Kawasaki Indonesia terjangkit Rabun??

november-hebatartadiskinsight-banner-promo-fix

 

Halo friends kali ini madev mau membahas mengenai pabrikan Kawasaki! baru-baru ini mereka baru saja meluncurkan motor baru yang merupakan firts mover dikelasnya! sport 250cc dual silinder di kelas adventure! menggunakan mesin yang identik dengan Ninja 250, Kawasaki membandrol motor barunya ini mulai dari 62 juta hingga 70 jutaan!

versys-x-250-kawasaki

Langkah kawasaki untuk masuk ke segment baru bagus, mengarap pasar baru yang sebetulnya punya potensi bagus! tapi bandrol yang diberikan cukup mengernyitkan dahi!!tidak ada yang salah sebenarnya! tapi strategi bandrol ini menujukkan kawasaki masih menggunakan paradigma lama, bandrol harga mahal, dan berharap konsumen akan membeli karena tidak ada pilihan alternative lain!

Kawasaki seolah-olah tidak menyadari atau menderita rabun, bahwa kondisi market sedang berubah sangat radikal! kompetitor-kompetitor masuk dan bersaing gila-gilaan sedangkan kawasaki masih bergerak mengikuti paradigma lama, dan bertumpu pada kekuatan brand mereka kawasaki! tapi sampai kapan?? lama-lama juga kekuatan brand akan tergerogoti jika tidak muncul langkah nyata untuk berubah!

Versys 250 saja sudah dibandrol 70 jutaan, apalagi new ninja dengan supercharger??

Madev menulis ini sebagai kritikan untuk kawasaki agar sedikit memberikan perlawanan! tidak heran Honda sangat mendominasi, selain karena faktor internal, lebih banyak karena faktor eksternal, lha wong kompetitor-kompetitornya seperti tertidur, hanya Yamaha rasanya yang masih terus bergerak maju!!

Kawasaki harus sadar Honda kini membidik pasar sport 250cc 2 silinder yang saat ini menjadi tulang punggung penjualan mereka, belum lagi Yamaha yang masih penasaran dan bersiap dengan R25 facelift, selain itu market big bike atau moge juga kencang digarap Honda, disisi lain kehadiran kompetitor baru seperti KTM tentu membuat produk-produk kelas menengah mereka seperti Ninja Mono dan Z250sl menjadi tidak relevan, terlihat sangat overprice!! padahal kekuatan brand KTM juga cukup kuat, berharap 3S?? tentu tidak bisa, karena jaringan mereka juga tidak berbeda jauh hancurnya, bedanya KTM saat ini agresive membangun jaringan bahkan pabrik perakitan, sedangkan kawasaki masih melamun dengan produk-produk mereka yang mahal….

Mungkin mereka berdalih soal kualitas, Yup kualitas kawasaki memang diatas rata-rata pabrikan lain, tapi ingat profile market indonesia, mereka lebih suka motor yang berlimpah fitur, desain menarik dan harga murah, tapi dengan kualitas rata-rata! percuma kualitas hebat tapi harga menjadi tidak terjangkau, disinilah titik kompromi harus disesuaikan antara pabrikan dan konsumen!

Kalo kawasaki terus seperti ini akan sangat susah bersaing, karena produk-produk mereka mudah jadi sasaran tembak pabrikan lain!! kawasaki seperti terjebak masa lalu mereka yang digdaya dengan ninja 250nya dan tidak bisa move on, mereka seolah-olah tidak sadar bahwa market saat ini berubah total, kompetitor-kompetitor mereka sudah melompat ke kurva kedua, Yamaha siap menggarap market baru premium matic, Suzuki mulai fokus ke pasar sport, KTM dengan Sport rasa eropa tapi harga terjangkau, dan Honda dari penguasa bebek menjadi pabrikan palu gada,apa loe mau gue ada!!

akhir kata menutup artikel ini madev mau mengutip kutipan terkenal sejak tahun 70an, yang masih relevan hingga saat ini!

change-or-die-preview1

Jangan lupa add dan follow ya Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Marketing, Motor and tagged , , . Bookmark the permalink.

