Komunitas Digoyang!Yamaha bisa babak belur!!

Halo friends tercatat 3 hari sudah madev tidak updated artikel… dikarenakan Hape yang biasa madev pake ngeblog rusak (oppo R5) Dan puncaknya charger laptop pun rusak!jadinya cukup meruntuhkan mood buat nulis!! hehe…

Oke back to topik yang madev mau angkat, yaitu soal Yamaha dan komunitas, pemandangan unik yang madev lihat saat hadir di acara launching Honda CBR 150r di surabaya kemarin, ternyata ada rolling thunder club CBR selain itu diundang juga komunitas Yamaha R15 bisa lihat gambar dibawah ini yang dijepret rekan blogger madev Rudysoul.

yamaha R15 di acara launching CBR 150

Tampak-nya memang sepele, sebuah club motor diundang kompetitor untuk menghadiri acara launching produk kompetitor, bagi mata orang awam, tentu hal ini biasa, tapi coba kita bedah lebih dalam.

Madev termasuk orang  yang pernah merasakan apa artinya brotherhood di komunitas/club motor!dari 2009 tergabung dengan komunitas/club motor!! komunitas ini bisa dibilang adalah semacam evangelis marketing, mereka mempunyai kebanggaan terhadap motor dan brand motor-nya melebihi konsumen biasa, dan bisa dibilang fanatisme mereka kadar-nya hampir sama dengan suporter bola!!

tanpa dibayar mereka akan menceritakan keunggulan produk tunggangannya, walaupun ada kekurangan akan diceritakan apa adanya tapi mereka selalu punya solusi untuk kekurangan produk tersebut! tanpa dibayar mereka memakai atribut dengan tulisan produk yang dibawa!seperti iklan yang berjalan!selain itu jika ada saudara, tetangga, rekan kerja, rekan sekolah, teman main, selingkuhan, dll yang butuh motor mereka tentu akan merekomendasikan brand yang mereka pakai! dan bisa jadi paling anti dengan merek dan brand kompetitor!

Tapi apa jadi-nya jika sebuah komunitas itu mulai secara perlahan justru “dientertain” dibuat nyaman, dibuat enak, dibuat enjoy dan fun, oleh kompetitor!??

Sefanatik apapun kalo sudah disentuh di hati tentu akan luntur juga! apalagi mereka menemukan hal-hal  yang luar biasa jika bergabung dengan komunitas kompetitor (ini jika diasumsikan produk-nya sama bagusnya dengan produk kompetitor! jika produk kompetitor lebih baik??lebih nampol lagi)

Lalu apa saja yang bisa membuat komunitas Y merasa sedikit jealous terhadap komunitas H!!??

  1. Komunitas H segala aktifitas-nya didukung penuh pabrikan!!baik material maupun non material.
  2. Banyak aktifitas yang diadakan, sedangkan Y minim aktifitas
  3. ada kartu khusus Honda comunity dan OHC (one heart card) setiap pemegang kartu ini mendapatkan asuransi, dan diskon diberbagai macam merchant mulai dari restoran, cafe, rumah sakit, dan masih banyak lagi!! apalagi di tiap event jika menunjukkan kartu ini bisa mendapatkan merchandise ini yang bikin ngiler…. beli motornya sekali diskonnya berkali-kali sampai motornya modar…
  4. Hubungan antara pabrikan dan komunitas sangat erat, dan berada di level yang sama! sebuah simbiosis mutualisme!!

Nah saat komunitas merasakan kenyaman yang lebih dari kompetitor, saat dia ingin membeli kendaraan lagi, atau menukar kendaraan-nya, atau merekomendasikan ke orang lain, tentu hal ini yang sudah menancap kuat dipikirannya akan menjadi pertimbangan juga! so jualan produk bukan hanya soal bagus-nya produk itu sendiri, tapi juga soal hubungan?relationship!dan after sales, karena motor bukanlah produk yang skali pakai, atau jarang pakai, tapi pemakaiannya bisa disandingkan dengan handphone yang sangat sering digunakan!!!

yuk diskusi, monggo comentnya.

 

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Marketing, Motor and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

26 Responses to Komunitas Digoyang!Yamaha bisa babak belur!!

  1. taeyeon says:

    hp oppo kuwi? asus aja wkwk

    Like

  2. cadoxs says:

    Nah puyeng dah fby😂😂

    Like

  3. Namaku Belum Terdaftar says:

    Sakno rek komunitas y.
    Aku tggl8/04/2016
    Bersama om rudysuol dpt undangan launching honda cbr dimalang.
    Undangan honda mpm dealer malang

    Like

  4. anonimus says:

    Yimm minim aktifitas ane akuin, apalagi aktifitas marketing paling sederhana, nebar brosur, hal ini ane rasakan di bekasi, daerah lain kurang tau
    Sementara ahm lebih aktif dan pernah sekali ane liat mereka gelar sportshow (walaupun ada matic juga) deket rumah ane

    Like

  5. isal says:

    Yes, itoe benar adanja. I have feel it in Yamaha. Yamaha seperti masih kalah di sisi hubungan komunitas dibanding Honda. Palingan yg masih berasa cuma di event Sunday Race/track daynya aja. Sayang sekali.

    Like

  6. jildhuz says:

    Komunitas itu sebenernya baliho berjalan atpm juga sih om. Harusnya komunitas itu di jaga, mereka bukan fansboy yang menyembah merek, tapi suruh kredit barian terendah selama 5 tahun dengan potongan 12 bulan angsuran 0 persen aja gak sangup

    Mereka mampu secara financial untuk beli motor
    Tapi begitu di goyang, loyalitas bisa turun bener kata ente

    Wkwkwkkwkw

    Kemaren pas motret model cewe pas loncing cbr juga banyak kok komunitas yamaha sama kawasaki, dan heranya komunitas jupiter z (bebek 115cc) paling banyak jumblahnya

    Bayangin aja, kaya komunitas mbebek ini di komporin, ayo upgrade ke 150cc

    Wkwkwkwkwk

    Saya mah mending motret modelnya, bule bule cui, ajak kenalan

    https://jildhuz.com/2016/04/10/khasiat-sesungguhnya-dari-halmavico/

    Like

  7. nano says:

    keluhan para pengguna oppo yaitu gak kuat 1 tahun,banyak yg ngeluh oppo gak tahan lama,temen2 saya yg punya oppo pada mati,contoh nya oppo neo matot,klaim di service center harus ganti mesin 900rb,akhirnya di buang.pada kapok kang pake oppo.

    Like

  8. sufitrider says:

    yimm semakin tergerus. ayo tunjukkan valuemu. biar ahm maen value juga

    Like

  9. blade-in says:

    Udah ada kasus kan! Komunitas dicuekin, proposall sponsorship gak ditanggepin…. SOMASI NMAX DILAYANGKAN !!! Diiringi ancaman lagi, Somasi diterusin, atau kasih ke gue XMax250 !!! (Somasi paling lucu yg pernah ada!!!)

    Like

  10. yasin says:

    Coba infinix note 2 om batre 4000mah layar hampir 6inch cuma kekuranganya di kamera ama sensor yg minim.

    Like

  11. Pingback: Terlalu sedikit cinta juga bisa membunuhmu! | mario devan Blog's

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s