Pasar Ayago tak lagi sama, sudah saat-nya Suzuki masuk ke kelas 150 dan 250cc!!

Sebelum-nya madev sudah sempat menulis mengenai hadir-nya Sonic dan isu updated Satria FU injeksi, nah seperti biasa artikel tersebut secara otomatis lansung tershare di facebook.

Ini artikel-nya

https://mariodevan.com/2015/09/28/hot-rendering-satria-fu-jika-benar-seperti-inisetidaknya-suzuki-masih-bisa-menambah-napas/

new-rendering-satria-fu-150-fi

Nah menarik-nya ada coment Mr Wiyanto di kolom facebook, komentar-nya cukup singkat tapi ada makna terdalam yang bisa kita gali!! berikut isi komentar-nya

Wiyanto Sudjono Sudah saatnya suzuki masuk di kelas 150 dan 250 sport sebelum punah di kelas ayago

kalau membaca sekilas terlihat hanya seperti komentar biasa, tapi sebenar-nya ada pandangan yang dalam dan jauh kedepan!!

Nah dengan jelas Mr. Ws memprediksi bahwa cepat atau lambat Satria FU, bagaimanapun usaha-nya bisa punah diterjang kompetitor!!apalagi kompetitor-nya sekelas Honda! jika kita ambil angka kecil bahwa ada 20% share satria FU yang kerebut Honda, impact-nya sangat besar bagi Suzuki, karena share FU menunjang total penjualan Suzuki hingga 90%, kehilangan 20% share FU sama saja kehilangan penjualan 18%, jadi dari 10 dealer suzuki setidak-nya akan tutup 1-2 dealer, dari situ akan terjadi pengurangan pegawai hingga 20%!! luar biasa memang impact Satria FU bagi Suzuki Indonesia!! tidak heran Suzuki seharus-nya mencari tambang penjualan di segment lain!!

Lebih lanjut Mr. WS memberi saran bahwa suzuki harus masuk ke kelas 150cc dan 250cc sport, bukan kelas matic ataupun bebek!!

Kelas Sport masih ada peluang, peperangan sport 250cc masih akan dimulai, dan Suzuki punya peluang disitu, apalagi suzuki pernah sukses dengan FXR dan Thunder dimasa lampau!!

dari dua point diatas bisa kita petik banyak pelajaran mendalam sebenar-nya, dan topik ini sangat layak didiskusikan…

Apakah Suzuki harus mulai move on dari pasar ayago dan mulai beralih ke segment sport 150 dan 250 yang mulai berkembang??dan apa alasan-nya??

selamat berdiskusi friends…

 

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Marketing, Motor and tagged , . Bookmark the permalink.

32 Responses to Pasar Ayago tak lagi sama, sudah saat-nya Suzuki masuk ke kelas 150 dan 250cc!!

  1. warungasep says:

    harus, karena sifat bangga FBS terhadap FU nya sudah gak masuk akal wkwkw, mosok FU disebut motor terkentang didunia… nah kalo Suzuki punya sport(apalagi keren dan kencang juga menang dimotogp) barulah FBS boleh besar kepala… tinggal mikirin dmana alamat dealer Suzuki yg masih buka… #jangandidengerinkomentarsayayangpentingjemuurrr

    http://warungasep.net/tag/suzuki

    Like

  2. yellowduck says:

    balik lagi keniat pabrikannya, selama ini SIS ga niat jualan R2, cuma R3 yang jadi anak emasnya.
    kesian karyawannya yang siap2 nganggur.

    Like

  3. SAS says:

    Betul itu. Sonic dgn gencar melakukan penjualan. Di sisi lain mx king mulai naik cc setara fu. Model super bebek liquid cooled engine vs ayago air cooled.

    Sedang sport 150 fairing masih pasar yang muda. 250juga masih minim friksi. Suzuki masih punya chance di sini.

