Sebagai warga negara yang baik! ada baiknya kita membeli produk Pertamina!!

november-hebatartadiskinsight-banner-promo-fix

Sesuai judul, madev mengajak pembaca untuk membeli produk pertamina, entah itu pelumas, bbm ataupun produk lain!tulisan ini tidak ada hubungannya dengan pertamina, dan madev tidak dibayar sepeserpun untuk membuat tulisan ini!

Latar belakang tulisan ini adalah kekhawatiran madev karena banyak orang tidak sadar bahwa kita sedang berperang dalam hal ekonomi! Pertamina merupakan salah satu Powerhouse Indonesia yang sangat penting, Powerhouse merupakan sebuah perusahaan skala gajah/besar/raksasa sebuah negara yang menopang dan motor perekonomian sebuah negara tersebut!

pertamina lubricants fix (1) (1)

Kemajuan powerhouse bisa dibilang adalah kemajuan negara, sebagai contoh Samsung dan LG di korea, Jepang yang punya Toyota, Amerika yang punya exxon, google sampai mcd, saudi arabia dengan Aramco, dan Malaysia dengan petronas, sinopec di cina, Petrobras di brasil, semakin banyak dan kuat powerhouse yang dimiliki sebuah negara, semakin jaya dan makmur juga negara tersebut!

Powerhouse sangat penting karena mampu memberikan kontribusi sangat besar bagi negara, mulai dari penyediaan lapangan pekerjaan, pengembangan Teknologi tinggi,kontribusi bagi GDP sebuah negara dimana pertamina tercatat menyumbang sekitar 20% dari total GDB, serta sebagai salah simbol kemajuan sebuah bangsa!

pertamina turbo

Pertamina sebagai BUMN harus memberikan laba mereka 50 persen untuk negara, belum sampai disitu Pertamina juga harus membayar pajak sebesar 60%, sedangkan BUMN lain hanya sekitar 30%, belum lagi CSR-CSR pertamina kepada masyarakat!bayangkan jika Pertamina kolaps?? negara juga bisa kolaps…

Mungkin banyak yang tidak tahu, pertamina kurang bisa berkembang karena harus menanggung distribusi dan penyaluran bahan bakar bersubsidi yang menggerus laba mereka, belum lagi hampir semua pembangunan besar di Indonesia di era orde baru menggunakan uang pertamina!

kini lewat perdagangan global, pertamina saat ini juga harus bersaing dengan kompetitor-kompetitor yang hadir seperti air bah di Indonesia! yang paling terkena dampak adalah dipasar pelumas, merek-merek asing juga datang, perang iklan tak terhindarkan, insentif yang luar biasa besar di jaringan distribusi, dan image mereka yang kuat didunia balap membuat pelumas pertamina kliatan tertinggal dan hal ini cukup memukul pertamina!

jajaran BOD Pertamina Region 5 mengecek kesiapan depo untuk distribusi

jajaran BOD Pertamina Region 5 mengecek kesiapan depo untuk distribusi

tidak sampai disitu di jajaran pompa bensinpun SPBU pertamina kedatangan pesaing baru, dengan pelayanan yang berbeda dan image yang kuat, tanpa disadari pangsa pasar BBM nonsubsidi pertamina di jakarta sudah tergerus 30%!

Sayangnya kemudahan yang didapat perusahaan asing dinegara kita, tidak didapatkan juga perusahaan kita, masih sangat susah untuk menembus negara asing karena proteksi yang dilakukan! sebagai contoh, perusahaan Bank kita susah hanya untuk sekedar membuka kantor cabang di malaysia, sedangkan Malaysia sendiri sudah punya Bank di indonesia!

So dari uraian madev diatas, madev mengajak kita untuk sedikit berkontribusi bagi negara untuk membeli produk-produk pertamina, bukan hanya pertamina, tapi tentu produk dalam negeri lainnya…

Monggo share komentarnya friends!

referensi : Powerhouse (Rhenald kasali)

 

Jangan lupa add dan follow ya Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Marketing, Motor, Roda 4 and tagged , . Bookmark the permalink.

