Ninja 250cc 4 silinder inline, dan Honda CBR 250 V twin!sangat mungkin dihadirkan!! (analisa dari segi ekonomi!)

aeroxartadiskinsight-banner-promo-fix

Panas nie sob, beberapa hari kemarin Blog kang Iwanbanaran sudah memberikan clue bahwa sangat mungkin Ninja 250cc Inline 4 silinder dihadirkan oleh Kawasaki! disisi lain blog om komeng Mind Genesis bahkan secara gamblang dan buka-bukaan mengatakan bahwa jika tidak ada perubahaan maka Kawasaki 4 silinder ini akan hadir pada akhir tahun depan  yaitu tahun 2018! bukan hanya itu bahkan diberikan sedikit bocoran bahwa motor ini akan memakai Rangka Twinspar aluminium seperti Deltabox, dan rencananya akan dibuat hanya single seeter karena motor ini hanya akan diposisikan sebagai motor Hoby!!

Motor terbaru kawasaki 2016

spyshoot ini belum pernah keluar batang hidungnya hehe

BUkan hanya Kawasaki, Honda juga dikabarkan sudah ada ancang-ancang untuk melahirkan motor berkonfigurasi V engine! untuk masuk di market diatas CBR saat ini! lagi-lagi bukan hanya Volume penjualan yang dicari tapi tentu saja Image kuat yang diharapkan dapat mengkatrol Brand Image motor sport dibawahnya termasuk sang volume maker kelas 150cc!

Sebenarnya melahirkan motor-motor eksotis ini bukanlah perkara yang sulit! ingat ditahun 80-90an? saat itu motor 250cc dengan konfigurasi mesin “ngilani” dengan mudah dilepaskan pabrikan!! motor 4 silinder sangat umum! baik Honda, Kawasaki, Suzuki, bahkan Yamaha semuanya punya motor 4 silinder! saat itu ekonomi global masih sangat-sangat bagus! dan orang-orang kaya setengah gila, suka mengoleksi motor-motor berharga tinggi ini!! istilahnya apa yang loe produksi sini gue beli…. xixixi

BUkan hanya motor 4 inline, untuk mesin berkonfigurasi V juga hal yang biasa dijaman itu dan ini menjadi trade mark dari Honda, dan bahkan Honda meraih kejayaannya lewat motor V twin ini! tercatat motor-motor V twin Honda seperti VF750F Interceptor, VFR750R RC30, RVF750R, VFR400R, VTR1000, hingga NR750 yang didevelop secara khusus sebagai ultimate bike, menjadi raja Di kelasnya dan membuat Honda naik daun! so bukan tidak mungkin Honda membangkitkan lagi VFR 250 sebagai Ultimate bike menemani CBR 250RR!

Marketlah penentu sebenarnya!

Salah satu masalah dari motor-motor eksotis ini adalah HARGA, Yup motor-motor ini dibandrol dengan harga selangit! tapi tetap saja ada peminatnya saat itu karena memang faktor ekonomi yang sangat baik! mimpi buruk terjadi di tahun 1997, dimulai dari Fluenya ekonomi Korsel, merambat ke thailand dan akhirnya menghantam Indonesia yang paling parah dan sangat sulit sembuh!! dan akhirnya menjadi Krisis global! tentu saja pabrikan otomotif langsung terdampak, kondisi market yang kacau dan serba tidak menentu membuat orang-orang kaya pun mengerem pembelian! dan praktis hampir semua pabrikan menyuntik mati motor-motor eksotisnya terutama yang 250cc 4 silinder maupun Vtwin!

Pabrikan lebih memilih mengembangkan motor sport 600 dan 1000cc-nya untuk kelas eropa dan amerika yang masih ada pasarnya! dan cukup sesuai dengan postur tubuh mereka!

Nah kini hampir 20 tahun lalu Krisis besar itu sudah melanda, ekonomi pun berangsur membaik! krisis justru saat ini menghantam Eropa, dan Asia justru tumbuh sangat tinggi! dan Indonesia merupakan negara dengan tingkat pertumbuhan ekonomi terbaik ketiga didunia saat ini!

proyeksi-pdb-56a0dfe0bc22bd2a10ebfee2

Sejak 2008 pertumbuhan ekonomi Indonesia masih diatas rata-rata global, dan sejak 2015 trendnya kembali naik!

dan pada 2010 lalu PDB indonesia sudah mencapai 3000$ setahun! hal ini lebih cepat 10 tahun dari proyeksi bank Dunia! dan diprediksi pada 2020 Indonesia akan jadi negara dengan ekonomi terbesar ke 8 didunia!kenapa hal ini penting??

Mencapai level PDB per kapita sebesar 3.000 dollar AS dianggap sebagai langkah yang penting sebab hal ini seharusnya menyebabkan percepatan pengembangan di sejumlah sektor (seperti retail, otomotif, properti) karena permintaan konsumen yang meningkat, dan karenanya menjadi katalis pertumbuhan ekonomi.