    Like

  4. ardiantoyugo says:

    Seharusnya mulai ancang ancang… Dan keluar langsung all out sekallian…

    Like

  5. RF says:

    Memang sudah saatnya move on agar tidak semakin terpuruk.
    Numpang sharing aplikasi android untuk merawat motor matic di Google play Gan
    https://play.google.com/store/apps/details?id=rifel.appliction.servisberkalamotormatic

    Like

  6. rio says:

    klo ane sih lokalkan gixxer buat mengangu pasar verza.. n byson.. dengan syarat harga d bawah 20 jt. .. bisa juga masuk ke segment matik 150 cc yg masih fresh.. buat desain yg lebih sporty.. apa lagi desain nmax n pcx msih nyeleneh blum bisa dtrima baik.. apalagi kawula muda yg naksir metik gambot

    Like

    • mariodevan says:

      matic rasany domain honda dan yamaha, suzuki susah brtaruh dsini….

      segmen sport bawah bertarung dgn honda jangan harap deh… msh lbh mudah brtarung dng yamaha…. di segment sport atas…. karena masih baru2 terjun dsni….

      suzuki harus hati2 karena dia tdk punya power/sumber daya yang besar….

      Like

  7. Dakko-Chan says:

    Suzuki, siapa yg berani bilang itu motor jelek? dulu penguasa no 2 stlh Honda, skrg jd no brp ya?? 4 kl ga slh stlh Kawasaki. drpd punah mending di take over aja sama Astra dr Indomobil! thn dpn New Satria FU baru nongol? kira2 dah brp banyak MS nya yg disikat Sonic? apa msh mungkin bisa ngelawan Sonic yg mungkin sdh menyebar penggemarnya di seluruh pelosok negri.

    Like

  8. supra 2002 ku awet rajet says:

    suzuki mst mulai niru YIMM yg berani jualan mesin seadanya dgn kosmetik luar biasa. gak usah muluk2 jual fxr reborn ato hayabusha deh. jual thunder 150 fairing di harga 20juta kebawah jg udah ckup menggoyang dunia R2 koq. ini malah young star yg mau nyasar anak SMP. nyasar tu otak emang.

    Like

  9. goozir says:

    bikin aja ayogo 250cc biar pada kojel kojel

    foto suter mmx500 in deatail

    http://www.goozir.com

    Like

  10. bdt says:

    sport 150 cc itu pangsa pasarnya lebih luas, bertambah ms nya seiring jumlah penduduk

    250 cc saya rasa sangat terbatas, lebih baek ngak usah

    terbagi dari harian, racing dan naked

    model suzuki terbaru dah bagus, ngak kaku serta wagu lagi, bejaban ama kawasaki dan yamaha

    tinggal ikut gaya honda , kawasaki aja,

    dari yg gede sampe yg kecil design mirip

    dijamnin laku,

    liat kasus ninja yg s3 aja seuprit bisa kalahken ymh dan honda yg banyak,

    harga mesti 11-12, kalu bisa di angak 11 nya aja

    Like

  11. subaru says:

    kesempatan besar di sport 150 CC..suzuki masih punya nama yang disegani di area sport. kalau bisa sekalian di adventure 150 CC mumpung ada mesin baru segera aplikasikan di kelas ayago, sport dan adventure 150CC. dulu TS itu raja sebelum KLX dan Dtracker datang

    untuk 250 CC kalau menggunakan mesin inazuma ane rasa susah bersaing kecuali diam2 riset DOHC 2 silinder

    Like

  12. O=O says:

    klo utk msalah FU ane sependapat tuh utk move on dimarket yg lain sbagai pundi2 selanjutnya, tpi tetep gak meninggalkan FU yg sekarang pastinya, krn diakui/ gak emang dstu pundi2 pabrikan S, nah klo msih mau on the track ke pertempuran jangka panjang dgn kompetitor ambil langkah strategy dmana awal lahirnya FU150 dikelas motor sport 150-250cc. Walau segmentasi hanya 40% tpi hal it akan dapat menghidupkan varian yg lainnya krn prestige brand & emotional market akan sangat menentukan
    dri kacamata awam, sepertinya S akan bersikap layaknya Y dalam bertarung nantinya walau ad sedikit perbedaan, tpi mnurut opini ane akan lebih baik jika S menerapkan ap yg sudah geng ijo lakukan untuk bertahan & berkembang

