Bagaimana analisa market underbone 150cc paska hadirnya Supra 150r??

Halo friends selamat pagi, selamat berhari senin, selamat bermacet ria hehehe, kali ini madev mau membahas dinamika pasar underbone 150cc!yang lagi HOT! yang mau madev bahas adalah pasar Jupiter MX king, dan kita kesampingkan dulu membahas jenis underbone ayago macam Sonic dan Satria FU!

analisa pasar underbone 150ccNah pasar Jupiter MX king ini walaupun gaungnya kalah tenar dengan Satria, tapi ternyata secara market pasar MX ini jauh lebih besar dari pasar Ayago! hal ini bisa dilihat dari market share yang lebih besar! walaupun fluktuatif tiap bulan, tapi secara total pasar MX king lebih besar!walaupun masih kalah besar dengan pasar underbone 125cc yang diisi supra X!! untuk pesebarannya MX ini sangat laris diluar pulau jawa!

Yamaha jupiter mx king putih

Untuk saat ini bahkan dari bertahun-tahun lalu!Jupiter MX king berada di zona nyaman, nyaris tidak ada kompetitor yang head to head, membenturkan MX king dengan satria maupun sonic, adalah tindakan konyol karena secara marketing kedua produk ini berada di segment yang berbeda!!

tapi zona nyaman ini sebentar lagi akan menjadi perang yang berdarah-darah, karena lagi-lagi Honda ingin meramaikan segment ini, produk-nya sudah sempat bocor dan diberi nama Supra 150x teasernya sudah keluar dan tinggal menunggu waktu saja untuk dilaunching, bahkan di vietnam sudah lebih dulu meluncur dengan nama Honda Winner!!

teaser honda supra 150x

teaser honda supra 150x

Walaupun serupa dan berada dimarket dan segment yang sama, tapi kedua produk ini tidaklah sama, kedua-nya masih menyimpan DNA yang kental dari masing-masing brand!! Honda Supra dengan kelebihan fungsionalitas dan desain yang lebih mainstream, sedangkan Yamaha Jupiter MX masih setia dengan pakem Sporty, racing dan speed-nya yang dibangun dari iklan-iklannya (masih ingat kan iklan MX king dan komeng yang meruntuhkan jembatan hehehe), walau madev rasa secara mesin kedua produk ini kok rasanya seperti tertukar, MX king yang mengusung tema racing harusnya menggunakan mesin dohc 6 speed Supra!!

honda-winner-150-doi-thu-cua-exciter-150-lo-dien-497-1459997634-5705cbc2b7c07.jpgMelihat hal itu, secara analisa singkat, madev rasa Supra 150x akan lebih laris dari Jupiter MX, kenapa? karena supra 150x ini memiliki market yang lebih luas! desainnya masih bisa diterima para rider supra, maupun revo  yang ingin naik kelas, dan secara mesin bejaban dengan MX king yang diposisikan kencang, MX king tetap akan merebut hati para rider yang lebih muda dan suka kencang, apalagi di ajang road race MX king sangat hebat disini, tapi Supra 150x akan merebut pasar yang mengedepankan fungsionalitas tinggi, tinggal lihat saja pasar mana yang lebih besar, itulah pemenang-nya!! (bisa lihat gambar pertama diatas untuk lebih jelas-nya)

honda-winner-20164.jpgGimana menurut friends semua?mana yang akan lebih laris Supra 150x atau Jupiter MX King?monggo share komentarnya beserta komentar cerdasnya.

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Marketing, Motor and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

38 Responses to Bagaimana analisa market underbone 150cc paska hadirnya Supra 150r??

  1. Mas Hendrik says:

    Menurut saya yg IMHO, penjualan sx150r nanti akan njebloss, karena:
    NON HELM-IN
    semoga aja bner dan Ahm akan lgsg melakukan facelift di thun mendatng

    Like

  2. naruto says:

    tetengga ane punya mex king yg mov*star lagi,. padahl dia FBH lho, di rumahnya ada si Tigor ama si supri 125.. mungkin dia terpesona ya akan kemolekan si mex king..

    xixixixixi

    Like

  3. pak bambang says:

    mas bro devan,
    saya mau tanya, kalau fungsionalitas supra x 150 itu dimana ya?bukannya sama seperti jupe king yg tidak ada bagasinya? fitur yg lain juga menurut saya sama karena tdk menonjolkan fungsionalitasnya kecuali ada versi yg non kopling manual
    kalau menurut saya supra x berhasil mengungguli jupe king atau tidak itu tergantung dr pricingnya. kalau sama2 19-20juta mungkin supra bakal berjaya tp kalau disrt 21-22jt, ga yakin supra bakal menang