Jadi yang heran kenapa utang kita tambah banyak ya karena PDB kita juga meningkat drastis!!

pdb-dan-pdb-pk-56a0e8ae9393737a0a9fda96

sumber gambar  diolah dari bank dunia oleh Arnold Mamesah

So Jika melihat data-data tersebut Market akan kelas Hobi motor 250cc dengan harga 100 jutaan keatas adalah hal yang LOGIS!! dan madev memprediksi akan muncul motor-motor ini paling lambat 2020! dan paling cepat 2018 akhir!!

Biar bagaimanapun Motor 250cc lebih cocok dengan postur tubuh orang asia, dan pasar ini pastinya ada saja dan berbeda dengan moge-moge diatas 250cc!!kalo yang bilang mending moge second? sory to say motor ini memang bukan buat anda dan juga buat saya khususnya hahahahaha

monggo share komentarnya!

Jangan lupa add dan follow ya Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan 

Advertisements

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Marketing, Motor and tagged , , , . Bookmark the permalink.

24 Responses to Ninja 250cc 4 silinder inline, dan Honda CBR 250 V twin!sangat mungkin dihadirkan!! (analisa dari segi ekonomi!)

  1. Aryanee says:

    terus kabarnya Yamaha yg mau mengubah engine R25 menjadi crankshaft 270° Crossplane itu gimana?

    klo iya nantinya R25 bakal berasa seperti mesin V-twin 90° walaupun secara gengsi tetep saja bakalan kalah sama next V-twin Honda (kemungkinan Honda bakal pake engine VTR 250) dan secara keluaran suara bakalan kalah merdu sama Next 4 silinder kawasaki, hahaha….

    dilema buat Yamaha…

    mau reborn FZR250 juga belom kepikiran, kalopun di reborn juga ga bakal yakin mampu nyaingi 4 silinder kawasaki…

    jalan terakhir ya pake engine 4 silinder namun pake crossplane ala R1…

    karena Croasplane Crankshaft seperti sudah jadi trade mark Yamaha 🙂

    Like

  2. Mariodepan alun2.com says:

    La om kalau aku teemasuk gol apa om(cuman tukang cilox)

    Like

  3. naruto says:

    daripada konsen di kls 1/4 liter. mending konsen dulu aja di kls 150cc..
    membangun brand image dari bawah.. sama seperti @hm..
    buatlah next R15 kelak itu lebih powerfull dengan di kasih embel² Special Produk. dengan seabrek fitur. contoh : 150 cc inline twin, ASC, alumunium deltabox swing arm. power 26 plus fitur moge lainnya.. biar next R15 ini di kenang dan di kenal, kalo soal harga kasih aja 50 . kalo bisa sih di bawah itu hehe..
    yahh biar dikenal kayak para legend 150 two stroker yg dulu om..

    Like

    • mariodevan says:

      Kyaknya Kebalik… Ahm itu mainnya dari atas… sbelum kluar versi bawahnya slalu ada satu model dijadikan flagship terlebih dahulu walau cuma single silinder, stelah imagenya kuat… baru kluar cbr 150 new, CB 150…

      Terlalu berlebihan sya rasa 150cc fitur kyak gtu hehehe…

      Like

  4. novarioadi says:

    lama lama pasar 250CC mulai berdarah darah. tp di lingkungan saya dev, pasar ini FB nya justru lebih nyelekit lho hehe..sitik tp muni

    BTW rada OOT

    Happy Birthday Madev!
    Jangan lelah menulis
    Jangan lelah berbagi
    Maturnuwun untuk info infonya… 😀

    Like

  5. bronpit says:

    Apakah yamaha akan pakai mesin 3 silinder cross plane crankshaft ???

    Like

  6. Wawan says:

    Menurut om madev paling power full yg mana???kawazaki dg 4 silinder,cbr 250 v twin atau 250 cc crossplane Yamaha???lebih kencang mana??

    Like

  7. Linggar says:

    Bakal lebih asik kalo yang keluar VFR250 (V4) dan VTR250 (V2) wkwkw

    Like

  8. randy says:

    Wih mantap konsumen tetp yg untung nie. Smoga kdepan smua pabrik g budek pada akhirnya ms rata. Jd g itu2 aj motornya. 😆😆😆

    Like

  9. Oemar says:

    Boros material amat cuma 250 cc menggunakan 4 clender.

    Like

  10. Robby says:

    Akhir tahun 2018 om?waduhhh lama betul,padahal kalo tahun ini langsung ambil nihh buat kuliah-_-

    Like

  11. horang kaya says:

    4 cylinder dan v twin pasarnya ada, coba aja dibuat, pasti laku, harga 100 jutaan, cingcay lahhh ,, indonesia sekarang banyak horang kahyaaa….

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s