Prahara Supra GTR dan MX king di segment BEBEK Sport!!

Hasil aisi bulan april dari segment Bebek Sport 150cc, tidaklah mengejutkan, MX king masih jadi yang terdepan, sonic di nomor dua, dan Satria FU injeksi, seperti prediksi semakin turun, karena market ayago tidaklah sama lagi! (baca artikel-nya disini https://mariodevan.com/2015/09/29/pasar-ayago-tak-lagi-sama-sudah-saat-nya-suzuki-masuk-ke-kelas-150-dan-250cc/)

Yamaha jupiter mx king putih

Berikut data selama tahun 2016 ini by Kompas.

 Data AISI

Januari

Februari

Maret

April

Total

Yamaha MX King

7.791

14.575

6.712

7.681

36.759

Suzuki Satria

2.981

10.065

3.120

1.765

17.931

Honda Sonic

2.687

2.587

4.813

5.615

15.702

Market size Jupiter MX king memang lebih besar dari pasar bebek Ayago, hal ini memang telah terjadi bertahun-tahun lalu, cukup unik memang karena selama ini kita tahu-nya Pasar Ayago itu pasti lebih laris dari model bebek seperti MX, ini karena pengguna Ayago cenderung “berisik” hehehe, dan model seperti MX ini lebih laris diluar pulau seperti sulawesi dan kalimantan, sehingga gaung-nya tidak terlalu terdengar!

Nah menarik-nya Honda pun mulai masuk ke segment ini dengan Supra GTR 150r! dan ini pasti langsung mengancam MX king, motor bebek honda yang paling laris, paska semakin turun-nya market bebek konvensional seperti vega, force 1 dan Jupiter Z1.

Walau diposisikan berbeda sebagai bebek penjelajah, sedangkan MX king diposisikan sebagai bebek racing dan sporty, tapi tentu saat terjadi pembelian di lapangan, baik saat akan membeli Supra gtr maupun MX king, tentu kedua motor ini akan dibandingkan!

Lalu apakah Supra GTR 150r, bisa berbicara banyak di segment ini?? Prediksi madev sih Supra GTR 150r ini akan bisa menjadi raja baru di segment bebek sport 150cc.

Supra 150GTR cicho jericho

wuih apa gak terlalu prematur nie prediksi-nya?? walau Madev secara opini pribadi tidak menyukai desain GTR 150r ini, masih lebih suka desain Jupiter MX king, dan positioning sebagai bebek penjelajah rasanya “lebay”, tapi tidak bisa dipungkiri Supra GTR 150r ini akan bisa lebih laris dari MX king! berikut beberapa point yang bisa madev share.

  1. Nama besar SUPRA!, tidak bisa kita pungkiri nama besar supra sudah melekat tajam di ingatan konsumen, jadi saat ada nama supra yang mengisi segment baru di bebek 150cc, ini bisa jadi pilihan bagi yang selama ini menjadi konsumen fanatik Honda!
  2. Hystori Supra, secara histori klan supra selalu lebih laris dari klan Jupiter! Yamaha sudah melakukan berbagai cara, sampai meluncurkan dua motor sekaligus Jupiter Z dan MX king untuk meng-kill supra, tapi satu dekade berakhir dan Supra masih tetap motor “bapak-bapak” yang lebih laris dari Jupiter!
  3. Model mainstream, Model-nya memang terlalu mainstream, terlalu biasa mirip revo generasi pertama, tapi justru model mainstream seperti ini  memiliki potensi market yang lebih besar dari pada model yang anti mainstream, ini sudah menjadi hukum alam! seperti kenapa model MX king lebih laris dari model Ayago! dan kenapa model vixion/cb 150 bisa lebih laris dari Xabre yang anti mainstream.

Tapi Supra 150r ini juga tidak akan mudah untuk merebut market, salah satu hambatan dan tantangan-nya adalah soal pricing yang diposisikan sangat “Pede”, 21 juta untuk ukuran bebek, walaupun mesin-nya menggunakan mesin sport yang similiar dengan CBR 150r, tapi secara psikologis model bebek dengan harga diatas 20 juta terasa sangat tinggi!! akankah target Market yang disasarnya model mainstream bahasa simple-nya “Bapak-bapak” rela mengeluarkan duit sebesar itu untuk sebuah bebek?? tantangan Supra justru mungkin akan datang dari produk-nya sendiri, berkompetisi dengan Verza, maupun Vario 150!!

Nah apakah…

Supra 150GTR…

Mampu berbicara banyak?? Monggo share komentarnya friends.

 

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Motor and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

22 Responses to Prahara Supra GTR dan MX king di segment BEBEK Sport!!

  1. mbah Darmo says:

    pertamax

    Like

  2. bescorpio says:

    bukan hanya “bisa” tapi PASTI, analisanya saya setuju dengan anda terutama “model yang mainstream” walau saya pribadi kalau disuruh memilih pasti pilih MX KIng dengan pertimbangan “ramah premium”, berat kosong lebih ringan, jarak sumbu uroda lebih pendek dan saya FBY hahahaha

    Like

  3. bdt says:

    suah sih meneurut saya, kecuali yg beli emang bapak-bapak.

    dan meneuru saya, karena secara design ahm juga tau gtr ini kalah dari mx king,

    maka image dibelokkan bebek sport menjadi bebek sport touring,

    otomatis jika kalahpun dgn mx king secara ms,

    ada celah u/ ngeles, bahwa gtr tdk disipaken u/ head to head secara langsung dgn mx king

    Like

  4. are wege says:

    Over price..gile si supra naik harga,, dari 16jt ,sampai ke 21jt😂… design biasa aj, kurang kalo menurut ane

    Like

  5. gilaroda2ga says:

    Yg manteb itu emang strategi lek Honda, motor type apapun di pabrikan tetangga, dihadapi semua, sebentar lg cbr250rr dual cyl berhadapan dgn lek ninja yg legendaris, dan tinggal nunggu segmen trail dr lek honda…Jan mbuh wes, cmiiw😂

    Like

  6. mikri says:

    saya pesimis supra gt ni bsa ngalahin mx king.kalo liat review para bloger yg mengatakan suspensi&jok keras dan pake kopling….pdhl supra dulu dikenal krn nyamannya suspensi dan easy ride.ditambah harganya yg mahal.dimana rivalnya si mx king pernah coba embuk jok&suspensinya dan harganya lebih murah….

    Like

    • mikri says:

      ow ya satu lagi klan supra terkenal bebek paling irit..dan memang terbukti.mknya laris….kl si gt….wah ngak yakin bisa irit.

      Like

  7. Jamal says:

    pasti lah si GTR ini bakal menunjukan taringnya ….kita lihat saja 3-4 bulan ke depan

    wkwkwkwkwkwkwk

    Like

  8. Jamal says:

    Harusnya AHM mengeluarkan yang non kopling jg , biar pilihannya kumplit

    Like

  9. chibiyabi says:

    tanpa bagasi, jadi rada aneh dengan nama supra

    Like

  10. bejo says:

    hmm sptnya susah …tapi kalo sampe laku ngalahin MX …salut sama yang bisa menjual dan mengkomunikasikannya dengan baik…dan itu jadi warning yang sangat berbahaya buat yimm

    Like

  11. pengamat says:

    prahara kyk judul sinetron aja terkesan lebay

    Like

  12. Retro says:

    Tunggu motor listrik aja… Cukup honda grand’92 aja yg di pelihara…

    Like

  13. tommy says:

    bebek penjelajah?????? aahh ada” aj ya klo turing pake motor sport dong dari pada beli bebek 20 jt mending beli mtr spot baru tinggal nbah dikit

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s