duo 6 sama 6 plus lompatan layarnya malah lebih jauh
    samsung yg tadinya kekeuh bodi plastik karna lebih gampang cari jaringan akhirnya bikin bodi metal juga. LG G5, juga akhirnya ikutan

    yamaha? ayolah…. kalo masih utamain tampilan mau sampe berapa banyak lagi produk yg rebranding kayak aerox gantiin xeon. mesin sama bodi doang beda, hasilnya malah tanggung. daily use nya susah

    Like

  24. Aladin says:

    wah , terhanyut ane baca artikelnya :mrgreen:

    kalau kata fansboy sebelah , produk yang lifecircle nya cepat , kagak menghargai konsumen.. model jadi cepat jadul , pertanda produk gagal , dlsb..

    kalau dikasih produk yang itu2 aja , bilangnya minim inovasi , gak bisa buat produk keren , bisanya cuma copas doank..

    semua serba salah di mata haters :mrgreen:

    Like

  25. ekoandriyan says:

    komparasinya bahkan terhadap produsen kondom
    apa kata bavak avidin

    Like

  26. subaru says:

    Ntar petingginya baca mewek lagi…petinggi indonesia mewekan…kemarin bos pameran mobil mewek gara2 dibilang pamerannya kurang lebih hanya dealer pindah lokasi bukan pameran otomotif sebenarnya

    Like

  27. kenthoet says:

    semoga cepat berbenah… mmpung blum terlambat banget ๐Ÿ˜€

    Like

  28. iyashatirta says:

    Inovasi memang mahal harganya,industri elektronik Jepang yang terkenal dengan Ngan kualitasnya saja perlahan lahan kolaps ( Sanyo,Toshiba,panasonic,Sony),di susul sama samsung,harga juga sangat berpengaruh besar,masyarakat skrng pada umumnya tdk/kurang butuh barang dengan harga mahal walaupun sebanding dengan kualitasnya,contoh juga hp merk China skrng membanjiri pasar dengan harga yg relevan,

    Klo utk sepeda motor haruanya pabrikan berani buka pasar baru,( misal motor model Scrambler,cafe racer dengan kubikasi 150cc),mungkin secara marketing memang msh abu abu,tapi market tsb memang msh kosong,sprti dulu Yamaha buka market matic,skrng yg lain berbondong bondong ikutan.daripada ngeluarin lagi model naked,sport fairing,sampai sampai makan market sodara sendiri,sekarang ini kan jamannya “yang klasik yang menarik”

    Like

  29. bejo says:

    ada yg berpikir ini artikel untuk yamaha …padahal ini juga untuk honda , kawasaki , suzuki ,dll

    Like

  30. novarioadi says:

    Kritik ini adalah bukti cinta madev…betul om?

    Like

  31. aganwidodo says:

    Yamaha budeg? Gak juga. Yamaha selalu mendengar permintaan konsumen. Sayangnya yg dianggap konsumen oleh yimm cuma para fby, bukan konsumen swinger, bukan pula masyarakat umum.
    Kata konsumen (fby): Matic gak perlu ban besar, cukup ban kecil aja, soal geal geol mah cuma bece doang. Yimm menuruti.
    Kata konsumen (fby): motor 150cc cukup sohc, gak perlu dohc nearly lanang hello kitty, buat apa dohc kalo sohc aja udah superior bisa ngamplengi motor lain di berbagai ajang balapan. Yimm tanggap dan mengikuti.
    Ada contoh lain?

    Like

    • fby says:

      Mio Z, Soul GT, X Ride, Nmax ban dan velg lebih lebar dari skutik Honda kok kaga lu sebut?

      itu kok mesin SOHC 150cc Verza yang ukuran bore x stroke nya sama persis kayak DOHC 150cc NCB NCBR & Sonic, tapi kenapa si Verza kagak ngaku ngaku “Nearly Square” juga???

      Apa bisa NCB NCBR & Sonic “pnp” piston sama punya Verza???

      Pantesan DOHC gimmick pada meleduk DNF dibalapan.

      ngeriiii

      ๐Ÿ˜†

      Like

  32. bdt says:

    bukannya karena konsumen kita yg pinter itu sedikit om daripada yg bodoh???

