Analisa market Motor di tahun 2017!akan stagnan cenderung turun! (part 2)

aeroxartadiskinsight-banner-promo-fix

Artikel ini lanjutan artikel madev sebelumnya, sebelum melanjutkan membacanya friends bisa baca dulu artikelnya disini.

https://mariodevan.com/2017/01/02/analisa-market-motor-di-tahun-2017akan-stagnan-cenderung-turunpart-1/

Diartikel terdahulu madev sudah memberikan beberapa data-data kondisi market terutama untuk otomotif ditanah air, Sejak 2010 penjualan otomotif di indonesia menurun, bukan hanya karena dampak perlambatan ekonomi, tapi peraturan pemerintah juga membuat market turun, salah satunya tentu pencabutan subsidi bbm, peraturan DP minimum kendaraan dari 25% sekarang 20%, dan terakhir peraturan OJK pembatasan diskon oleh leasing!

BBM, peraturan minimum DP memang terlihat jelas memukul penjualan total sejak 2014

BBM, peraturan minimum DP memang terlihat jelas memukul penjualan total sejak 2014

Yamaha sudah melakukan-nya sejak pertengahan tahun depan dan Honda baru melakukannya diawal tahun ini, bagaimana hasilnya? dari pemantauan dilapangan, baik leasing, sales mengatakan penjualan langsung suram!!

So di tahun ini madev perkirakan total penjualan akan drop dibawah 5 juta unit saja!!

bagaimana prediksi soal Yamaha?

aerox hadir lebih dulu divietnam!

aerox hadir lebih dulu divietnam!

Yamaha memiliki beberapa keunggulan tahun ini.

  1. mereka sudah terbiasa dengan sistem OJK dari tahun lalu! sales sudah terbiasa fight tanpa diskon keuntungan ini lebih dulu dari Honda!
  2. Akan ada beberapa produk baru yang madev anggap sangat-sangat baik dari Yamaha yaitu Yamaha Aerox, Yamaha R15, Vixion dan R25! sayangnya produk-produk ini bukan volume maker, dan Aerox berpotensi mengkanibal VIxion maupun Nmax
  3. Akan ada strategi kejutan dari Yamaha, madev gak terlalu ingin membahas karena bisa mempengaruhi hasil dari peperangan dua raksasa motor jepang ini!

Sedangkan Honda juga punya beberapa keuntungan disini.

  1. Volume maker HOnda yaitu beat dan Vario masih aman, Yamaha memutuskan bergerak untuk mencari market lebih premium, hasilnya mungkin butuh 1-2 tahun baru mendapatkan hasil! dalam jangka pendek, Honda masih akan jadi jawara!
  2. Honda akan memasukkan PCX lokal untuk bersaing dengan Nmax! Nmax yang telah jadi tulang punggung Yamaha, bisa jadi tertekan!
  3. brand image Honda masih sangat kuat sebagai brand motor terbaik di indonesia!

Dari paparan diatas, madev prediksi Honda masih akan menguasai pangsa pasar sebesar 78-80% dan untuk Yamaha masih akan tertekan di angka 16-18% Jika strategi rahasia mereka berhasil, mungkin akan mampu menembus 20% Jika tidak ya penjualannya akan tetap stagnan seperti tahun lalu!

Monggo share komentarnya friends.

Jangan lupa add dan follow ya Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan 

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Marketing, Motor and tagged , , . Bookmark the permalink.

23 Responses to Analisa market Motor di tahun 2017!akan stagnan cenderung turun! (part 2)

  1. Aladin says:

    Strategi kejutan dari yamaha?
    Matic 125cc VVA buat ngehajar Vario 125 kah? :mrgreen:

    Like

  2. piop says:

    Strategi rahasia.? Apakah dengan …

    Like

  3. koler says:

    2017 :
    -R15vva nantang CBR.
    -nmax di hadang pcx lokal.
    -Xabre piye kabare..?
    -Vixion vva siap bertempur
    -Scoopy makin happy
    -Fino makin kuno.
    Sekian dlu..

    Like

  4. ndesoedisi says:

    Yang rahasia itu bikin penasaran apakah kompetitornya juga punya senjata penangkalnya atau tidak 😁

    Like

  5. Maculmania says:

    Nyang punya mongtor di Indonesia denger2 100an Juta, malah kadang2 ada Satu rumah tanggal punya 2-3 motor, jadi intinya sudah jenuh banged penjualan motor, makanya sales2 cenderung mengejar repeat order,ketimbang ngegenjot new customer, liat aja taun ini penjualan mobil malah Naik, penjualan motor tambah turun….padahal inflasi juga turun.
    Kalau ada data penjualan Mbit 2015 vs 2016 Dan penjualan NMax 2015 vs 2016 bisa diambil korelasinya.
    Maaf Masih awam

    Like

    • mariodevan says:

      jika benar mencapai 100 juta rasionya masih 1:2,5 dibandingkan dengan jumlah penduduk, bandingkan dengan thailand yang 1:1 dan malaysia sekitar 1:2

      itupun sebarannya gak merata, di bali paling padat rasionya disusul jawa! jadi sebenarnya marketnya masih terbuka

      oh ya di indonesia rata2 orang membeli motor hanya 14 bulan bandingkan dengan thailand yang 20an serta vietnam yang 60an

      pasarnya masih sangat-sangat terbuka!

