Vario series, di tahun 2015 akan mulai memudar!!? efek Fight Back Yamaha!

Kesuksesan Honda di segment Matic, bukan hanya disumbang oleh sang raja jualan yaitu Honda beat, tapi hal ini turut juga disumbang oleh Honda Vario series, yang jika ditotal Vario 110 dan Vario 125 mampu mencapai separuh jualan Honda beat, jauh meninggalkan GT series maupun Mio series yang terseok-seok melawan digdayanya Matic Honda.

Tapi di tahun 2015 ini, Vario series tidak akan bisa bernafas lega! kenapa?? karena Yamaha sangat ingin sekali merebut kembali segment Matic ini, dan Vario juga dibidik sebagai lawan tangguh yang patut ditembak jatuh!

Serangan dari Yamaha ini akan hadir dari segala sisi, termasuk dari kapasitas mesin, harga murah, serta fitur yang dibuat untuk menyaingi Vario series yang diplot Honda sebagai Matic Premium.

honda-vario-125-esp-

  1. dari ketiga varian Vario yaitu.Vario 110 lampu LED (madev rasa Vario 110 jadi matic yang serba tanggung dari segi price, maupun fitur dan mesinnya, hanya dengan berbekal kelebihan lampu LED, mampukah Vario 110 mempertahankan penjualan positifnya)
  2. New Vario 125 (ini dia matic paling worthed di segment 125cc tahun lalu, kelebihan utamanya masih pada Desain yang Hi-tech, fitur canggih, dan irit bahan bakar)
  3. New Vario 150 (Vario 150 memiliki kelebihan pada bagian mesin yang sudah 150, tapi kehadiran Nmax bisa merusak planing Honda di segment ini)

Yamaha akan menyerang secara masif dengan produk-produk barunya diantaranya

  1. Yamaha Mio M3, walau beda segment, tapi secara kubikasi mesin Mio M3 ini bisa juga menjadi alternatif dari motor Vario series, apalagi dengan harga yang lebih terjangkau (kelebihan dari Vario series yang akan digunakan Mio M3 untuk menyerang Vario adalah , PRice/harga, mesin bluecore, desain fresh dan atraktif lewat warna-warna ngejreng, body mungil cocok buat cewek)

    Yamaha Mio M3 dengan model cantik

    Yamaha Mio M3 dengan model cantik

  2. Soul GT bluecore, penerus SOul GT ini memang akan head to head dengan Vario 110 LED, tapi bisa juga menjadi pesaing Vario series lain, kelebihanny tentu pada Price dan desainnya yang cukup menggoda, yang badannya agak gede bisa juga memilih motor ini dibandingkan Mio yang imut, apalagi dari bocoran yang ada, bisa terlihat kaki-kakinya sudah cukup gambot, menjadi nilai plus dari kelemahan Yamaha selama ini.
  3. Yamaha N-max, inilah matic yang sangat dinanti karena harganya yang keterlaluan murahnya hehehe, dan madev lho yang bocorin harga pertamanya di range 24-28 juta, Yamaha Nmax memang diposisikan sebagai salah satu peluru rahasia Yamaha untuk segment matic, didesain khusus untuk pasar Indonesia, sehingga harganya cukup terjangkau, masuk ke pasar baru big scooter, tapi dengan harga terjangkau, kombinasi yang sempurna untuk melumat Vario series.Yamaha N-max tampak depan
  4. Matic 150cc/GT 150, selain Yamaha Nmax ada satu lagi senjata pamungkas yaitu GT 150, mengambil basis mesin Yamaha Nmax, kelebihan utama dari matic ini adalah pricenya, yang akan dibandrol “hampir” setara Vario 125, sayang informasi lanjutan madev belum dapatkan, matic ini juga bisa membungkam Vario 150, Yamaha ingin mengandalkan kelebihan cc mesin seperti pada Mio vs Beat.