    Like

  13. dtx says:

    suzuki ini lucu …di saat injury time baru mulai mau bergerak …kenapa pilih bergerak di waktu yang susah alias perlu effort yang luar biasa ……lucu kan ? ….saat yamaha dan honda mulai mau gerogoti FU dan di saat market lesu …….asli ngak punya blueprint mau di bawa kemana tuh bisnis R2 terkesan reaktif

    Like

    • bdt says:

      r4 dia lagi mumet, di amerika aja tutup

      Like

      • dtx says:

        tau sendiri honda dan yamaha itu lagi lapar market share ….mereka berebutan market share , bahkan berupaya menciptakan kue market share baru ….di saat sudah sesak mau ngak mau melirik lha mereka ke share yang cukup gurih (FU) ….kawasaki pinter masuk di 250 di awal dan udah jalan lebih jauh di moge walaupun akhirnya honda dan yamaha akan kesana juga setidaknya kawasaki lebih enak bergeraknya di banding kalo dia telat main di 250 dan moge……….bentar lagi motor garuk tanah , motor bungie, motor listrik, dll …kita lihat aja nih ……….menciptakan kue2 market share baru

        Like

  14. LupaNarikRem says:

    Setuju sama artikel yang ini. Mungkin suzuki terlalu bersantai-santai dan berpikir “FU pasti laku” karna belom ada saingan. Santai banget pas Sonic rilis. begitu sebulan Sonic rilis baru deh kelimpungan. Padahal Sport suzuki banyak yg di agung-agungkan. Coba aja Suzuki ngeluarin motor Sport dengan mesin khas Big Bike Suzuki di eropa yg terkenal kentjaang kaya hayabusa dan GSX Series trus bikin yang sedikit low. Contohnya, GSX-250 & GSX-150 buat kelas full fairing, trus juga bikin nakednya dengan harga yg beda tipis, trus bikin lagi 1 Sport low end sekelas Verza. cukup 5 Line up sport kaya gitu pasti bisa bersaing deh. jangan ngarepin pasar Matic & Bebek. Honda terlalu kuat disini….

    Like

  15. nganu ngini says:

    suzuki akan mati kalau cuma mengandalkan FU dan ga ngutak ngatik metik yang ada, ADDRESS dan NEX…. pasar terbesar ada di metik tp ga serius terjun di metik…

    aneh dengan pola pikir Suzuki

    Like

  16. mas.john says:

    suzuki buat kualitas mesin okelah…saya akui..cuma yg sekarang kualitas sumber daya dan pola yg mau di anut buat ngembangin produk skrng ini yg sulit di mengerti…

    Like

  17. walawala says:

    ayago 250cc ban cacing dijamin njengat-njengat ekekekekeke

    Like

  18. bayuaji says:

    Suzuki seperti nya ga punya Tim Kreatif buat bikin produk2 baru yg bisa di terima masyarakat.
    Atau memang sudah mulai patah arang untuk membuat produk baru. Solanya setiap keluar motor baru tidak pernah booming .Respon masyarakat biasa2 aja , Kalopun ada pembeli paling juga loyalis2 suzuki aja.
    Mungkinkah suzuki sudah tidak punya modal buat riset mesin atau model baru ?

    Like

  19. Pingback: Tahun 2016, Suzuki mulai move on dengan 3 model sport!! | mario devan Blog's

  20. Pingback: Naked dan Fairing sport 150 suzuki, akan trial pada bulan April! | mario devan Blog's

  21. Pingback: Prahara Supra GTR dan MX king di segment BEBEK Sport!! | mario devan Blog's

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s