Adu Sport naked Bike 150cc! Yamaha Vixion vs Honda CB 150r vs GSX-S150, Pilih mana?

artadiskinsight-banner-promo-fix

Ditahun ini kelas Naked Sport 150cc sangat panas! karena produk baru sudah digelontorkan dengan berbagai macam keunggulan masing-masing! Suzuki mulai masuk dengan GSX-S150! Yamaha juga baru-baru ini demi mengejar ketertinggalannya menghadirkan dua varian langsung untuk Yamaha Vixion, yaitu All New Vixion dan Vixion R!

Honda CB sambil wait and see baru-baru saja merefresh CB150 mereka dengan striping baru!

Lalu bagaimana jika seandainya Yamaha Vixion, GSX-S150 dan CB150 ini jika diadu?? mana yang lebih value dan layak untuk diboyong?

berikut madev coba ringkaskan buat para pembaca sekalian!dan semoga bisa jadi referensi sebelum membeli!

Desain

berbicara soal desain memang tidak lepas dari selera masing-masing, untuk Suzuki GSX-S150 motor ini sangat padat, kalau diperhatikan dari ukuran radiator punya dimensi yang paling besar, bagian bodynya juga oke punya, cover yang menutup bagian body sampingnya punya kualitas yang oke, jadi tidak terlihat “murahan” dan justru terkesan garang!

mesin dan radiator berdimensi besar membuat tampilan padat dan garang!cover body samping juga membuat motor ini punya kharisma tersendiri yang memukau

salah satu yang membuat berbeda adalah model jok yang terpisah/split, ini sebenarnya bisa jadi kelebihan maupun kelemahan! bagi suzuki (dari hasil tanya jawab dengan jajaran BOD Suzuki) Model jok itu dipilih karena menyesuaikan dengan DNA GSX yang sporty, dan ingin tampil beda dibandingkan dengan kompetitornya! tapi bagi konsumen hal ini bisa jadi kekurangan, karena biar bagaimanapun motor sport 150cc itu untuk kegiatan berkendara sehari-hari atau istilahnya komuter! dan dengan model jok seperti ini sangat menyusahkan jika dipakai berboncengan!

masukan sih mungkin suzuki bisa meniru model Jok KTM, dimana walau terlihat seperti model split atau terpisah, tapi sebenarnya Model joknya masih tandem!

Soal lampu depan, banyak komentar yang bilang model lampu depannya jelek! tapi bagi madev sih tidak, hanya perlu dudukan plat nomor saja dipindah, udah cakep, kembali lagi desain masalah selera!

bergeser ke Yamaha Vixion! berbeda dengan GSX-S150, Vixion memang punya desain bergaya seperti cheetah, slim, dan langsing! dan ini masih tetap dipertahankan dari generasi pertama, hingga sekarang jadi jika ada yang berharap desain vixion akan seperti MT, anda salah berharap hihihihi

All new vixion 2017

Melihat secara langsung motor ini memang punya tampilan yang cukup keren, walau banyak komentar yang yang mengatakan jelek, tapi bagi madev pribadi yang sudah melihat langsung! ini motor cukup keren kok!! mungkin karena ekspektasiya terlalu tinggi untuk vixion makanya banyak yang kecewa!

Untuk tipe standart bagian mesin punya warna emas, yang membedakan secara desain antara tipe standart dan tipe R, selain warna mesin, yaitu yang tipe R sudah memakai banana ARM jadi terlihat lebih berisi dan keren, serta emblem 3D yang elegant!lalu bentuk desain Velgnya juga berbeda, Vixion R terlihat lebih sporty!

Yamaha vixion type R 2017

lalu bagaimana dengan Honda CB150r? secara basic design honda CB150 ini punya desain yang keren, dan sudah sesuai dengan selera konsumen indonesia!