    Like

    • mariodevan says:

      Terima kasih pak bambang atas pertanyaannya…

      Fungsionalitas adalah kemudahan dalam berkendara, bukan hanya didukung oleh fitur seperti bagasi dll, tapi juga oleh desain dan model, perhatikan model revo vs vega/force 1, secara fitur,bagasi dll rasanya sma, tpi saat pandangan pertama mana yang lebih terlihat fungsionalitas dan mana yang lebih ke sporty??seperti itulah

      Kedua adalah soal ergonomi, walau belum mencoba tpi sepintas terlihat supra lebih nyaman dalam ergonomis..

      Soal price, bisa iya bisa tidak, ada beberapa produk yang lebih mahal tpi justru lbh laris, mio vs beat, mio lbh murah tpi beat lbh laris dll…

      Btw trims sudah berkunjung…

      Like

  4. topenk says:

    dari desain bodi biasa aja, padahal motor yg juara ms adalah yg menang desain, banyak yg mesinnya juara tapi kalah ms

    Like

  5. anonimus says:

    Versi indonesia tempel aja gantungan barang kaya di supra x 125, jadi lebih fungsional :v

    Like

  6. jildhuz says:

    Supra gak ada bagasinya sama sekali

    Gak taunkalo mx king, ada atau gak walau dikit

    Bagasi buat sekedar naroh mantol itu di perlukan di mbebek

    https://jildhuz.com/2016/04/10/khasiat-sesungguhnya-dari-halmavico/

    Like

  7. Bregas says:

    Pagi bro numpang komen…

    Harusnya YIMM sudah harus prepare facelift MX king,ada bocoran kapan? Dan segera jadiin mesin baru (sohc vva atau dohc bebas hahaha). Kalo terlambat ya alamat tewas seperti kasus beat,yang akhirnya mesinnya dipake ke model2 yang lain bahkan mesin vario 110 pun harus “ngalah”
    Yang susah disaingin itu entitas nama Supra yang dari jaman jebot uda ngakar.mungkin bro madev ada artikel sejauh apa peningkatan penjualan setelah penambahan embel2 king di MX,yang dipakai karena hegemoni masa lampau dari RX King.
    Semoga AHM stripping lebih baik dari vietnam ya,hehe…satu lagi,velg dikasih sewarna body ok juga. Karena ingat,mungkin Supra ga ada varian Repsol (seinget saya sih daridulu ga ada) sedangkan mx king ada varian movistar. Atau mungkin ada Supra X150 SE (yah mirip2 case NCB 150 SE yang dimana klan CB ga ada varian Repsol)

    Terimakasih maaf kepanjangan hehe

    Like

  8. civillianblogs says:

    Secara fungsional keduanya sama saja coz sama-sama tidak ada bagasinya..
    hanya design saja saja yang masih kental dengan brand masing2.. jadi bakal sama sama lakulah..
    O iya jaga komentarmu bro coz bila tidak hati hati dapat memupus mimpi anak bangsa.. lengkapnya ada di sini sob..
    http://civillianblogs.blogspot.com/2016/04/jangan-rampas-mimpi-anak-bangsa-dengan.html

    Like

  9. seanomedic says:

    klo dah ada tulisan Honda n stiker sayap biasanya jaminan laris…moga penyakit genetik pendahulunya tidak ada di Suprix..

    Like

  10. nano says:

    calon konsumen supra 150 yg gimana ya?pasti calon nya yg berjiwa bapak2 dan konsumen loyal honda.harga 20jt++ mending ,verza or megapro buat bapak2 lebih gagah,supra 125 aja uda kenceng buat bapak2 dan perawatan gampang.kalo supra 150,pake kopling,perawatan mahal dll.nama supra identik sama bapak2.konsumen mx king lebih luas,anak muda dan bapak2 masuk.jadi saya yakin mx king tetep lebih laris dari supra 150

    Like

    • niceguy says:

      Anak muda seleranya mx king, yg beliin bapaknya. Pesen dealer, nyampe rumah jadi supra 150 😁

      Like

      • mariodevan says:

        Sbenarnya slera anak muda bapak2 skg sangat bias…. Misal mio m3 vs beat, yg nyasar anak muda mio tpi beat yg make anak muda skg buanyak….