54 Responses to Kawasaki Indonesia terjangkit Rabun??

  1. gungun says:

    Kritikan buat yamaha juga:-D

    Like

  2. chibiyabi says:

    ekekekek, mengulang yamaha dengan vixionnya. Ketika sadar, effort yg harus dilakukan berkali kali lipat mahalnya, nguras kantong 😀 😀

    Like

  3. a603st says:

    di tunggu van-van 200 or v-strom 250 nya
    eh…..

    Like

  4. menyan says:

    Ap mungkin pabrikan laen malah ngikutin patokan harga dari kawasaki?? Misal kalo honda jadi ngeluarin crf150L, harga juga di buat head to head ma klx150?

    Like

    • mariodevan says:

      pastinya pricing kompetitor pasti jdi slah stu variable dlam penentuan harga produk… tpi msh bnyak variable lain…. yg paling mungkin harga mepet tpi value lebih, sperti CBR 250rr,…dan KTM.. harga memang mepet tpi fitur melimpah.. jdinya kawasaki tdk dilirik lagi….

      Like

    • cekuash says:

      Wah kalo pasar low-end gitu mah wow banget buat honda, pasti dihajar harga yg lebih murah biar laku. Bisa juga harga sama tapi fitur berlimpah

      Like

  5. cekuash says:

    Wkwkwk alamat mundur kya sijuki yg ngandelin satria doang

    Like

  6. han says:

    kalo soal kualitas juga ga sebagus yang dilihat om di kualitas cat masih bagus yamaha di ketahanan material masih bagusan honda jadi ini kawasaki masih kekeh dengan brand “ninja”, dan pglman ane sparepart mahal2 banget bahkan untuk sekelas ninja rr dan susah didapat

    Like

    • Iseng komen says:

      Sapa bilang kualitas cat yamaha bagus?? Bagusnya mah awal2 aja mengkilap glossy, tapi lebih cepet pudar dan kusam. Ane punya temen nvl tahun yg sama ama cb150r punya ane tapi cat terutama bagian tangki yg sering kena kaki uda kusam duluan si nvl padalah sama2 jarang d cuci…

      Kualitas cat yamaha uda ga sebagus dulu lagi…

      Like

  7. kusnanto says:

    Sepertinya kawasaki main di midle and high mas, ga ada tuh skrng motor bebeknya.

    Like

  8. fby says:

    yo ra po2 to bang dev. la wong memang sukanya begitu, gak minat masuk kancah mainstream.

    Like

    • mariodevan says:

      kok g nyambung y, bukan itu pointnya…

      Like

      • fby says:

        huahahaha, iyo gampang gak nyambung……maksud saya anu bang dev, mereka kan saat ngeluarne produk sudah riset sana sini, la kok jadinya gitu? kalo ikut cara berpikir mereka (kawasaki) kira2nya bagaimana?

        Like

        • mariodevan says:

          memang penyakit turunan prusahaan besar, saat sudah dizona nyaman susah bergerak.. layaknya gajah gerakanny lambat krn ketumpuk lemak, harusnya sgera brubah jdi gajah perang biar bangkit lagi… besar tpi cepat dan kuat….. contohny y astra!!

          Like

          • fby says:

            betul betul, kalo sekarang seperti kapal induk dengan para pengawalnya. harus keroyokkan, kalo berangkat sendiri malah jadi sasaran empuk torpedo lawan.

            Like

  9. M16 says:

    gimana mau masuk kancah mainstream, nanti kalau laku ujug2nya dicopas juga….

    Like

  10. gilaroda2ga says:

    Kawi dgn ninja, Yamaha dgn Vixion, Suzuki dgn satria…

    Like

  11. andri says:

    sudah waktunya KMI diversifikasi produk dengan menjual Kawasaki J125 / J300 di Indonesia.