SEcara produk Yamaha punya kans mengandaskan Vario series, ini warning buat Honda, karena Yamaha ingin fight Back di segment ini!tapi tentu saja produk dan price hanyalah salah satu dari faktor yang menentukan kemenangan dalam penjualan, faktor dari promosi yang masif, serta kekuatan sales dan dealer sebagai ujung tombak penjualan harus juga dipersiapkan dan ditingkatkan, belum lagi sokongan leasing yang harus juga diperhatikan, agar mendapatkan harga yang bersaing.

monggo share komentarnya

updated :

oh ya memudar disini bukan berarti kalah jualan lho ya! tapi lebih terhadap tidak tercapai target, Vario ini digadang2 satu juta unit untuk tahun 2015…

perkiraannya sih gak akan bisa capai target itu, mungkin hanya 700-800 ribu perunit…

yuk lanjut diskusinya

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Marketing, Motor and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

56 Responses to Vario series, di tahun 2015 akan mulai memudar!!? efek Fight Back Yamaha!

  1. Kobayogas says:

    bisa ya bisa gak, kekurangan Yamaha adalah pada bentuknya yang kadang terlalu segmented, gak semua suka dan gak semua pembeli itu anak muda, banyak yang kantoran dan juga mempertimbangkan fitur serta akomodasi, itu yang kalau mau dirunut faktor keberhasilan Honda selama ini (Diluar promosi dlsb).

    Diluar dugaan, opini ay yang mirip sama MaDev tentang Vario 110 LED, ternyata salah, buktinya Vario yang cuma ngandeli LED doang itu sudah terlihat banyak banget di jalanan… artinya? Ya berarti diterima masyarakat.

    Yamaha NMax… ini sudah masuk ranah premium… harga atau angka psikologi sudah dimiliki oleh Vario 150 di angka 20 juta. Masih banyak orang yang berpikir selisih 4 juta saja milih yang lebih murah dibanding yang banyak fitur, ini fakta di lapangannya. Artinya, menurut ay NMax nantinya akan sukses sebagai Imej namun dari sisi penjualan, namanya kelas premium ya paling segitu aja, gakan banyak… 24 juta walau ay setuju itu sudah value, namun masih banyak first buyer yang beranggapan mendingan gw beli sport (gaya dan performa lebih kena dan dapat)…

    Syed panjang juga.. 😀

    http://kobayogas.com/2015/01/29/merinding-series-istri-yang-nyaris-digauli-genderuwo/

    Like

    • mariodevan says:

      weleh.. busyet deh, jadi satu artikel sendiri nie comentnya hahahaha…. gak mampir di artikel sebelum ini, bahas toyota vs honda

      untuk fitur dan akomodasi Mio M3 bisa lah berjaban… hanya memang secara desain sangat segmented, untuk itulah ada Mio GT yang desainny lebih konfensional
      Vario LED untuk saat ini memang tanpa lawan, seakan-akan lepas dari sangkarnya, tapi jika masuk SOul GT bluecore, maka gak akan sebebas sekarang…..
      Vario 150 akan dipepet dari atas, tengah, bawah… jadi bukan hanya Nmax, tapi yamaha GT150, belum dibawahnya nanti ada soul GT bluecore.
      Sekarang gak jaman satu produk dihadang satu produk, tapi sistem keroyokan, bisa dipakai, hanya saja cara ini sangat tergantung SDM-nya alias salesnya mengarahkan…

      contoh jika nanti dicompare Vario LED, sales harus bisa menunjukkan kekurangan ini produk dan memberikan alternatif, ke Mio M3, konsumen kurang suka karena terlalu mungil diarahkan ke Soul GT bluecore, masih kurang sreg diarahkan ke GT 125 atau GT 150 nantinya, nah kemampuan inilah yang aku nilai masih sangat kurang di team sales Yamaha dibandingkan Honda, istilahnya jangan sampai konsumen lepas ke kompetitor…..

