Honda Modif Contest, bukan Kompetisi Modifikasi biasa!!

Halo friends, Jumpa lagi di malam-malam horor, karena besok hari ini sudah senin, hihihihi, kali ini madev mau share soal Kontes Modifikasi dari Honda, yaitu HMC, kebetulan madev merupakan salah satu undangan bloger yang mewakili jawa timur, agak keder juga karena yang datang-datang sebagai undangan merupakan bloger tenar semua, seperti kang IWB, si unyu om kobayogas, mbahnya bloger otomotif om Stephen Langitan, Vandra riski MMmotoblog, kang joe motoblast, yang karyanya sudah dieksport ke media-media besar international, dan lokal jogja ada Pertamax7.com, semoga ketularan jadi blogger besar juga seperti mereka hehehe.

Skip, madev agak bingung juga membahas soal suatu acara Modifikasi, gak terlalu ngerti modif friends, jadi-nya madev akan membahas dari sisi yang madev kuasai, yaitu Strategi Marketing-nya.

HMC - 1

Kalo berbicara Modif kadang yang terlintas dipikiran kita, bahwa pabrikan ingin tunjukin kalo motor-nya mudah dimodifikasi, tapi itu rasa-nya pemikiran usang!ternyata banyak banget point yang berhasil dikembangkan Honda, dalam mempromosikan ajang modif bergengsi ini, yang sangat berbeda dengan ajang modifikasi biasa, bisa dibilang Honda modif contest ini, paket lengkap sebuah kompetisi Modif, dan menjadi benchmark bagaimana seharus-nya sebuah sebuah kompetisi modifikasi dibuat.

Lalu Apa saja point yang Honda ingin tonjolkan dari acara-nya??

PERTAMA

Brand Image

Image yang ingin ditampilkan oleh Honda dari ajang modifikasi ini terdengar cukup jelas, dan kunci-nya tentu konsistensi, ajang modifikasi ini sudah diadakan cukup lama, dimulai dari tahun 2008, dan pada tahun 2014 melakukan Re-name menjadi Honda Modif Contest! tanpa konsistensi yang kuat tentu image yang ditanamkan tidak akan secara dalam masuk ke benak konsumen.

Madev melihat setidak-nya ada beberapa image inti yang ingin disampaikan ke market.

pertama adalah, Merubah image Honda yang motor bapak-bapak menjadi motor yang memiliki jiwa Youth, Modifikasi adalah ajang merubah motor-nya menjadi berbeda, anti mainstream, dan ini sejalan dengan pemikiran para anak muda jaman sekarang.

Kedua, Motor-motor Honda juga mampu tampil cantik dengan sedikit sentuhan modifikasi, jujur bagi Madev Soal desain sepeda motor-nya, Honda agak ketinggalan dari kompetitor-nya (kecuali kasus All New Vario) nah seperti kata pepatah dari mata turun ke hati, secara Visual, sebuah produk haruslah tampil cantik dan menarik dalam menarik konsumen, dan dengan ajang seperti ini, pelan tapi pasti image ini tertanam kuat!

KEDUA

Kolaboratif, pabrikan konsumen- dua arah!!

Ini juga salah satu kelebihan dari ajang modifikasi Honda ini, bukan hanya sebagai ajang modifikasi biasa, yang hanya menampilkan hasil modif lalu dinilai dan bagi-bagi hadiah!

tapi Honda juga memakai-nya sebagai bagian dari riset pasar, dari hasil Modifikasi ini, Honda bisa mengambil beberapa element trend market yang berkembang di seluruh penjuru Indonesia, dan memakai-nya di produk produksi massal mereka, ini lebih dahsyat dari cuma ngendelin RnD

Selain itu para modifikator tidak hanya dituntut menunjukkan karyanya saja, tapi mereka juga ternyata diberikan wejangan oleh para ahli dan bisa terjadi diskusi dan kolaborasi antar modifikator, dunia industri, praktisi, dan pabrikan bagaimana seharus-nya mengcreate sebuah kendaraan, dengan baik dan benar!!

HMC - 7

para pemenang Honda modif contest

KETIGA

EXPERIANCE AWARD

Ada kata pepatah, tidak semua dapat kita beli dengan uang, beberapa diantara-nya adalah Pengalaman, serta knowladge/pengetahuan, Award atau hadiah yang diberikan oleh honda bagi para modifikator yang berhasil meraih pengargaan tertinggi, madev rasa memiliki value sangat tinggi, bukan hanya berupa uang dan barang, tapi juga bagi para pemenang diajak langsung ke ajang modifikasi paling prestise di dunia, yaitu di Mooneyes Yokohama Hot ROD Custom show 2015, pada desember 2015. sebuah pengalaman sekali seumur hidup yang tentu sangat membanggakan bagi para modifikator.

KEEMPAT

THE POWER OF VIRAL!

yang keempat adalah keberanian Honda mengundang para blogger (selain media tentu-nya) untuk melihat acara tersebut, tanpa ada intimidasi untuk menulis yang baik-baik saja! tau sendiri kan Madev merupakan blogger yang cukup vokal, mengkritik para pabrikan apapun itu hehehe.

para blogger otomotif

Bersama para blogger, dan blogger tuan rumah jogja!

Back to topic, Blogger saat ini memiliki kemampuan viral yang sangat luar biasa, siapa sih sekarang yang masih sering baca koran tiap hari, kecuali mungkin yang kantor-nya berlangganan, atau mencari lowongan!! media online-pun punya kelemahan, karena sifat-nya yang masih satu arah. nah blogger memiliki kekuatan viral dua arah, para komentator bisa berkomentar, memberikan masukan, dan terjadi diskusi, belum lagi para blogger biasa-nya sangat aktif di media sosial, membuat pembicaraan dari mulut ke mulut (viral) manjadi sangat cepat, tepat, dan murah!!

oh ya follow instagram madev ya yang pingin tau video dan foto-foto acara, ada video para ladies yang cute juga lho (promosi!!)

https://instagram.com/mariodevan/

oke friends demikian yang bisa madev share, jangan anggap modifikasi yang honda buat itu hanya sekedar modifikasi biasa, kalo kita bahas lebih luas lagi, bisa kita lihat kemampuan planing mereka yang detailing, rapi dan ciamik! monggo share komentarnya friends.

 

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Marketing, Motor and tagged , , . Bookmark the permalink.

7 Responses to Honda Modif Contest, bukan Kompetisi Modifikasi biasa!!

  1. warungasep says:

    mantap the power of BC ehh Viral hahaha menjadi bahan riset model honda kedepannya.. mantap (berhasil!!! membuat cbr series kehilangan tanduk) wkwkwkw

    Inilah El Flangker… Honda CBR150R Turbo Charger Pemenang Honda Modif Contest 2015

    Like

  2. Pingback: Run, Ride, Respect unik-nya konsep acara uji ketrampilan berkendara ala Honda!! | mario devan Blog's

  3. Pingback: 3 Pemenang HMC, dikirim ke Ajang modifikasi dunia di Jepang! | mario devan Blog's

Coment gratis :D