    Like

  12. Adie says:

    Mreka ttp lakukan cara itu krna cara itu masih bekerja dengan baik untuk skrang, msh bnyk orng2 beli produk kwasaki yng muahal hnya krna brandnya kawasaki bkn lhat produknya value apa tidak dengan harga sgitu?

    Klo ane sih dri dlu g prnh beli produk kwasaki soalnya trlihat orverpricenya banget.

    Tp payahnya stiap tmn2 ane yng bli produk kawasaki trutama ninja250fi ane tanya knp beli ninja250? Rata2 jawaban mreka g ad yng memuaskan, “mreka jawab ikut2 tman”, “karna kencang” (pdhl ad r25 yng lbih kncang), bhkn ad yng blng “yo mbuh pkok e tuku ninja”

    Mngkin itulah yng nmanya kekuatan sbuah brand yng sdah mlekat di masyarakat.

    Like

  13. ardiantoyugo says:

    sampe sekarang juga ga ikut terjun ke sport 150…

    Sunmori bareng Satria FU Fi: http://wp.me/p7LBn5-2fS

    Like

  14. Jessica says:

    Wah lama2 blunder, suzuki aja berbenah masa situ enggak, digilas honda baru nyadar nanti, dealer kayaknya masih banyak suzuki kah?

    Like

  15. Subaru says:

    Kawasaki terjebak oleh ninjanya sendiri…. Digencet dibawah oleh r25 yang lebih murah dan lebih lengkap trus disamai harganya oleh cbr yang lebih advance… Karena harga ninja yang overprice jadinya versys mau ga mau lebih mahal lagi karena adventure tentu lebih mahal daripada sport karena ada perkuatan sana sini…

    Like

  16. yasin says:

    Nunggu ndlosor dulu baru melek

    Like

  17. Aldy says:

    Haha akhirnya ada blogger yg nyindir pricing versys x 250 jg memang gw jg setuju kawak aneh bgt jual versys start price 62jtaan perbedaan sama versys advance hampir 11jt gila banget operpressnya ni brand gak tobat” kalo jual 250cc kebawah memang moge” kawak rata” value tp gk dengan kelas 250 kebawahnya strategi yg aneh menurut gw di moge harganya bisa pas knp jual 250cc kebawah harganya operpress bgt… singgasana ninja kali ini sepertinya bakal roboh… jadi penasaran kira” apa langkah kawak selanjutnya kalo ninja udh roboh.

    Liked by 1 person

  18. sdqweq says:

    di baca di resapi dan di koreki 😀
    kalo mau motor bagus ya harus keluar duit … kalo pegen yg murah beli aj sepeda goes …
    bukan masalahnya kawasaki rabun …. tetapi kembali lagi ke konsumen… bnyak fitur hrga murah … modal pas pas-an mending gk usah beli … kembali lagi ke konsumen … membeli kendaraan pun harus selera atau jatuh cinta pada kendaraan yg di sukainya …dan usaha yg utama … biar punya modal buat beli… 😀 maaf masih anak kecil hnya pendapat …. thanks

    Like

  19. Paijo says:

    Ga liat ancaman vstorm 250 kayanya..
    Lebih keren, lebih torque..

    Sory yah, versys ni bentuknya jelek.. jujur aja..
    Apalagi dengan pricing segitu..
    Vstorm keluar,pasti bakal kena pukulan telak..
    Asal vstorm juga harganya ga sampe 60jt

    Like

  20. yanto says:

    Menurut anda,kira2 berapa harga kulakan versys? Lalu harusnya berapa rupiah kawasaki ambil untung agar tidak dianggap over price?

    Like

  21. Aladin says:

    Sebenarnya oke-oke aja harga yang sekarang , namun tambahin lah USD dan Swingarm alumunium biar sama dengan kakak-kakaknya…

    Like

  22. Dan hal ini juga pernh terjadi pada raksasa nokia, no change = Die

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s