      Like

  2. cumigondrong says:

    Yowes..pakde/bude/mang/eceu di AHM mending fokus sport 150 sm 250 aja sonoh taun ini..
    komporrrrr bledug

    Like

  3. An_Syahri says:

    Menurutku jika tidak tercapai target penjualan lebih ke sektor lain seperti kondisi kemampuan ekonomi rakyat saat ini yang cenderung turun imbas dari kenaikan harga pokok sehingga orang lebih mementingkan memenuhi kebutuhan utamanya daripada beli motor baru mas plus kondisi politik yang kurang stabil saat ini… Dan serangan balik Yamaha menurutku masih belum maksimal saat ini… Karena klo lihat forecast penjualan tahun ini hampir semua pabrikan menurunkan target dari rencana awalnya mas….

    Like

    • mariodevan says:

      sip… imbas kbtuhan pokk mungkin akan menyerang ke motor-motor yang bertipe hoby/emosional tinggi, sedangkan motor yang fungsional tidak akan terkena, karena biar bagaimanapun Motor saat ini merupakan kebutuhan pokok yang harus dibeli, apalagi 2015 angkutan umum rasanya masih jelek… mau gak mau kebutuhan akomodasi ya sepeda motor, kan segment matic DP 500-sejutaan saja hehehe

      kalo yamaha sih forecastnya up Hill… karena dia sudah invest banyak buat pengembangan bluecore, R25, Nmax, dll… kalo diturunkan, bisa gak balik modal hehehehe

      Like

      • SAS says:

        Up hill forcast. Kita lihat akan terputus di tengah jalan. Yamaha bisa jatuh ke price war kalau cara forecastnya menganut up hill.

        Like

  4. SAS says:

    Maaf ngak sependapat kali ini.
    Menurut saya analisisnya terlalu dari kacamata gaya yamaha nich.

    Pertama orang yamaha selalu membaca market ala hermawan yang segmented. Market terbagi bagi dgn jelas. Bauran Market alias market deflection di tiap segment tidak pernah jadi perhitungan. Cara pandang plain seperti anak tk. Jika hitam hitam, jika putih putih, jika merah merah dan jika biru biru, tidak ada putih keabuan atau ungu ke biruan dan lain lain. See…

    Kasus Vario 110 yg hanya main LED itu genius loh. Itu bauran mid end matic yang masih blue ocean. Dan mampu meng hotdog it’s competitor. (Jaman sekarang sandwich strategy udah usang).

    Masalah Vario di diversification kan ini. Juga strategy kelas atas dalam strategy marketing.
    See…yamaha jadi pingin menghabisi vario khan…ketarik dia ke berperang di medan yang luas. Istilah gampangnya mengajak berperang panjang dan di medan luas…sedangkan pasokan perang y gag sekuat pasokan h… See what i thinking.

    Like

    • SAS says:

      Tambah dikit…vario diversification ini kayaknya lagi melakukan wolf war strategy. Ntar matic yamaha akan mati terkepung 1 demi 1.

      Like

    • mariodevan says:

      Gak segmented kok…. kn sya bilang vario akan coba diserang dri level paling bawah M3 yg punya kapasitas mesin sma…

      skg memang g akn bsa ditabrak persegment… mio m3 vs beat, vario led vs soul gt blucore, cara itu sudah usang…. model sandwitch jg sudah kuno…..

      Sya sependapat, Model keroyokan dan masuk ke blue ocean yang pas…. Nmax sya lihat sudah mewakili itu… ada jg X-ride yg cukup sukses di segmentny sndiri

      Like

      • SAS says:

        Nmax gag akan lebih sukses dari vario 150. Secara marketing strategy product placement, bisa dipastikan nmax akan terjual lebih dikit dr vario 150. Muadah mudahan paham masalah strategy product placement deh. Tapi coba liat hasilnya lah…ini sebatas prediksi dari teori product placement

        Like

        • mariodevan says:

          nah ini menarik….
          bagaimana kalo akan ada Yamaha GT 150 yang muncul di segment ini???