      Penjualan mobil justru naik?? ya ini karena perlambatan ekonomi rata-rata hanya menyasar golongan menengah kebawah, yang menengah keatas kelas mobil justru naik! banyaknya kebutuhan perusahaan untuk alat transportasi dll selain itu rasio pemilik mobil masih sangat rendah dari 1000 orang hanya 70 orang yang memiliki mobil, bandingkan dengan thailand yang 165 kendaraan/1000 orang, dan malaysia yang 334 kendaraan/1000 orang…

      pasar otomotif indo masih sangat menggiurkan….

      Like

      • Kunyuk says:

        karena perlambatan ekonomi rata-rata hanya menyasar golongan menengah kebawah, yang menengah keatas kelas mobil justru naik!.. Ini kelas yg dibidik oleh yamaha. Makanya yamaha fokus dikelas 20-70 juta. Dikelas ini yamaha benar benar menerapkan sandwich strategi. Liat aja direntang 20-35 juta, berbagai produk seperti aerox 155, Nmax, NVA, R15, Xabre dan yg akan launching tahun depan seperti new R15, all new vixion, facelift Nmax. Rentang harga tersebut sudah terlalu padat dengan produk yamaha. Calon customer akan mudah memilih produk yamaha sesuai budget dan tipe yg diinginkan. Makanya yamaha tidak peduli dengan stigma ‘produk akan memakan saudara nya sendiri’. Karena produk direntang harga tersebut banyak varian dan tipe yang bisa dipilih. Mau matic sport, matic nyaman, naked sport, street sport, maupun sport kudungan…abs, non abs… Semuanya ada dan ready. Tinggal dipilih sesuai keinginan dan budget. Untuk yang kelas diatas 35-70 jutaan, yamaha tinggal copy strategi dari kelas 20-70juta. Toh produknya juga sudah siap. Seperti Xmax 250, new R25, new MT25, mungkin cafe racer 250cc. ABS maupun non ABS. Mungkin strategi ini akan terlihat jelas di tahun 2018. Tapi pelan pelan dimulai akhir tahun ini. Sebagian produk juga akan di launching tahun ini (kemungkinan Xmax 250).

        Like

        • Maculmania says:

          Makasih banged atas pencerahannya bro Kun (maaf gak lengkap, :p ) Betul, berarti analis YIMM berpendapat bahwa middle low class bakal kejepit Dan turun , makanya digenjot middle up class, Karena dirasa kelas ini sdh mantap Dan mateng, strategi yg ciamik menurut saya, dan memang sekarang YImM udah ngga nanggung2 lagi, mereka mulai membina class middle up, Dan ini harua diprotek abis, jangan ilang momentum….

          Like

        • bejo says:

          3.Akan ada strategi kejutan dari Yamaha, madev gak terlalu ingin membahas karena bisa mempengaruhi hasil dari peperangan dua raksasa motor jepang ini!

          xixixixixi ..lho lho gimana si bro kunyuk …masa strategynya begitu aja

          Like

  6. chibiyabi says:

    intinya, YIMM mau memperbaiki image dulu lewat produk skutik medium n big skutik dan tentu saja sport, lsg perang di pasar volume maker, butuh modal besar, selain musuh sudah terlanjur kokoh dengan produknya, menghilangkan image buruk produk produk low endnya yamaha bakalan berat buat yamaha, disaat MS tinggal 20 %, jadi YIMM pake strategi pull up, image low end mereka bakal ikut terkerek sama produk medium n big skutik mereka. klo ada yg bilang 125 cc pake vva, knp ga sekalian 110 pake vva, ini tambang duit utama, 125 selanjutnya.

    VVA terbukti meningkatkan efisiensi konsumsi bensin, disini YIMM kedodoran, terbukti YMjet FI dimatikan n musti ganti jd bluecore, beda sama PGM FInya honda yg terbukti bandel, VVA + Bluecore bakal jadi modal buat ngelawan PGM FI, selain system injeksi tentunya saja soal shock keras, komstir oblak, velg goal geol n ukurannya amit amit imut muti diperbaiki juga..

    dan yg ga bisa dilakuin YIMM sampe detik ini adalah bikin produk dengan market pasar luas, dulu mio awal awal meledak juga karena ni motor bisa dipake siapa aja, anak SMA cwe cwo, cwe kantoran ibu ibu, bapak bapak, jomblo ngenes bisa make juga, setelah Mio seri awal ga ada lagi produk low end Yamaha seperti itu.

    usahanya bakal makin berat disaat MS mengkeret klo kata madev, plus sizuka dah punya niat mo bangkit, sizuka punya modal gede, produknya terkenal bandel bandel, awet, tinggal gimana caranya menormalisasi jaringan dealer 3S, apalagi klo MR.Wijayanto, Mind genesis, Madev digebet ma sizuka ekekekekekek

    Like

  7. wkwkwkwkkw says:

    tinggal nunggu madev bocorin yang nomor 3 paling atas.

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s