61 Responses to Sebagai warga negara yang baik! ada baiknya kita membeli produk Pertamina!!

  1. putra says:

    Semoga di ikutin oleh para Blogger Blogger lain nya, andil besar Blogger untuk memajukan bangsanya adalah perjuangan nyata di era global. Promosi kan terus produk sendiri. trimakasih madev.

    Like

  2. Selamat says:

    Kenapa pertamina kehilangan 30% pangsa pasar BBM di jakarta?
    Itu karena salah pertamina sendiri, karena pertamina selama ini selalu di anak-emaskan oleh pemerintah (monopoli), jadi ketika kompetitor msk, pertamina kelabakan (tdk siap). Hal ini bisa dilihat dgn begitu jauh perbedaan pelayanan spbu pertamina dibandingkan dgn kompetitor.
    Jadi dgn contoh spt diatas bagaimana kita bisa meng-support pertamina?

    Dan lagi, tdk merata nya harga BBM di seluruh Indonesia ini. Harga di Irian Jaya selalu jauh lbh mahal dibandingkan dgn jawa. Kenapa? Dgn berbagai alasan pun dilontarkan oleh pertamina, pdhl alasan sebenarnya adalah, pertamina tdk bekerja se-efisien mungkin utk meratakan harga BBM. Lalu kenapa rakyat Irian Jaya, yg nota bene rakyat Indonesia juga, dibebani dgn harga yg lbh tinggi, akibat dari pertamina yg bekerja tdk se-efisien mungkin?
    Dgn kata lain, dijual mahal aja laku, ngapain juga dijual murah?
    Walaupun mulai tahun depan hal ini akan disama-ratakan.

    Maaf, ane tdk menjelekkan pertamina, tapi kenyataannya memang begitu.

    Like

    • mariodevan says:

      yup memang ada kesalahan pengasuhan dlunya..apalagi pertamina trgangu juga dng politik… tpi ingat 45 tahun prtamina menangung beban subsidi dan distribusi, serta menjadi gudang uang bgi negara, saat krismon 98 pertamina lah yg disedot habis2an agar negara bsa bergerak!!

      dng laba yang disedot habis2an dan harus menangung beban subsidi bsa berharap pertamina efisien??
      untungny skg subsidi sudah dikurangi, makany bsa meratakan harga bbm smpe papua…

      skg prtamina sudah berubah, dan lebih profesional, kita harus dukung itu… dng tetap stia memakai produk pertamina….. msak lbh suka buang uang kita ke shell belanda daripada ke negara sndiri??

      Like

      • eiscell says:

        apanya yg berubh …klo kit isi bensin pake motor petugas ew jutek… ngisi bensin aja tumpeh tumpeh kaya iklan susu jupe…. boro2 minta maaf atau dibantu ngelap bensin yg tumpah …malah merasa tak terjadi apa2

        Like

  3. Mayones Pedas says:

    kalau mau maju mungkin peraturannya juga harus dirubah juga soalnya pertamina harus setor labanya ke pemerintah bukan setor ke pemerintah lewat deviden saja
    kan ngeri laba perusahaan buat disetor, terus mau investasi atau mengembangkan perusahaan pake apa?? CMIW 🙂
    sampai baru2 ini Wa Men ESDM dijadikan salah satu komisaris Pertamina sepertinya biar gampang urusan sama pemerintah.
    makanya ga heran kalau Pertamina sangat “terikat” kebijakannya pemerintah
    RUMIT 😀

    Like

  4. Adie says:

    Ane stiap bli bbm ke pertamina gan dan ane slalu bli produk yng tertinggi plus or turbo. Lagian jg d kota ane g ad spbu lain slain pertamina. Hehehehe… 😁😁

    Tp klo oli ane msh pake mrek lain gan cz gk tau oli pertamina apa yng sip buat motor 250 4t..?? 🤔🤔