          Like

          • SAS says:

            Bisa saja…tapi GT is another market fitting than Vario. He he he jadi gag akan ganggu terlalu besar penguasaan market.

            Like

            • mariodevan says:

              nah itu… harusnya Yamaha fokus ke customer target vario, bukanny mencoba bermain di market yg lain..
              krn terbukti GT series, belum bisa berbuat banyak melawwan Vario series…

              Like

          • SAS says:

            Gt 150 hanya akan mengkanibal product yang memiliki value propositions yang mirip dengannya sendiri. It’s mean yamaha products it’s self.

            Like

        • Aji says:

          Iyaa ga akan bisa produk-produk matic Yamaha nandingin produk-produk matic Honda, dari segi model aja uda kalah jauh. Siapa juga yang mau naik motor yang modelnya aneh-aneh, Sedangkan dari Semua model matic honda modelnya simple dan semua kalangan suka. Ga terlalu rempong seperti m3 yang warna nya berserakan. Model liku-liku bodi nya kagak jelas. Dan dari segi mesin saya kira matic honda uda lebih dari cukup. Gaperlu terlalu irit-irit kalila harus seperti blucore yang ngandelin ngirit bin pelit. Sorong aja atau tarik pake tali rafia motornya skalian biar ga abis-abis itu bahan bakar. Oke

          Like

      • SAS says:

        Yang pasti saya gak condong merk, saya cuma pembisnis, dimana kalau h jualan banyak saya untung, jika y jualan banyak saya juga untung. Jadi menurut saya Nmax cuma akan menarik bagi bikers. Dan secara leasing kita arahnya lagi ke H yang banyak deal khusus karena pasarnya yang gurih. Kalau om ada kenalan pribadi yg kerja di leasing coba diskusikan sendiri dech.

        Like

        • mariodevan says:

          kalo soal leasing memang sih.. suport ke H lebih maksimal, hal sederhana saja, buat kredit H, walau DP dan harga nyaris sama, tapi angsuran bisa lebih murah motor H…

          Like

          • SAS says:

            Leasing memilih lebih support ke H bukan tanpa alasan, pertama penguasaan market sama dengan kuantiti kredit, kedua arah dan prediksi leasing kedepan terhadap merk yg disupport, artinya di bisnis ini leasing support merk yg masa depannya lebih baik, ini soal itungan duit bisnis. Ketiga baru nego nego dan kemampuan diplomasi tiap merk.

            Nah kalau leasing memganggap suatu merk memiliki masa depan lebih baik tentunya mereka sudah survei dan mampu membaca arah strategi masing masing merk. Dan leasing memiliki kemampuan menilai yang jauh lebih tajam dari blogger maupun biker manapun yang nyocot sana sini bukan begitu?

            Like

            • mariodevan says:

              hahahahaha kata-kata yang terakhir ini gak enak :p
              tapi leasing bukan tuhan yang gak bisa salah ya? hehehehe dimedio 2000an, mereka salah karena terlalu berpihak pada H, padahal waktu itu Y, berkembang cukup signifikan…. jdinya leasing internal macam BAF yang mendpat ckup banyak profit hehehe

              Like

              • SAS says:

                Bukan seperti itu kejadiannya. Saat tahun 2007 dimana leasing berlomba dekat dengan yamaha, saat itu yamaha masih ymki beri perlindungan khusus pada baf. Dimana leasing lain dikuota dan “diperas habis” dimana hal ini karena ymc jepang punya saham terhadap sumitomo yang salah satu anak perusahaan nya adalah busan auto finance BAF itu. Nah sumitomo juga ada saham dalam tubuh BAF. Nah saham ymc di sumitomo dikuasai penguasa yamaha saat itu mr you know who lah. Jadi saat itu YMKI main kotor terhadap leasing non BAF. Hal yang tidak dilakukan oleh MPM pada FIF nya, betul ada perlakuan khusus tapi tidak proteksi khusus.

