Adu Dyno mesin Yamaha R15 v2 vs Suzuki GSX-R150 vs CBR 150r, siapa paling unggul?

aeroxartadiskinsight-banner-promo-fix

Halo friends selamat pagi! waktu blogwalking ke otomotifnet, nemuin sebuah artikel yang menarik yang sayang jika tidak dishare, yaitu hasil Dyno motor sport fairing terbaru! yaitu Yamaha R15 versi lama bukan yang VVA ya, Suzuki GSX-R dan juga sang jawara bertahan Honda CBR 150r!

menariknya lagi ketiga motor ini walau bertarung disegment yang sama punya konfigurasi yang berbeda, Yamaha dengan SOHC, Suzuki DOHC overbore, dan Honda dengan DOHC nearsquarenya! kalo madev ibaratkan ini seperti memasak sebuah menu misal nasi goreng dengan 3 koki internasional yang berbeda, sama menu tapi beda rasa! tinggal konsumen yang nentuin lebih suka rasa yang mana?? duh jadi lapar kan karena ngomongin makanan wkwkwk

66658-komparasi-power-di-atas-dyno-gsx-r150-versus-cbr150r-dan-yzf-r15-siapa-paling-besar

Nah dari hasil geber-geber selama 10 kali, didapatkan hasil yang memangg sudah sewajarnya tidak terlalu mengejutkan….

tenaga terbaik dari GSX-R150 tercatat menyentuh angka 15,82 dk di 10.000 rpm dan torsi 12,04 Nm di 8.800 rpm. Terlihat grafik tenaga naik perlahan dari putaran bawah, sedang torsi baru menanjak signifikan di 6.000 rpm dan di 7.000 rpm kedua grafik bertemu.

Asyiknya karakter mesin overbore sangat terlihat di sini, putaran maksimal mesin bisa tinggi banget, terekam baru kena limiter di 12.500 rpm, sedang di takometer kelihatan sampai 13.000 rpm. Istimewanya grafik tenaga dari 9.000 rpm sampai kena limiter bisa rata. Sedang torsi mulai menurun di 9.000 rpm. itulah asyiknya overbore memang seyogyanya motor sport fairing pake konfigurasi mesin ini sih IMHO!!

bagaimana jika dibandingkan sang lawan?? seperti yang bisa diprediksi…  kedua rival ini punya power sedikit dibawah GSX-R, karakter mesinnya Square, punya putaran mesin yang tentu lebih rendah, tapi kelebihannya torsi lebih melimpah!

Diukur di dyno yang sama dan kondisi sama standar pabrik dengan bahan bakar Pertamax, All New CBR150R ternyata tenaga maksimalnya 14,77 dk/9.200 rpm dan torsi 12,59 Nm/7.200 rpm. Sedang R15 14,17 dk/8.900 rpm dan 12,76 Nm/7.000 rpm.

Nah dari hasil ini sih memang tidak ada yang mengejutkan, ketiga motor ini punya karakter yang berbeda dengan segala kelebihan dan kekurangannya masing-masing! jadi penasaran jika Yamaha R15 SOHC VVA diukur dengan dyno…. jadi seperti apa ya grafiknya??

monggo share komentarnya friends…

Jangan lupa add dan follow ya Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan 

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Motor and tagged , , . Bookmark the permalink.

10 Responses to Adu Dyno mesin Yamaha R15 v2 vs Suzuki GSX-R150 vs CBR 150r, siapa paling unggul?

  1. randy says:

    Mantap kang dev. Jd klo ad yg msh gontok2 an nie dkash grafik byr mingkem. 😆😆😆😆

    Like

  2. leledumboz says:

    nasih dohc cikiwir near square, power keok torsi keok

    Like

  3. handoyo25 says:

    Sebenarnya angka2 hasil dyno itu akan terasa manfaatnya bagi rider saat kondisi sperti apa ya? 😀

    Di jalan raya utk riding hariankah?
    Bahkan utk penggunaan track day atau kompetisi di sirkuit saja masih banyak faktor lain yg harus dipertimbangkan utk bisa dianggap “unggul”

    Like

    • leledumboz says:

      buat jualan om..yang bakal diliat sama orang khan power baru torsi
      sama aje dengan beli komputer prosesornya i3.i5/i7 atau AMD ryzen
      memorynya berape.?kalo buka office mah dikit bedanya baru berasa kalo game/graphic enthusiast.
      untuk riding harian pasti ada rasanya beda power/torsi, b

      Like

  4. Copet_wonokromo says:

    Dev, artikel motogp dong 😀

    Like

  5. Copet_wonokromo says:

    Plus kekuatan masing* team, motor dan pembalap ya dev… Hahahaha banyak mintanya.

    Like

  6. hr25de says:

    Ternyata selisihnya tipis2 aja ya. Tapi kalau bicara bobot, gsxr emang paling enteng, mestinya ya paling ngacir.

    Like

Coment gratis :D