    Peace.. ✌🏻️✌🏻️

    Like

  5. ants says:

    Bbm pasti pertamina, adanya sih itu…
    Kalo pelumas, selalu Fastron…supri dan xeong di rumah serasa jadi lambo..wkwkwk

    Like

  6. bronpit says:

    Alhamdulillah selalu pake produk pertamina, yg pelumas masih bawaan pabrik di bawah naungan idemitsu japan tapi akan pindah pake pertamina enduro mau jajal tuh oli hehe

    Like

  7. eiscell says:

    udah ikutan nyumbang lha beline prima xp ogggg :v

    SAMSUNG J1 ACE 2016 J111 4G via @bukalapak https://www.bukalapak.com/p/handphone/hp-smartphone/2qxww3-jual-samsung-j1-ace-2016-j111-4g?utm_source=apps

    Like

  8. Subaru says:

    Pengguna setia bbm udah (doalnya ga ada pilihan lain)
    Pelumas udah (fastron diesel dan fastron hijau)

    Petugas jutek udah gw blacklist dari daftar spbu yang gw kunjungi

    Liked by 1 person

  9. septian says:

    kalo oli buat motor moped macam jupiter mx itu yang cocok dari pertamina apa ya mas madev? artikelnya bagus, ya dari orang biasa kaya saya cm bisa dukung perubahan yang maju , hehe

    Like

  10. mariodevan says:

    mantap… sekecil apapun sumbangsih kita buat negara pasti berguna…

    untuk MX bisa pake enduro 4T racing, hargany juga bersaing bgt!

    kok aq jdi smacam endorsement pertamina hehehe

    Like

  11. Motor Batangan says:

    On a whole different matter, om Madev tau gak kenapa om Komeng gak nulis lagi? kangen sama analisisnya nih

    Like

  12. MT 115 says:

    belilah ploduk ploduk endonesah… hihihi…
    alhamdulillah baru beralih ke ploduk eh produk pertamina, meskipun baru 2x pake PFT buat z1 ane… 🙂

    Liked by 1 person

  13. hiswell says:

    Sip nih artikel
    Sebenere oli pertamina itu bagus bagus. Uda dapet sertifikasi jg dr bbrp perusahaan mobil ternama. Bahkan sekelas olie mediteran sx ud di aprove sama volvo truck & bus division. Padahal itu olie diesel paling murah. Ternyata aman buat mesin diesel commonrail buat truck.

    Like

  14. Prabu says:

    Saya sangat setuju tulisan anda. Karena itu adalah wujud nasionalisme,patriotisme.
    Hanya saja,mengapa bisa terjadi masyarakat kita tidak menjadikan produk pertamina sebagai produk andalan?
    Sebab yang pertama adalah iklan. Pertamina kurang berani beriklan pada even global. (Yah,anda sudah mengemukakan sebab2nya).
    Padahal,diakui atau tidak iklan pada even global itu menambah kepercayaan,gengsi,dan kebanggaan.

    Sebab yang kedua,(ini masalah besar) adalah klaim garansi pada motor atau mobil baru yg kita beli,itu termasuk didalamnya adalah penggantian oli yg rutin pada dealer/bengkel resmi. Sementara dealer/bengkel resmi tsb wajib menggunakan oli yg direkomendasikan oleh pabrikan mobil/motor. Dan kebetulan,bukan olinya pertamina.

    Masalah berikutnya adalah banyaknya ulasan2 ttg otomotif yg mengatakan bhw berganti2 merk oli itu tidak baik,bisa merusak mesin. Atau kita harus menyiapkan dua kali oli baru yg akan kita pakai jika kita berniat mengganti oli dg merk baru. Karena oli baru yg pertama hanya digunakan utk menguras. Untuk kemudian di isi lagi dengan oli baru yg kedua.
    (Benar tidaknya berita ini saya kurang tahu). Tapi jelas ini menjadi penghambat bagi konsumen utk pindah dari oli yg direkomendasikan oleh perusahaan otomotif.