                Like

              • SAS says:

                Leasing bukan Tuhan, tapi prediksi mereka disupport data yang lengkap dan tajam. Ngak seperti blogger dan biker yg suka bikin analisa ngawur dari data yang minim.

                Like

              • SAS says:

                Tapi info yg bocor di blog ini saya anggep cukup classified, salah satunya soal DOHC engine yg lagi dikembangkan. Dan Honda 250 se juga bocor tahun lalu. Btw siapa link kuat di balik blog ini? Analisa marketing dll. Pasti ada orang kuat yg berada di balik blog ini yg kasih info dan analisa. Mhmmm just wondering.

                Like

                  • bdt says:

                    lah khan kalu tdk salah, om devan ,

                    sendiri pernah bilang di blog mas 3 beberap thn lalu,

                    kalu dia tau dalemen ymh karena dekat dgn org dalem yamaha,

                    khan om devan juga org konsultant yg pernah berhubunga dgn yamaha.

                    SAS kalu ngak slah juga komentator yg sering mampir di blog mid genesis toh?

                    Like

                    • SAS says:

                      Ya saya dulu sering mampir di blog om Komeng, termasuk juga diskusi dengan anda juga.

                      Kebetulan di bisnis saya info bocoran otomotif sangat berguna. Makanya dulu sering mampir di Mind Genesis punya blog. Saat ini ketika blognya vacum ya untungnya saya masih bisa japri dengan empunya Blog.

                      Nampaknya info di blog ini terakhir terakhir ini nampak dari sumber yg sama? Bukan begitu bro Mario?

                      Like

                    • mariodevan says:

                      begitulah hehehe

                      Like

  5. muw says:

    Ane setuju deh…honda skrg overpriced bgt ya…ane sebagai user vario 125 aja skrg malah pgn banget Nmax dan sama sekali ga lirik vario 150….Nmax ga cuma vario killer namun juga pcx killer…bye honda!

    Like

  6. ndn says:

    Mnurut saya vario 150 itu gkada prkmbangan cuma nambah cc body juga kuno bgd gtu2 aja gk ada yg bisa dhndalkan tmbng produk yamaha yg ber cc 150 yg mau diluncurkan

    Like

  7. srei says:

    Sudah perjanjian tahun ini H main di sport, Y main di matic.Tahun depan hanya ada produk Y dan H. produk ayago S diserang H, sedangkan kelas 250 diserang r25.

    Like

  8. Euforia demam matik honda perlahan memudar om karena udah bosen liat modeln BETE,VARIO….kenapa Vario 110 laku?karena dia makan porsinya bete…yg tadinya mau minang bete berpindah ke vario 110 krn overall new sedangkan vario 125/150 menurut saya ga banget deh cuma refresh muka dan tambah cc jd kesannya nanggung banget di tambah harganya yg wowww fantastis..awalnya sy kepikiran mau minang vario 125 tp setelah launcing N-max berubah pikiran,n-max terlalu menggoda dr sisi desain dan harga fiturnya boleh dibilang woww,saya rasa keunggulan matik honda hanya pd iss yg tdk dimiliki yamaha……saya yakin bln2 ke depan penjualan matik honda tdk akan semoncer thn lalu……skrg lagi demam Mio M3 om…..model baru keren,irit,harga murah dan powernya itu loh yg menggoda…….heheheheheehe…..cuma goresan pena om dr konsumen sejati…..goodluck

    Like

    • konsumen says:

      Honda pernah terpuruk selalu no.2
      Coba tanya mbah google.
      Selingkuh dari ahm,ngak bakalan di marahin mertua.selama ini istri kedua ku suprafit 2006,irit dan loyo,tambah all soul gt 125 mantap,irit 55 kpl,terus akselerasinya.tdk tertarik vario atw beat centil.ane juga lagi mikir jual suprafit buat dp nmax…..tp ibu negara manyun…..haha

      Like

  9. widiodo says:

    saya di Mataram Lombok, liat sudah mulai banyak seliweran Mio M3 tuh, kayaknya emang bukan vario saja yg dilahap tapi beat pelan pelan juga kena dampaknya. itu baru M3 ya, gak tau kedepan.