    (menguitp teori suhu jaos )

    Like

  33. bdt says:

    smartphone itu cuma butuh chip ,

    hardwarenya sedikit, cukup merubah chip, jadilha hp dng beda kelas,

    itu kenapa lifecule smartphone cepat sekali,

    dan jepang terlampat dlm hal ini, mereka jago dlm hardware, tp tdk dgn coftware

    Like

    • mariodevan says:

      Rasany g juga.. Software kn tgl ngandelin pihak ketiga… Kan ada raksasa android…

      Kaizen skg da g relevan, kedepanny kayaknya bakalan sperti xiaomi dlm menciptakan produk…. Hear you comunity

      Like

  34. fby says:

    Kenapa kok mesin SOHC 150cc Verza yang ukuran bore x stroke nya sama persis kayak DOHC 150cc NCB NCBR & Sonic, tapi kenapa si Verza kagak ngaku ngaku “Nearly Square” juga???

    Apa bisa NCB NCBR & Sonic “pnp” piston sama punya Verza???

    Pantesan DOHC gimmick pada meleduk DNF dibalapan.

    ngeriiii

    ๐Ÿ˜†

    Like

  35. c33b says:

    bener om,yamaha sangat lambat inovasinya.hal ini diperparah dengan mengeluarkan produk yg terlalu segmented

    Like

  36. Lovemotobike says:

    kog jadi pengen reblog yak…wkwkwkwk

    Like

  37. bom says:

    intinya bang madev ingin yamaha selalu keluarkan produk baru tiap bulan…..biar banyak bahan tulisan kan kan kannnnnnnnnnn……
    .
    .

    Like

  38. GHOST says:

    gue jg bingung yamaha kenapa jd budek gini

    ini lawanny cuma AHM loh bukan sekelas honda thailand

    mesinny dohc ny aja masih tahun depan, R15 dulu lg bukan vixion

    sama dealernya juga parah, beli cash masih dipersulit

    ponakan beli all new soul gt 125 niat cash mlah jd kredit -_-

    Like

    • bdt says:

      khan jualan dealer makin dikit, otomatis pendapatan sales berkurang jauh ,
      tdk spt thn 2008- 2010 jaman ymh lagi booming

      yach sales ngandelin uang fee tambahan dari pihak ketiga, si pemberi kredit,

      saya ngaa tau fee ya brp / unit dari si pemberi kredit buat sales

      kalu jula cash, pasti ngak dpt uang tambahan,

      fby sering bilang sdm ahm bodoh-bodoh, ndak ngerti yg bodoh sebenarnya siapa

      Like

      • GHOST says:

        ahm emang bodoh kok

        cuma marketing dealernya gue acungin jempol

        kebalikan dr yimm yg pinter bikin produk baru tp nol di pelayanan dealer

        Like

  39. aganwidodo says:

    Oh iya maaf, mio z, soul gt, x ride, ban dan velg lebih besar dari matic honda. Dan dohc nearly lanang pada mleduk dibalapan. Verza sohc yg jelek cuma buat bapak-bapak.
    Tuh, udah ane sebut. Btw, sesuai judul artikel, terlalu cinta bisa membunuhmu.

    Like

    • aganwidodo says:

      Komen ini buat yg reply komen ane diatas.

      Like

      • GHOST says:

        iya tp semua line up matic nya telat

        orang2 udh percaya duluan sm metik ahm yg sebenernya biasa aja

        kalo 2017 yimm ga ganti itu mesin wah mio jilid 2 bakal keulang

        amit2 pake sport honda yg ancur begitu kualitas QC nya

        Like

  40. Indrax1 says:

    Salut n jempol 100 kli buat Bang Madev..kritiknya begitu masuk akal dan membangun…
    Sebagai pecinta Yamaha..dan sebagai loyalis yamaha rasanya wajar memberi masukkan..yamaha yg dulu terkenal selalu dengerin keinginan konsumen..tpi yg skrng kesannya selalu liat data penjualan..selama masih laku anti banget buat perubahan..paling uga ganti striping n ganti iklan..
    Dan tdk bisa dipungkiri dulu Honda yg kesannya motornya bapak2 malah sekarang aktif banget dengerin masukkan dri konsumen
    Yg jdi pertanyaan sebenarnya ada apa :
    1. Apa emg managemen yamaha udah gk maw dengerin masukkan dri konsumen lgi, atw
    2. Emg maw mengulang kisah lalu nunggu ambruk bru maw melakukan perubahan.

    Like

  41. Padu Nyarita says:

    Duh tulisan Mariodevan makin asyik saja dibaca. Jempol dualah. Two thombs. Terus nulis ya. Fans boy dan sales baiknya baca biar gak asal kobong.

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s