Melewati Jurang Untuk Booming!!mengenal Hukum penyebaran Inovasi!

aeroxartadiskinsight-banner-promo-fix

Halo friends, sudah lama madev tidak membahas soal marketing!kali ini madev mau membahas mengenai Hukum penyebaran Inovasi atau bahasa bule-nya adalah Law of Diffusion of Innovations! ada yang sudah tahu mengenai hal ini?? Hukum penyebaran Inovasi sendiri sudah sangat tua, karena dikemukakan pertama kali oleh Opa Everett M. Rogers, Professor komunikasi dari Amerika pada tahun 1962!

Setiap perusahaan yang punya produk baru dan didalamnya terdapat inovasi baru, harus melewati Sebuah “jurang” agar bisa diterima pasar dan menjadi booming!

Perusahaan yang sudah mapan, seperti Honda, maupun Yamaha, Toyota, samsung bahkan kondom durex dan lain sebagainya, tentu perlu melakukan perubahan dan Inovasi baru untuk tetap mendongkrak penjualannya, karena saat ini saingan semakin ketat dan berdarah-darah!

Nah dari penelitian Opa Rogers ini market memiliki 5 Jenis karakter yang berbeda (perhatikan diagram dibawah ini)

2½ % dari populasi kita saat ini adalah para inovator. 13½ % dari populasi kita adalah pengguna pertama. 34% berikutnya adalah mayoritas awal, 34% mayoritas yang terlambat dan sisanya adalah yang tertinggal dimana 16% orang ini mungkin adalah orang yang masih menggunakan SMS daripada Wa, Line atau BBM!

Para Innovators adalah mereka yang selalu updated dengan segala perkembangan, Jika ada social media baru merekalah yang pertama kali mencobanya! merekalah yang antri berjam-jam demi mendapatkan Iphone pertama kali, padahal kalo mau sabar seminggu kemudian kita bisa membeli Iphone di toko-toko terdekat tanpa antri!merekalah yang membeli Motor matic pertama kali padahal saat itu masih trend Bebek! mereka-mereka inilah penginden pertama motor-motor yang bahkan belum diliat secara langsung hanya melihat digambar doank!! dalam marketing! Perusahaan biasanya mengambil testimoni mereka untuk mendongkrak kepercayaan masyarakat! jumlah mereka sangat sedikit hanya 2,5% dari populasi masyarakat!

Kedua adalah Early Adopters, atau pengguna pertama, mereka tidaklah seagresive para Innovators yang harus jadi yang pertama yang memiliki! mereka masih melihat-lihat dan menunggu para pengalaman innovator menggunakannya, setelah mereka tahu hasilnya maka segera akan menggunakannya. Jumlah mereka diperkirakan 13,5% dari target market.

Total dengan kelompok pertama menjadi 16%, angka ini adalah batas yang harus dilewati oleh para Marketing, kalau penjualan terjadi diatas 16% maka akan bergerak dengan cepat hingga kelompok selanjutnya ikut menggunakan.

Jadi sebenarnya Mudah untuk mengetahui apakah produk itu akan booming dan tidak! tinggal lihat apakah dia berhasil mengambil 16% dari target market yang diincar!

Kita ambil contoh produk baru dari Yamaha yang punya berbagai inovasi dikelasnya, Misal Yamaha Aerox 155 VVA, untuk mengetahui akankah dia berhasil di marketnya tinggal lihat penjualan Vario 150 yang 30ribu sebulan, bagi 16% ketemu 4800! jika berhasil melampau penjualan sebesar 4800 dan stabil selama beberapa bulan, maka Aerox punya kemungkinan untuk berhasil di market!

selanjutnya adalah Early Majority Diperkirakan jumlah kelompok ini adalah 34% dari target market, saat banyak orang sudah mulai menggunakan maka mereka segera menggunakan, banyak perusahaan menggunakan para artis atau idola di segmennya sebagai promosi dalam meyakinkan kelompok ini.

Late Majority Sama dengan kelompok sebelumnya jumlah mereka sebesar 34% dari target market, dan akan bergerak setelah 50% pasar bergerak, setelah sudah booming dan terlihat digunakan dimana-mana, setelah tahu mengenai kelebihan dan kekuranganya! mereka ini biasanya pembeli generasi kedua produk! dengan alasan sudah ada improve karena biasanya produk generasi pertama banyak penyakit!

LaggardKelompok yang terakahir ini tidak akan goyah mengganti Motornya kalau tidak rusak parah, kebakar atau kecelakaan dan rangkanya terbelah jadi dua xixixi, mereka jumlahnya sekitar 16%, cukup banyak juga!

Nah ada jurang yang sangat jelas antara innovators dan pengguna awal yang harus dilewati oleh pabrikan! Jika pabrikan gagal atau dengan kata lain para Innovators dan pengguna Awal ini yang biasanya Vokal, memberikan review jelek, maka habislah pabrikan, para market mayoritas tidak akan membeli produk anda!

