Review All New Yamaha R15 VVA! slipper clutch dan VVA-nya cukup menggoda!

aeroxartadiskinsight-banner-promo-fix

Halo Friends apa kabarnya hari ini! kali ini madev mau membahas dari hasil test ride singkat Yamaha R15 terbaru bermesin 155 VVA, dengan fitur terkini Slipper clutch! singkat saja mengenai Slipper cluth adalah sebuah fitur pada bagian mesin, tepatnya kopling mesin yang fungsinya untuk mencegah adanya back torgue saat kita menurunkan gigi! sehingga membuat pergantian gigi lebih smoth dan cepat! dengan adanya SLipper cluthc ini juga yang membuat kampas kopling Yamaha R15 ini cuma ada 3 biji bukannya 5 seperti Yamaha R15 lama!

Yamaha R15 launching surabaya

Kali ini adalah kali kedua madev mendapatkan kesempatan untuk menguji sang kuda besi terbaru dari Yamaha, setelah sebelumnya juga turut hadir di sentul pada januari lalu, di prosesi launching nasionalnya yang dihadiri oleh pembalap motoGP Vinales!!

saat duduk diatasnya terasa langsung kesan racing, walaupun kesannya tidak semenunduk Suzuki GSX-R150, tapi dengan posisi yang lebih tinggi memberikan impresi yang sangat berbeda! soal kalau ditanya apakah cukup nyaman jika dibawa harian untuk jarak jauh, sayang sekali madev belum bisa jawab, mungkin nanti kalau sudah mendapat unit pinjaman harian untuk daily use!

test ride Yamaha R15 VVA sliper clutch di sirkuit benowo

Karakter mesinnya juga sangat berbeda, tidak mengebu-gebu seperti klan GSX, yang rasanya ingin lompat melulu! tapi terasa lebih smoth! mulai dari tarikan awal hingga mencapai puncak!

pada kesempatan kali ini kami media, blogger dan komunitas yang hadir dipersilahkan menjajal Yamaha R15 VVA ini awalnya 2 kali putaran! tapi setelah acara presscon mendapatkan kesempatan kembali jika ingin dieksplore!

tidak mau menyia-nyiakan kesempatan madev pun langsung jadi yang pertama untuk mencoba Yamaha R15 ini, segera memakai perlengkapan yang sudah disediakan madev pun naik diatas motor Yamaha R15 ini, sirkuit Benowo ini masih merupakan area GOR bung Tomo di Benowo, secara geografis sih sirkuit ini berada diperbatasan kota surabaya dan gresik! Sirkuitnya sendiri belum jadi secara keseluruhan! masih dalam tahap pembangunan dan dipastikan akhir tahun ini jadi! sirkuit yang baru jadi adalah sirkuit drag! yang kami gunakan saat ini!

Yamaha R15 vva test ride

kesempatan kali ini madev hanya ingin mengeksplore fitur-fitur terbarunya yaitu Slipper clutch dan VVA! saat menggeber Yamaha R15 ini berbeda dengan VVA pada maticnya! pada motor sport VVA memang dikhususkan sebagai doping pada RPM tinggi! fitur VVA akan langsung menyala atau hidup saat RPM mencapai 7400rpm, ini juga ditandai oleh menyalanya indikator VVA pada spedometer!

Jika diperhatikan biker akan merasakan seperti ada dorongan sedikit pada motor! seperti ada NOS-nya, tapi jangan bayangkan seperti film fast furious ya, yang bikin pengemudinya sampai terdorong kebelakang! hehehe…. selain terasa adanya seperti aliran tenaga pendorong baru, nafasnya pun jadi lebih panjang! walaupun tetap Yamaha memberi limiter di angka 12ribu RPM

dibagian tengah atas spedometer ada semacam lampu indikator pergantian gigi, yang akan berkelip-kelip! menandakan untuk mengganti gigi, pada kondisi tidak standart, friends bisa menyeting di RPM berapa lampu indikator itu akan berkedip! cocok nie buat balap! agar bisa mendapatkan power paling maksimal dikondisi RPM yang ideal!

