Seni dan sains dalam Industri??!!

Oke friends, seperti biasa dihari senin yang indah ini, madev akan menulis mengenai topik seputar dunia Strategi bisnis, dan seperti judul artikel kali ini madev ingin membahas soal kolaborasi seni dan sains.

Ada anggapan umum bagi masyarakat bahwa sains atau industri jauh dari suatu bidang yang disebut seni, industri atau sains lebih mengedepankan logic thingking, fungsionalitas dan tidak ada waktu memikirkan seni, bagi sains atau industri yang penting hasil ciptaan itu bisa berguna, Awet dan murah!!

Kolaborasi volvo dan apple

Kolaborasi volvo dan apple

Tapi dijaman modern ini, mindset seperti itu sudah lama ditinggalkan, saat ini suatu produk dengan teknologi tinggi tanpa keindahan estetika dan nilai seni yang tinggi akan sangat mudah tergerus pasar yang ganas, seni/estetika yang cantik menjadi value lebih bagi suatu produk!

Tidak heran seorang ahli fisika terkenal Richard Feynman mengatakan.

Akan terjadi hal yang dahsyat yang akan timbul apabila seni disatukan dengan sains

Orang yang paling sukses dengan konsep ini mungkin adalah Leonardo Da Vinci seorang ilmuwan dan seniman yang sangat hebat dijamannya, dan dijaman modern ini adalah Steve Jobs dengan perusahaan paling bernilai di dunia yaitu Apple, yang mampu menerjemahkan secara sempurna antara perpaduaan Seni dan sains.

Produk-produk Apple bukanlah yang tercanggih, termurah dan terbaik, tapi perpaduan antara desain/seni yang tinggi dan teknologi, membuat mereka menjadi produk best seller dipasar.

Keindahan desain H2R bikin ngiler

Keindahan desain H2R bikin ngiler

Bagaimana dengan industri yang lain??bagaimana dengan otomotif?? rasanya hampir semua perusahaan modern sudah memahami akan hal ini, konsumen saat melihat produk yang pertama dilihat adalah model/desain/seni produk itu sendiri baru mulai berjalan ke fitur, performa, harga dll yang berhubungan erat dengan sains, perusahaan yang mampu membleand, dan menyeimbangkan unsur antara seni dan sains akan menjadi pemenang dan memiliki value lebih dari kompetitor.

Jadi implikasinya adalah jika friends ingin akselerasi dalam perusahaannya, peran penting seni tidak boleh dihilangkan, dalam pemilihan SDM pun karyawan yang memiliki jiwa seni tinggi memiliki kemampuan problem solved yang lebih baik, dan ini berlaku disemua bidang bukan hanya pada divisi riset dan desain produk saja!

Kalo dihubungkan dengan perusahaan industri otomotif roda dua saat ini, perusahaan jepang memang yang paling berhasil memadukan antara seni dan sains, sehingga tidak heran produknya menjadi yang terlaris, perusahaan otomotif italia lebih condong ke nilai seni-nya yang tinggi, perusahaan india msh mencari jati diri. Indonesia??mungkin belum suatu saat nanti, hehehe

Oke friends demikian artikel singkat yang madev share, semoga bisa membuka wawasan kita.😁

About mariodevan

Makhluk terlanjur ganteng hehehehe, kelahiran manado, dan besar di surabaya, menyebut profesinya sebagai digital entrepreneurship (biar keren hihihi) | Menyukai semua yang berbau Otomotif dan juga suka belajar ilmu Marketing! | Bloger yang konsen menulis mengenai Motor, mobil, Analisis marketing otomotif, Sport dan semua yang dekat di sekitar. |Ingin mengHubungi penulis bisa di mariodevan@gmail.com, 085648012040 (whatsapp) | Social Media official | twitter : @mario_devan | FB page : https://www.facebook.com/mariodevanblog | Instagram : mariodevan
This entry was posted in Marketing and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Seni dan sains dalam Industri??!!

  1. bdt says:

    yg jago yach itali dgn mv agustanya, cuma masalah dana aja mungkin tekbologi mereka msh sedikit tertinggal

    Like

  2. subaru says:

    Jd inget altman tera.. Audio player harga gila2an karena ownernya yang bikinin…karena dia hanya percaya dirinya
    ….Kl mobil keinget horacio pagani yang mau semua komponen dalam setiap pagani adalah standar museum

    Like

Coment gratis :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s