Untuk itulah saat ini para blogger maupun Vlogger naik daun diundang pabrikan kemana-mana untuk mereview produk mereka!dan pabrikan berlomba-lomba untuk mengadakan acara bersama! hal ini tentu untuk menggerakkan para pengguna pertama untuk membeli, dan diharapkan bisa meningkatkan penjualan!

Oke demikian friends share singkat madev, kira-kira anda termasuk tipe yang apa?? hehehe

sumber :

Simon sinek (presentasi TED)

BLJ (business Lounge Journal)

Jangan lupa add dan follow ya Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan 

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Marketing, Motor and tagged , . Bookmark the permalink.

30 Responses to Melewati Jurang Untuk Booming!!mengenal Hukum penyebaran Inovasi!

  1. novarioadi says:

    Laggard ini menarik karena menurut saya susah menggoyahkan mereka
    Di Semarang mungkin kelompok ini banyak berdiam di :
    1. Kawasan industri terboyo yang dekat dengan laut, dekat dengan tempat kerja saya dimana telat dikit nyuci motor pasti karatan keropos dll
    jadi ngga heran di sini ada smash gen 1, astrea grand butut, bahkan mocin ala ala jupiter z tahun 2000 an pun ada, tapi ya gitu itu kondisinya. buat apa beli baru, paling karatan lagi..hehe.
    2. Daerah dimana banyak etnis Tionghoa bermukim, Taruhlah Mataram, Jagalan, Gg. Pinggir, Wotgandul, Beteng dsktarnya. Padahal mereka mampu mampu lho, paling ngga punya usaha dan ada mobil. Mungkin bagi mereka ngga perlu update motor. buat apa? mending 14-16jt cash atau dicicil bisa dialokasikan untuk usaha..yg penting chuan dulu..wkwkw
    3. Bapak bapak..hehe, “pengen opo le? vixion/cb150r/vario tusket?nywuno… bapak tetep supra x 100cc, pantek le…”

    😀

    Like

  2. adhe145 says:

    Klo ane, tergantung situasi keuangan. Klo ada duit’y terus ada produk baru, mungkin pengen yg pertama, Klo ga yg kedua ato terakhir. 😀😀😀😀

    Tumben mata kuliah marketing hari Selasa, biasa’y hari Senin.

    Like

    • mariodevan says:

      ini diluar keuangan ya… hehehehe…
      ini dianggap mereka mampu beli, kalo gak mampu beli kan bukan target marketnya berarti, gak dihitung xixixi

      iya senin masih banyak yang harus dikerjakan jadi mundur hihihi

      Like

      • adhe145 says:

        Hehehehe… Iya jg sih.

        Klo HP ane bisa jd yg tipe laggard, duit ada tapi ane beli HP kalo udah bener2 rusak ( Nokia kupat tahu 7610 masih ada & punya jg Samsung galaxi V, walo kepincut liat Xiaomi redmi 4 py kakak)

        Like

  3. retro says:

    hahahaha laggard aja, noh honda astrea grand 92 sama xeon 2010 di rumah masih enak di pake tapi oli kudu sesat, hp aja pake lumia yg ngak ada temannya di kantor hehehe…..

    Like

  4. bdt says:

    target segitu kemungkinan besar tercapai, tapi yach produk ymh nmax akan terkoreksi.

    dia akan jad iraja di kelasnya, kaya mx king.

    tapi kelas tersendiri yach, yg beli yg pengin beda, tapi belum bisa naek kelas ke kelas yg lebih tinggi

    Like

  5. Kasamago says:

    Klo saya kombinasi Early Adopter sma Laggard :D..

    Like

  6. hiswell says:

    Admine masuk yg mana iki?

    Like

    • mariodevan says:

      Ditanya itu jawab dlu baru tanya balik wkwkwk

      Like

      • hiswell says:

        Walah…
        Yo wes aq asline early adopter, tapii seringe malah dadi laggard wkwkwk.
        Terutama nak wes nemu produk se cocok (yo ra bakal ganti2). Karo nak pas “ati karep, bondo cupet”

        Like

        • mariodevan says:

          Hahahaha… ini skali lagi diasumsikan kita mampu beli ya, kita brani gak beli produk baru dengan inovasi baru??

          Kalo sya sih innovator suka coba barang yang baru….
          Dan sama karena modalnya g ada jadi laggard wwkwkwkwk

          Like

  7. foog_maxim says:

    Thanks bro ilmu nya !

    Like

  8. topman says:

    wah gw termasuk inovatif ya… beli nouvo, xride, xabre di angkatan pertama bahkan bulan pertama 😀

    Like

  9. Pingback: Data penjualan Motor Sport dibulan Februari! Yamaha tertekan! suzuki berpesta… | mario devan Blog's

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s