Itu soal VVA, bagimana dengan sliper clutch? madev sendiri merasakan bagaimana halusnya perpindahan gigi, dari gigi 6 turun cepat ke gigi 5 dan 4, tidak ada lagi dorongan balik dari mesin yang bisa bikin motor seperti tersendat beberapa detik! tarik gas lagi membuat semakin pede! rasanya jadi asyik nie kalau dipakai harian, bisa merasakan impresinya! selama madev rasakan sliper clutchnya sangat halus!

sekalian menjawab pertanyaan dari komentator di artikel sebelumya ini

Aryanee says:

ada, coba ntar pas Test R15nya dirasain pas mindah persnelingnya, katanya masih kasar ada suara bletaknya (kata para motovlogger yg udah test R15 V3 ini), trus apakah kalo buat belok terasa membuang (oversteer berlebih) jika dibandingkan CBR dan GSX?
dah itu aja makasih sblmnya Om:)

untuk nomor satu madev sudah rasakin tidak ada ya bahkan sampai suara bletak! mungkin salah oper gigi itu hehehe, untuk belok R15 ini juaranya, enteng dan lincah banget! padahal bannya paling gambot, mungkin karena whelbasenya juga dibuat lebih pendek dari pendahulunya! ini juga menjawab kenapa pakai banana arm milik Xabre bukan banana arm milik R15 versi sebelumnya!

Kesimpulan!

Yamaha R15 hadir sebagai varian paling mahal di kelas Sport fairing 150cc! dia memang memberikan sesuatu yang berbeda yang tidak dimiliki dikelasnya, paket komplit mulai dari mesin baru 155 vva dengan sliper clutch yang diganjar sebagai mesin terbaik off the year otomotif awards! sampai dengan shok USD, dan banana arm serta ukuran ban paling gambot yang memberi kesan moge look! Jika anda mencari paket komplit sebuah motor baru dengan fitur-fitur wah!! yang bahkan tidak dimiliki sport 250cc bisa memilih Yamaha R15 ini! yang budgetnya terbatas ada pilihan menarik dari Suzuki GSX-R150! soal CBR, madev gak bisa bicara banyak tapi modelnya rasanya masih keren untuk dipinang walaupun saat ini sangat inferior dibandingkan yang lain!

Oke demikian friends yang bisa madev bagikan! monggo share komentarnya!

Jangan lupa add dan follow ya Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan 

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Motor and tagged , . Bookmark the permalink.

33 Responses to Review All New Yamaha R15 VVA! slipper clutch dan VVA-nya cukup menggoda!

  1. ardiantoyugo says:

    pengen rasan slipper clutch… 🙄

    Tips tetap nyaman pakai helm fullface walau berkacamata: http://wp.me/p7LBn5-2IV

    Like

  2. MakErot says:

    Menurut madev mana yang lebih value antara gsx sama r15?

    *Sambil nunggu kobay nyampah dimari

    Like

  3. OTODROID says:

    lek tak sawang² kesuwen wedi jatuh cinta saya

    Like

  4. rina says:

    Jauhkan dari blog mending mending…nyar disuruh beli bajaj biar gak kepanasan gak ke ujanan

    Liked by 1 person

  5. sontol geol says:

    kedanan motor semprot…tapi usia & kebutuhan udah nggk kyk anak ABG.mendingan beli metic ,naik metic sambil nglirik montor semprot,jadilah metic rasa semprot….wkwkwkwkwkwk…

    Like

  6. terasmalam says:

    Cukup? Not enough

    Like

  7. Hr15de says:

    Ane suka tulisan perbandingan di kelas nya di bagian akhir. Cukup bijak menilai cbr “inferior tapi masih keren”. Soal selera memang jangan dipaksakan.

    Like

  8. nasrul says:

    yamaha semakin di depan sekarang ,slmat bwat yamaha produk nya keren” kcuali vixion indihe ,bisonan

    Like

  9. Aryanee says:

    terima kasih om madev dah menjawab. ini sekaligus menjawab kekepoan saya soal handling nya yg kata “someone out there” bilangnya r15 handlingnya maunya ngebuang ato oversteer pas ditekuk tapi ternyata menurut versinya Om Madev justru malah kebalikannya.

    Like

  10. ketut says:

    mesinnya awet nggak ya kalau sering digeber high rpm lintas provinsi seperti satria fu kabru saya karena piston speednya dah melewati 21 m/s??

    Like

  11. Aryanee says:

    awet nggaknya tergantung Olinya, yg panting olinya jangan pake standar Yamalube aja, kurang tahan panas.

    Like

  12. Aryanee says:

    Wah iya lupa, ane baru inget mustinya kemarin sekalian request Nomer WA/BBM itu umbrella girlsnya

    Like

  13. Pugman says:

    Baru tau kalo arm beda dengan R15 lawas dan malah pakai punya xabre..
    Kalau bawaan pabrik itu shifting light nyala di rpm brp?

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s