Mengenal produk “must have”!produk yang membawa perubahan bagi perusahaan!

Halo friends, kali ini madev mau sedikit membahas atau share mengenai marketing/pemasaran, sedikit banyak blog ini sudah dikenal sebagai blogger analis marketing roda dua, hehehe, topik yang mau madev bahas adalah mengenai produk “must have”

Apa itu produk “must have” ? terjemahan bebas-nya adalah produk “must have” adalah suatu produk yang sangat bagus, sehingga membuat kompetitor menjadi produk yang jadul, cupu dan tidak relevan lagi dengan perkembanan jaman

Kekuatan produk must have adalah kekuatan inovasi-nya, sehingga membuat produk must have memiliki value yang jauh lebih tinggi dari kompetitor.

Yamaha Mio produk must have yang merubah sejarah Yamaha di Indonesia

Yamaha Mio produk must have yang merubah sejarah Yamaha di Indonesia

produk “must have” biasanya masuk ke segment atau subkategori baru, misal motor matic, sub kategori-nya Low matic, yang pertama kali diisi oleh Yamaha Mio, waktu pertama kali peluncuruan-nya, Mio mengisi segment yang benar-benar baru, matic kompetitor terlihat besar dan berat, serta secara desain tidak sesuai dengan pasar Indonesia, sehingga Mio meledak dipasaran, dan membuat Yamaha langsung melejit dan mendekati Honda dalam hal market share!!

Tapi tidak selama-nya produk “must have” itu mesti masuk ke segment atau sub kategori baru, misal Honda beat, saat kehadiran-nya dia membawa suatu hal yang baru yang tidak dimiliki oleh Yamaha Mio, Fitur dan isu irit, langsung mampu membuat Yamaha Mio saat itu tidak relevan lagi, karena minim fitur dan boros!! sampai detik ini pun, beat masih menang dalam hal fitur dan isu irit.

Honda beat produk must have dari honda, yang mendepak Yamaha

Honda beat produk must have dari honda, yang mendepak Yamaha

Selain inovasi, ada satu lagi yang paling penting, timing/pemilihan waktu, menjadi pertama atau trendsetter tidak selalu bisa diandalkan, perlu juga menjadi yang terbaik, sebagai contoh, Apple perusahaan paling inovatif dengan segudang produk must have mereka, Ipod bukanlah produk pemutar musik digital pertama, sony dengan walkman-nya sangat berjaya dua tahun sebelum ipod, Ipad? bill gates sendiri sudah memperkenalkan tablet PC 10 tahun sebelum-nya) tapi yang dikenal tentu Ipad!!dan kembali lagi Yamaha Mio, bukanlah yang pertama ada produk-produk matic dari Kymco, bahkan matic pertama yamaha yaitu Nouvo, gagal dipasaran!!

Nah kenapa madev membahas mengenai produk “must have” ini?? karena produk must have ini sangat penting bagi perusahaan, berkat produk must have ini, mampu merubah wajah perusahaan dan meningkatkan profit, berkali-kali lipat!! dengan kata lain, pertumbuhan positive perusahaan ditentukan oleh kemampuan mereka menciptakan produk “must have”

Madev ambil contoh lagi Yamaha, kemampuan Yamaha di tahun 2000an, menciptakan empat produk must have (mio, vega r, jupiter z, dan Vixion) merupakan kunci besar-nya Yamaha seperti saat ini, sebagai pengetahuan saja, dulu-nya Yamaha hanya perusahaan kelas 3 dibawah suzuki sebelum produk-produk must have-nya booming.

Vixion produk must have yang masih bertahan semenjak 2007

Vixion produk must have yang masih bertahan semenjak 2007

Mio booming karena sebagai alat transportasi yang ramah bagi wanita, Vega R membawa standart baru motor bebek murah, dimana pasar bosan dengan produk grand dan turunannya, Jupiter Z masuk ke subkategori bebek kencang yang digdaya dipasar senggol, dan VIxion membuat kompetitor-nya saat itu megapro menjadi tidak relevan lagi untuk dibeli, karena “jadul”

Oleh karena itu, jalan satu-satunya bagi Yamaha ataupun Suzuki yang sedang terpuruk untuk bangkit, adalah kembali menciptakan produk “must have” di segment yang tepat dan besar, saat ini produk Must have yang cukup baik milik Yamaha adalah Nmax, tapi pasar-nya kecil, dan tidak akan mampu mengerek perubahan signifikan bagi Yamaha, Suzuki sendiri masih berkutat dengan FU-nya, kawasaki?? semakin nyaman dengan moge-moge, Honda?jangan ditanya, mereka punya produk “must have” di setiap kategori-nya.

Oke demikian penjabaran madev mengenai produk must have yang harus diketahui oleh semua insan yang bergerak dibidang pemasaran, bagi orang awam, nambah-nambah pengetahuan lah, sapa tau nanti punya perusahaan sendiri dan ingin berkembang!!amin….

semoga berguna, di artikel selanjut-nya madev akan membahas bagaimana cara menciptakan produk must have, monggo share komentarnya friends.

referensi :

David Aaker, brand Relevance : Making competitor irrelevant, 2011

W chan Kim dan Renee Mauborgne, blue ocean strategy, 2005

eddie Yoon dan Linda Deeken, why it pays to be a category creator, harvard business review, maret 2013

 

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Marketing, Motor and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

18 Responses to Mengenal produk “must have”!produk yang membawa perubahan bagi perusahaan!

  1. Aladin says:

    setau ane Mio , Jupiter Z dan Vixion yang bener2 merubah mindset orang tentang yamaha…

    kalau Vega ane kurang paham , mungkin karena kurang booming kali ya di daerah ane…

    Oia , kepindahan VR ke Yamaha ikutkah berpengaruh terhadap mindset konsumen kita bro madev?

    Like

    • mariodevan says:

      vega penjualanany diatas jupiter wktu itu, mindset dan image yamaha jg naik brkat mx dan rossi yang berkolaborasi menimbulkan image kencang dan slalu terdepan…

      tentu faktor rossi sdikit bnyak berpengaruh, tpi tetap yg utama adalah produk, produk payah biar mau diendorse siapapun tetep aja g laku….

      Like

  2. kasamago says:

    Paling fenomenal adalh Vixion di tahun 2007, tanpa dia dunia sport g sepanas skrng.. plus duo AvanXenia. Iklan kartun vixion lawas sulit ane lupakan, berkesan.

    http://kasamago.com/

    Like

  3. adhe145 says:

    Nyimak aja, analisa yg bikin tambah ilmu, sip Lah.

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s