    Masalah berikutnya adalah kurangnya power negara dalam kancah dunia dalam hal perdagangan. Sehingga produk kita spt produk yg dianak tirikan di negerinya sendiri.
    (Inipun juga sdh anda bahas)

    Like

    • mariodevan says:

      semenjak subsidi dikurangi prtamina mulai brani beriklan…slah stunya mnjadi official lambhorgini… cuma y hrus brtahap, maklum budget iklan mepet dan ruwet scara birokratis…

      soal gonta-ganti oli, sbenarny tdk mslah sya sudah sring gonta-ganti maklum sring dpt gratisan dan pnasaran ingin coba..hehe… baik motor serta mobil sudH 5th tidak ada kendala dimesin….

      yuk ganti produk pelumasny dengan pertamina hehehe

      Like

    • hiswell says:

      Beberapa olie dari pabrikan mobil isinya jg olie pertamina kok. Contohnya Toyota genuine motor oil (TGMO) ijo itu isinya fastron ijo

      Like

  15. Reader says:

    Hmmm..
    Ane sering mampir kesini, tapi baru kali ini ngreget pengen komen mau bilang “artikelnya luar biasa..!!”

    Liked by 1 person

  16. pah poh says:

    kalo bisa pertamina jadi sponsor” di event bergensi.
    karna bagi kalangan muda gengsi adalah segalanya. !!

    Like

  17. Aladin says:

    Alhamdulillah selama ini ane selalu pakai pertamax atau minimal pertalite untuk BBM..dan oli enduro racing untuk pelumas.

    I love Indonesia…
    Walaupun masih banyak harapan2 yang belum bisa diwujudkan negara ini , setidaknya kita turut menikmati sarana dan prasarana yang disedikan oleh negara ini.

    Btw , Coblos Nomor 4
    #Kabooorrr :mrgreen:

    Like

  18. Aladin says:

    Btw ane boleh nyindir warung sebelah kagak nih??
    Kalau om madev keberatan dengan komen ane , dihapus aja om :mrgreen:

    Warung sebelah selalu memuja-muja pabrikan yang memproduksi lokal dengan dalih untuk memajukan industri dalam negeri yang ujungnya bakal memakmurkan rakyat dan negara (poin yang ini ane setuju banget)

    Namun beliau selalu isi bbm di ‘pabrikan kerang’ , pelumas pun begitu , kan jadi kontradiktif sama poin pertama..

    Kenapa gak pakai produk dalam negeri , bukankah baik untuk memajukan industri milik negara 😀

    Like

  19. bdt says:

    Sayang, mental oknum Pertamina msh begitu,

    Like

  20. Jamal says:

    gw selalui isi pertamax PERTAMINA…bukan karena patriotisme dll ( peduli amat )….tp cuma itu doang SPBU disini

    Like

  21. vyzex says:

    Bro.
    Pertamina tdk menanggung subsidi skrg.
    Semua bbm termasuk gas 3 kg udah untung.
    Kalaupun ada subsidi, itu tanggungan pemerintah. Mereka harus byr ke pertamina . Kan nilai subsidi bbm dah dianggarkan di apbn.

    Sayangnya pelumas pertamina yang termahal blm ada yg cocok di motor saya. Udah nyoba enduro racing, baik yg 4t mupun yg matic. Nggak ada yg bertahan sampai 2000 km. Cuma enak sampai 1000 km. Di atas itu suara mesin dah berisik banget. Mungkin telinga saya yg kurang beres.

    Make mesran prima malah joss. Padahal itu kan oli mobil. Tapi sudahlah. Mungkin mrmang motorx unik.hehe

    Klo soal bbm sih sebaiknya premium dihapus aja.

    Yg penting pertamina jg harus tambah baik. Kalo garuda bisa, pertamina jg pasti bisa.

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s