Yang paling madev suka sih desain lampu sein atau rating dari CB150r yang sudah LED dan berbentuk kotak kecil! sangat berbeda dengan kompetitor yang belum LED, mesti simple tapi membuat bentuk secara keseluruhan lebih manis dipandang!

desain buritan Honda CB150 pict by Mr Bondan

Striping-striping terbarunya pun cukup menarik, fresh!

kalau dilihat dari ketiga motor ini memang secara desain saja punya basis yang berbeda-beda, mulai dari GSX yang bergaya sporty Jok model split dengan cover body! Yamaha yang tetap mengandalkan deltabox, desain slim, dan kini untuk tipe R sudah dilengkapi Deltabox! sedangkan Honda full LED dengan lampu seinnya juga, dan model rangka tralisnya cukup menarik! mau pilih yang mana?? kembali selera desain masing-masing orang berbeda-beda!

Performa!

Soal performa untuk Power dan torsi bisa lihat saja di brosurnya, madev akan membahas dari segi pengalaman berkendara, dimana baik dengan Suzuki GSX maupun Honda CB madev sudah mencoba di jarak yang cukup jauh!! untuk VIxion madev belum mencoba sih, tapi setidaknya sudah merasakan mesin 155 vva slipper clutch milik R15 yang identik dengan yang dipakai Vixion R

Honda CB150r punya performa yang biasa saja tapi komplit, di RPM bawah torsinya oke, di RPM puncak masih bisa diajak lari cukup jauh! mungkin karena konfigurasinya yang lebih ke overstroke walau sudah DOHC ya, jadi motor ini memang sangat nyaman dipakai untuk stop and GO! tidak buas dari segi torsi, tapi masih cukup untuk dipakai ngebut! ya selama masih 150cc dan mesin standart sih mau dipakai ngebut kayak gimanapun tidak akan berbeda jauh!

GSX-S150 dengan knalpot SARPP

 

GSX-S150 karakternya sangat agresive friends, artinya saat pertama kali kita membuka GAS motor ini punya torsi yang sangat nonjok, seperti mau melompat-lompat, dipakai Whelie juga enteng banget ini! walau saat ditarik dari gigi satu, pindah dua dan tiga seperti ada jedah! (karena konfigurasi overbore-ya mungkin) tapi saat masuk ke RPM tinggi nafasya terasa sangat panjang! masih naik terus dan terus naik! cocok dipakai jarak jauh, tapi masih nyaman juga dipakai untuk stop and Go, apalagi secara handling nie motor enak juga dan ringan!

Untuk Yamaha Vixion punya dua jenis mesin, Vixion standart menggunakan mesin lama 150 yang diberi slipper clutch, dan Vixion R menggunakan mesin baru yang identik dengan R15 VVA dan Slipper clutch!

Untuk mesin baru sensasinya memang sangat-sangat berbeda, karena sudah dibekali dengan VVA, untuk RPM atas sensasi dorongan tenaga bisa kita rasakan, di 7400RPM vva akan berfungsi kalau kita perhatikan dan rasakan akan ada seperti dorongan tenaga baru dari mesin! untuk delivery powernya terasa vixion memang sedikit smoth tidak terlalu meledak-ledak seperti GSX! tapi dengan perpindahan gigi yang tepat Vixion bisa melaju sangat cepat!

sensasi slipper clutch juga harusnya sangat nyaman jika dipakai harian, berdasarkan pengalaman saat ketinggalan rombongan turung gsx bromo surabaya, beberapa kali madev mengalami ban belakang terkunci karena berusaha mengejar rombongan dengan full speed di jalanan yang ramai! jika pakai slipper clutch hal ini tidak akan terjadi, karena perpindahan gigi dari gigi atas ke bawah akan sangat smoth berkat slipper clutch!

HARGA

soal Harga GSX punya keunggulan tersendiri, sampai tulisan ini ditulis GSX masih ada harga promo yang lebih murah 2 juta dari Vixion standart maupun CB150r, sedangkan untuk Vixion standart dijual diangka 26 juta, lebih murah 25 ribu dengan CB150r tipe standart, Harga OTR Honda CB 150R StreetFire Special Edition: Rp. 27,425,000, dan Vixion versi tertinggi dibandrol diangka 29,5 juta, jadi motor termahal dikelasnya!