        Jadi sya rasa anak muda yang slera bapak2 rasanya juga buanyak hahaaha

        Like

  11. O=O says:

    Hello kang madev, dah lama gak bikin artikel spt ini ye….
    Ok, ane mau urun opini aje, spt sayup2 obrolan angkringan msalah MX king vs supra 150 pada dasarnya adlh klan bebek yg pada awalnya lbih mengedepankan fungsionalitas, perawatan mudah, mesin bandel, part mudah didapat&isa diajak kerja keras, nah dri segi fungsionalitas udah tergantikan oleh varian matic so ATPM mulai melirik market yg agak emosional yaitu bebek super
    Nah dri sini sbnernya user enthusiast lbih pada anak muda-dewasa yg ingin tampil beda dgn performa lebih & msih mewakili segi fungsional so dgn hadirnya MX king adlah good idea dri pabrikan Y tpi disisi lain H jg ingin berkecimpung dsni dgn multi platform mesin so mnurut ane dri versi angkringan MX king msih akan tetap melenggang jalan tegak selama supra 150 blm mengakomodir kekurangan dri MX king secara fungsional & emosional, knp bisa bgtu y karena klan bebek tetaplah bebek walau mau dibikin sesuper apapun coz yg dimau user enthusiast 150cc adlah bebek fungsional yg punya performa diatas rata2 bebek kebanyakan & wort to buy dri sisi emosional bukan dri sisi topspeed maupun besaran power tpi lebih pada performa beban stop n go serta after sales.

    Akhir kata klan supra 150 akan tetap dibawah MX king secara market selama tidak bisa menutup kekurangan dri MX king dri segi fungsional & emosional

    Like

  12. nganu ngini says:

    bakal rame nih persaingan bebek 150 di kelas bebek super ama ayago

    Like

  13. sufitrider says:

    mx tetap lebih laku. bpak2 mana doyan kopling manual nafas pendek2 gegara 6speed

    Like

  14. hiswell says:

    Supra 150 kalo dilihat sepintas rada mirip ma mx 135. Beberapa user mx 135 rada kurang sreg ma desain mx 150 (king). Bisa jadi eks user mx 135 pindah ke supra 150 neeh.

    Like

  15. blade-in says:

    Berat buat Supra 150. Secara desain dari depan dan belakangnya saja tidak terlihat auranya sebagai bebek super. Belum lagi masalah brand Supra X yang kadung lengket dengan motor bapak2 !!!

    Like

  16. Rick says:

    Ikut diskusinya mang madev.hehe

    Body plastik mengkilapnya lebih banyak mxking. Hsx kebayakan body plastik doff sama kulit jeruknya. Kalo liat spek di blog nya aripispot, bobot mxking 116 kilo kalo HSX 122 kilo kalo gak salah. Mxking ada tempat buat toolbox bisa dijadiin tempat jas ujan sigle. Hsx gak ada space sama sekali.

    Logikanya, Hsx bakal dijual lebih mahal dr sonic melihat partnya lebih banyak (panelbody) dan ban lebih besar. Paling nggak dijual 22-23jtan. Mxking masih 20-21jtan.

    Buat mesin keduanya cuma beda nol koma sekian HP, jangan koar dohc sohc disini. Realistis aja, nambah 2-3 juta dapet nol koma sekian HP plus bobot yg lebih berat ? Saya rasa bakal susah.

    YIMM juga cerdas masalah imagery. Embel2 KING sbg raja jalanan terbukti bisa membius calon konsumen. Ahm bisa aja ikut pake embel2 PRO yg terkenal bandel. Tinggal pake nama Blade yg udah lumayan punya taring di arena roadrace vs jup z1.

    Jadilah Honda Blade Pro 150 R. Muehehe

    Like

  17. kekek says:

    Fungsionaitas aapanya?wong sama2 ga ada bagasi kok

    Like

  18. Tunggu facelift keduabaru beli….
    Lihat cb/cbr ….lifetime cycle cuman ngak lama….

    Like

    • mariodevan says:

      Kalo skg da diatas angin…. Bisa kembali 4tahun lebih lifetimenya…. Paling ganti striping doank… Yamaha nie yg parah sma vixion da mau 10 tahun lum ganti mesin

      Like

  19. Sonice di gadang generasi juara kenyataan nya ? Buat bantai ayago fu dan mx….
    Jgn jgn sama kasus nya kayak sonice…
    Tren ,matik kecil akan tdk begitu menggairahkan.nanti mah ke kelas matik 150dan motor batangan.pasar pasti ada buat si supra…tp jgn seperti sonice ya….

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s