    Like

  10. Jomblo says:

    NMAX 155cc itu motoy memang asiikkk…..

    Like

  11. odol says:

    kita lihat akhir th 2015
    sypa yg masih menjadi raja matic
    siap” peaaing nmek dari jonda forza 150

    Like

  12. bdt says:

    konsumen awam matic, berpikir simple aja;

    nagapin beli 110 cc harga sama dgn 125 cc?

    mending 125 cc sekalian.

    konsumen awam ngak bakalan bandingken power antar keduanya.

    walu yg 125 cc kalah power dari yg 110, toh cuma sesendok teh doang.

    yg diliat adalah tulisan stiker di motor tsb 125 cc.

    ngak tau juga, mio 3 dah banyak bersliweran di jalanan,

    apakah emang fby atao fbh yg ganti haluan

    fby juga bisa berpikir, ngapain beli soul gt 125 tapi lebih mahal.

    mending yg 125 tapi lebih murah

    beda power juga pasti ndak dianggap, palagi ibu-ibu.

    beat esp dan pop, belum pernah liat

    Like

  13. DARPANI MATIC says:

    Banyak info dari SAS dan MD, kita tunggu aja ke depan makin satu hati matic yang berkwalitas

    Like

  14. dhony says:

    yang menarik, adalah strategi mio m3 yang menggunakan mesin 125 cc dengan harga murah. yang pastinya akan memecah persaningan penjualan kelas 110 – 115 cc. dan ditambahnya fitur eco indicator yang diharap bisa membantu pengendara dalam menerapkan economic riding.

    Like

  15. dede supriadi says:

    lengkap ulasannya..mntafff

    Like

  16. konsumen says:

    Kalau gt max 150 cc fitur vva,abs,bluecore brojol.prediksi ane vario series akan keliatan culun.head to head sama miss v 150,kasusnya sama pcx dan nmax.pck keok karena kesombongan ahm dan fanboy ahm.liat saja pcx dan nmax,cc,kompresi sama power,torsi kalah telak.terus miss v 125 kompresi 11 untuk masal,ketakutan honda akan power.miss v banyak varian dari 110 dan 125,150.kalau head to head 1 produk ngak bakalan jomlang.beat byk varian ,bahkan ada ayam pop lagi.ngak sekalian type beat rendang.kayak kharisma dan kirana.padahal 1 type lagi bagus type kartini dan kartono.

    Like

  17. konsumen says:

    Kayak tahun 2000.ahm no 2 dari yimm

    Like

  18. Aji says:

    Mana la bisa produk-produk matic Yamaha nandingin produk-produk matic Honda, Becak semua produk Yamaha. Tapi kalau untuk seris sportnya mungkin Yahama bisa menang. Tapi itu masi mungkin karna kini adanya allnew cb150r

    Like

  19. RX King mantan jambret says:

    Sampai akhir tahun 2015 matic hnda kok gak memudar ya tp malah makin jaya, padahal ada prediksi kalo vario series sama beat series akan memudar gara2 ym mengeluarkan produk matic2 terbarunya , saya kira ym gak bakalan bisa nendang matic hnda, apalagi sekarang sport ym terancam krn adanya new cb150r dan sonic 150 dohc 4 klep

    Like

  20. wahyu says:

    Tapi kenapa sampai 2016 ni dijalan bnyk pengguna vario new series ketimbang mio series???bahkan seakan djalan dpenuhi vario new series..???

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s