Kalau dilihat dari positioning harganya madev lihat baik Yamaha, Honda ini masih bermain aman! hanya Suzuki yang berani agresive berpromosi dengan memberi harga yang cukup terjangkau!!

Yamaha vixion 2017 slipper clutch

Yamaha vixion 2017 slipper clutch

Kesimpulan

Ketiga motor ini punya keunggulan dan kelebihan masing-masing!

Jika friends tidak masalah dengan layanan after sales yang masih “kurang”, serta tidak masalah dengan bentuk desain Jok yang sedikit menyiksa bonconger, Suzuki GSX-S150 bisa jadi pilihan yang terbaik!!

Kelebihan dan kekurangan suzuki GSX S150

Honda CB150r masih bisa diandalkan, ditengah gempuran kompetitor, desainnya masih cukup bersaing, dan berkat jaringan aftersales yang sangat baik dari Honda, CB150r masih bisa jadi pilihan, sama satu lagi, biasanya motor honda itu walau OTR-nya lebih tinggi, tapi kalau beli kredit, diskonnya cukup banyak, jadi DP dan cicilanya bisa sangat rendah hehehe

Vixion punya dua pilihan, jika ingin merasakan sensasi mesin VVA dan Slipper clutch dan tidak masalah dengan budget tentu bisa memilih Vixion R, tapi jika budget terbatas yang versi standart oke juga kok, karena secara desain semuany hampir sama!

Oke friends demikian yang bisa madev share, ada yang mau nambahin??monggo share komentarnya!

Jangan lupa add dan follow ya Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan 

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Motor and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

19 Responses to Adu Sport naked Bike 150cc! Yamaha Vixion vs Honda CB 150r vs GSX-S150, Pilih mana?

  1. bdt says:

    sptnya emang vixion v standard cuma abisin stock mesin aja

    Like

  2. DNFmagz says:

    Mau vixion R tp harganya berasa kemahalan, bikin ragu

    Like

  3. Ngemeng², itu kunci kontak new vixion kok balik ke stang lagi kenapa ya om?
    Menurutku malah keren di tangki.

    Like

  4. bronpit says:

    Tampilan elegan ketemu tadi sama All New Vixion di jalan ….

    Like

  5. gilaroda2ga says:

    Cukup jasjesjos aje dah…

    Like

  6. Bang herman says:

    Vixion keluar terakhir sungguh mengecewakan.
    Padahal ini bisa jadi opsi ke 2 bgi yg gk mampu beli R15

    Like

  7. Supra 2002 ku ngilani says:

    Ekspektasi tinggi thp vixion memang sangat wajar, krn dr gen 1 dan 2 model vixion selalu mendapat boom efect.

    Like

  8. nasrul says:

    nva lebih mantap ,,new vixion indihe bnyak” aja berharap biar ngk kyag byson

    Like

  9. nasrul says:

    desain tumpul kang liat bagian depan dan blakang kebnyakan desain india tumpul kurang garang ,,byson jga gtu ,,verza ,,viar ,bajaj dan komplotan indihe lain nya .. itu motor desain indihe ngk bisa di tutupin

    Like

  10. bescorpio says:

    Iya bener, Yamaha gak mau Vixion jadi MT karena serinya memang FZ, tentang bodi slim bener juga baru ngeh memang filosofi desain keknya ambil dari cheetah

    Like

  11. Emang says:

    Cb150r sangat ringan dan responsif, mesin jg halus.nanjak2 jg sangat mudah.desain lebih berkesan gagah.

    Like

    • Croit says:

      Tp klutuk klutuk mesinnya … Ekekkekkkee punya tmn ane baru sebulan dah klutuk klutuk . Dah ke beres gak bunyi… Seminggu kemudian jumat lagi klutuk2

      Like

  12. rally says:

    lagi lagi py temen lagi lagi py temen..wkwkwkwk

    Like

  13. irawan says:

    viksen r hargany mendekati ninja250karbu bekas.hhhh
    kalo 27 mungki viksen r bisa laku banyak

    Like

  14. mariodevan says:

    Yah namanya juga seken…. hehehe… vixion bekas juga cuma seharga beat skg….

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s